Cara Memperbaiki Hard Disk Eksternal Lemot Paling Mudah

Hard disk adalah hardware (perangkat keras komputer) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer seperti dokumen, gambar, musik, video, program komputer hingga jenis sistem operasi komputer. Mengingat semuanya tersimpan dan terekam di dalam hard disk menjadikan bagian perangkat komputer ini sangat penting.

ads

Tidak sedikit pengguna yang membutuhkan hard disk eksternal untuk menunjang pekerjaan mereka. Pengguna dengan mobilitas yang tinggi akan sangat terbantu karena fleksibilitas dari hard disk eksternal. Atau dengan kata lain dapat dibawa kemana-mana.

Namun, berbagai masalah seringkali terjadi pada penggunaan perangkat keras komputer. Mulai dari bad sector pada hard disk internal hingga hard disk eksternal yang lemot dan mengganggu kinerja komputer dalam menunjang pekerjaan pengguna.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas masalah seputar hard disk eksternal dan cara memperbaikinya. Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini!

Hard disk Eksternal

Ada dua jenis-jenis hard disk yaitu internal dan eskternal. Hard disk internal adalah media penyimpanan yang berfungsi untuk mengambil data digital dengan menggunakan putaran cakram. Sedangkan Hard disk eksternal juga merupakan media penyimpanan namun bersifat portable dan biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan hard disk internal.

Pengguna komputer pastinya sudah tidak asing dengan penggunaan hard disk eksternal. Apalagi untuk pengguna yang berurusan dengan file-file berukuran besar. Sama halnya dengan hard disk internal, hard disk eksternal juga digunakan untuk menyimpan file dalam berbagai macam bentuk, mulai dari Gambar, musik, video dan lain sebagainya. Meski begitu, pada dasarnya fungsi hard disk pada komputer sama saja.

Secara fisik keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Ukuran hard disk eksternal lebih kecil dibandingkan dengan hard disk internal. Meski tidak memiliki kecepatan transfer data yang cepat melebihi hard disk internal namun hard disk eksternal ini unggul dalam hal fleksibilitas karena dapat dihubungkan pada komputer mana saja.

Hard disk internal mendapatkan daya secara otomatis begitu perangkat komputer dinyalakan. Sedangkan eksternal memerlukan media untuk mendapatkan transfer daya sehingga ia dapat digunakan. Daya tersebut dapat didapatkan menggunakan kabel USB atau kabel data yang dihubungkan pada perangkat komputer.

Hard disk eskternal dapat disebut juga sebagai flashdisk raksasa atau flashdisk yang memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih besar dari flashdisk pada umumnya. Kapasitas dari hard disk eksternal pun bermacam-macam. Mulai dari 500 MB, 1 TB hingga 2TB. Berbagai macam merek dijual dipasaran dengan kualitas dan harga jual yang juga bemacam-macam.

Masalah pada Hard disk Eksternal

Ketika hard disk anda rusak maka dapat dipastikan bahwa anda akan kehilangan semua data anda. Dan hal tersebut sering terjadi dan dialami oleh banyak pengguna komputer. Masalah tersebut akan sangat merugikan anda apalagi jika anda menggunakan komputer untuk bekerja. Tentunya anda tidak ingin kehilangan data-data pekerjaan anda, bukan?

Bahkan harddisk eksternal terbaik pun dapat mengalami kerusakan jika memang penyebab kerusakan sering terjadi. Berbagai masalah dapat terjadi dengan berbagai penyebab pula. Masalah pada hard disk eskternal yang sering ditemui diantaranya :

  • Terkena Virus
  • Tidak terbaca dan terdeteksi
  • Hard disk eksternal lemot

Pada umunya penyebab kerusakan harddisk dapat diakibatkan karena hal dibawah ini :

  1. Salah penggunaan dan penempatan
  2. Adanya gangguan ketika melakukan transfer data
  3. Melapas hard disk dengan cara yang salah
  4. Kebutuhan daya tidak tercukupi
  5. Adanya kontak fisik dengan benda lain

Hard disk eksternal tidak disarankan untuk instalasi program ataupun untuk editing data karena hal tersebut dapat membuat komponen penyusunnya mengalami penurunan stabilitas sehingga usia hard disk eskternal menjadi pendek.


Contoh gangguan pada saat transfer data adalah logoff atau mematikan komputer atau dengan kata lain menghentikan paksa proses transfer data yang tengah berjalan. Termasuk jika melepas USB atau kabel data ketika melakukan transfer data. Hal tersebut membuat kerusakan pada data juga pada media penyimpanannya (Hard disk).

Kontak fisik dengan benda lain maskudnya adalah adanya gesekan atau benturan keras yang dapat menyebabkan cacat dan kerusakan secara fisik pada hard disk. Hard disk juga dapat rusak jika terkena cairan karena sejatinya hard disk merupakan barang elektronik. Terjadinya benturan keras ataupun kontak fisik ‘ekstrem’ lainnya bisa jadi menjadi salah satu penyebab hard disk eskternal tidak terbaca .

Cara Memperbaiki Hard disk Eskternal Lemot

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengguna hard disk eskternal adalah masalah lemot atau transfer rate yang lambat. Lemot disini maksudnya adalah proses transfer data (Copying) menjadi sangat lambat meski hard disk dalam keadaan kosong atau tidak penuh. Hal ini jelas menganggu kinerja pengguna dalam bekerja dan jelas merugikan.

Jangankan proses transfer data yang berukuran besar, data yang berukuran kecil pun akan diproses dengan sangat lambat.

Hal ini biasanya disebabkan oleh : Kurangnya daya, adanya virus pada harddisk, bad sector pada hard disk dan faktor kecepatan komputer itu sendiri.

Bagi anda yang memiliki masalah serupa, jangan panik. Karena ternyata banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk memperbaiki konsisi hard disk yang lemot.

Solusi di bawah ini juga dapat digunakan untuk flashdisk ataupun memory card dengan masalah yang sama. Cara memperbaiki hard disk eksternal lemot adalah :

  1. Klik kanan pada USB Drive (Hard disk anda) kemudian pilih tombol “Properties”
  2. Pada pop up window properties pilih tab “Hardware”
  3. Pilih USB Drive Anda pada bagian bawah All Disk Drives kemudian pilih “Properties”
  4. Klik “tab Policies” dan pilih “Optimize for Performance”
  5. Terakhir, klik tombol OK sebanyak dua kali.

Cara lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki hard disk yang lemot adalah dengan cara mematikan service, Ini dia langkah-langkah yang dapat dilakukan pada windows 7 :

  1. Pada tombol start pilih expand à services and applications
  2. Klik Services
  3. Pada jendela daftar window services, carilah Background Intelligent transfer
  4. Kemudian klik kanan dan pilihkan properties
  5. Setelah itu akan muncul tab menu baru
  6. Perhatikan bagian startup type kemudian pilih Disables
  7. Terakhir tekan tombol OK.

Selain itu, terdapat cara untuk meningkatkan kinerja hard disk yang lambat yang mungkin juga dapat berguna bagi anda. Adapun cara-caranya adalah : 


  1. Format Hard disk
  2. Hindari Program yang tidak berguna
  3. Menghapus file duplikat dari hard disk
  4. Defragment hard disk
  5. Hapus data yang tidak penting

Itulah penjelasan mengenai masalah hard disk eksternal dan cara mengatasinya. Untuk menghindari berbagai macam masalah pada perangkat komputer maka lakukanlah perawatan rutin pada perangkat komputer anda. Gunakan komputer dengan baik dan bijak sesuai dengan standar penggunaan yang benar. Hindari mematikan paksa komputer ataupun hard disk eskternal agar komputer tidak mengalami bad sector ataupun hard disk eskternal anda menjadi lemot dan rentan rusak.

,
Oleh :
Kategori : Harddisk