Home » Software » Mobile Software » Inilah 4 Penyebab Fitur Teman Dekat di Instagram Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Inilah 4 Penyebab Fitur Teman Dekat di Instagram Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

by Elang Hendy Subrata

Fitur Teman dekat atau biasa kita sebut sebagai “Close Friends” merupakan sebuah fitur menarik yang ada di dalam Instagram. Dengan adanya fitur “Close Friends” ini, maka semua postingan yang kita upload hanya dapat dibaca dan diketahui oleh beberapa akun saja.

Akan tetapi, dalam beberapa bulan terakhir, fitur ini justru menghilang dari Instagram. Hal tersebut tentunya menimbulkan keresahan pada beberapa orang, khususnya bagi pengguna yang sanagt menjaga privasi. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab fitur ini menghilang, kita simak pemaparannya berikut ini.

1. Follow akun teman yang melebihi kapasitas

Penyebab yang pertama adalah pengguna terlalu banyak melakukan follow up terhadap akun yang ada di Instagram. Perlu Anda pahami bahwa melakukan follow terhadap ajun tidak bisa sesuka hati kita karena Instagram memiliki server yang juga memiliki batas. Apalagi jika kita terus-menerus melakukan follow up akun lain dalam waktu seharian penuh, tentunya server Instagram akan mengalami kendala sebab aktivitas di dalam Instagram tidak hanya kita saja, tapi bisa ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan dalam satu hari tersebut.

2. Melakukan like foto maupun video yang terlalu berlebihan

Tidak jauh berbeda dengan poin pertama, akan tetapi pada poin yang satu ini lebih fokus pada like foto atau video di dalam Instagram. Melakukan like foto ataupun  video di Instagram pada dasarnya sah-sah saja, akan tetapi jika kita terus menerus melakukannya dalam satu hari, maka hal tersebut juga berdampak buruk pada akun Anda. Terutama pada fitur teman dekat ini. Sebisa mungkin, Anda harus mengaturnya agar tidka terlalu sering melakukan like foto maupun video seharian. Cukup seperlunya saja.

3. Memakai Auto like dan Followers sepanjang hari

Pada poin ketiga ini, permasalahan terjadi karena pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan auto like dan auto followers sepanjang hari. Meskipun fitur ini cukup membantu pengguna untuk tidak harus repot-repot melakukan like dan followers secara manual, akan tetapi hal tersebut justru membuat fitur teman dekat susah diakses karena kasus ini mirip dengan poin pertama dana poin kedua.

4. Akun Instagram Anda terkena Shadow Ban

Apa itu Shadow ban? Jika kita melihat dari sisi definisi, Shadow Ban merupakan sebuah tindakan untuk melakukan blokir akun pengguna dari komunitas online. Akan tetapi, pengguna akun ini tidak menyadari hal tersebut. Jika kita melihat dari sisi Instagram, kita bisa melihat apakan akun pengguna terkena shadow ban dari postingannya. Jika dia melakukan postingan biasa namun postingan tersebut tidak dapat dilihat oleh pengguna lainnya maka dia terkena shadow ban.

Tidak hanya dari postingan saja, shadow ban bisa terlihat dari jumlah followers yang terus mengalami penurunan. Penyebab utama terjadinya shadow ban salah satunya adalah akun tersebut melakukan spam terhadap postingan atau bahkan melakukan postingan yang tidak pantas.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa penyebab fitur teman dekat di Instagram tidak muncul, sekarang kita lihat bagaimana caranya untuk memunculkan kembali fitur tersebut. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

1. Gunakanlah Instagram sewajarnya

Cara pertama yang bisa Anda ikuti adalah gunakan instagram sewajarnya saja. Pihak Instagram sendiri sebenarnya sudha memberikan aturan-aturan yang bisa pengguna baca di bagian pengaturan. Salah satu wewenang Intagram adalah menonaktifkan fitur teman dekat tersebut. Maka dari itu, penggunaan intagram sewajarnya merupakan hal yang perlu dilakukan.

2. Tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan like dan follow

Cara selanjutnya adalah tidak menggunakan pihak ketiga untuk melakukan like maupun follow secara otomatis. Hal tersebut dapat membuat reputasi buruk terhadap akun Anda sendiri. Bahkan bukan tidak mungkin akun yang Anda gunakan malah diblokir selamanya oleh pihak Instagram.

3. Meminta bantuan pada pihak Instagram

Jika kedua cara sebelumnya tidak menunjukan perubahan apapun, maka Anda bisa meminta bantuan pada pihak Instagram secara langsung. Cara untuk emlakukannya adalah dengan memberikan laporan masalah pada akun Anda. Untuk langkahnya sendiri, pertama bukalah aplikasi Instagram seperti biasa. Selanjutnya, masuklah ke bagian profil Anda sendiri lalu sentuh tiga titik yang ada di bagian pojok atas bagian kanan. Kemuadian, masuk ke bagian “Pengaturan” dan pilihlah “Bantuan”. Di sana Anda tinggal pilih “Laporkan Masalah”. Nantinya akan muncul kotak deskripsi yang isinya bisa Anda isi sesuai dengan masalah yang dihadapi. Untuk laporan yang lebih detail, sebaiknya Anda juga cantumkan gambar screenshoot sehingga pihak Instagram akan lebih memahami permasalahannya.

Itulah penyebab fitur teman dekat di Instagram tidak muncul dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat.

You may also like