Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Inilah Cara Mengubah JPG ke JPEG di HP Android dengan Mudah

Inilah Cara Mengubah JPG ke JPEG di HP Android dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Format gambar terkadang sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, format gambar dibuat berdasarkan fungsinya masing-masing. Contohnya saja, format gambar PNG lebih pas digunakan untuk Anda yang membutuhkan gambar yang backgroundnya transparan. Format Gif untuk Anda yang membutuhkan gambar bergerak. Begitu juga dengan format JPG dan JPEG untuk Anda yang membutuhkan ekstensi gambar foto yang terbaik.

Untuk dapat mengubah format gambar, sebenarnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi pada laptop atau komputer. Namun, bagaimana jika kita hanya punya smartphone saja? Tenang saja, di dalam artikel ini kita akan bahas hal tersebut lebih mendalam.

Tanpa aplikasi

Cara yang pertama adalah tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi sama sekali. Cara yang satu ini sebenarnya hanya dapat dilakukan pada format gambar tertentu saja. Untungnya format gambar tersebut adalah JPG dan JPEG. Jadi, jika kita tidak memiliki aplikasi untuk mengubah format gambar, kita dapat melakukannya selama format gambar tersebut dari JPG ke JPEG begitu juga sebaliknya.

Untuk caranya sendiri, pertama carilah gambar yang menggunakan format JPG di dalam file eksplorer. Perlu Anda perhatikan bahwa file eksplorer setiap android memiliki nama-nama yang berbeda-beda. Apabila Anda tidak menemukan jenis file explorer pada smartphone, Anda bisa unduh aplikasi khusus file explorer di dalam Google Play.

Setelah Anda sudah menemukan gambar yang menggunakan format JPG-nya, selanjutnya adalah tahan agak lama sampai muncul sebuah opsi. Pilihlah opsi “Rename” atau “Edit” atau “Ubah” sesuai dengan jenis Android yang Anda gunakan. Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan format fotonya di depan nama file. Misalkan nama sebelumnya adalah “image 1”, maka Anda tinggal menambahkan nama formatnya menjadi “images 1.jpeg”. perlu diperhatikan bahwa harus ditambahkan “.jpeg” untuk mengubah format gambarnya.

Untuk bagian ini tergantung format awal gambar yang akan diubah. Misalnya, awalnya gambar berbentuk JPEG, maka kita tinggal mengubahnya menjadi JPG dengan menambahkan ekstensi di depan nama file. Jika sudah, Anda tinggal klik “OK”. Nantinya akan muncul keterangan perubahan ekstensi gambar, Anda tinggal klik “OK” saja. Sekarang silakan cek kembali format gambarnya apakah sudah berubah? Jika berhasil berubah, maka Anda berhasil mengubah format gambarnya.

Menggunakan aplikasi

Jika Anda merasa kurang jika mengubah format gambar tanpa aplikasi, Anda bisa pelajari cara mengubah format gambar menggunakan aplikasi yang ada di dalam Play Store. Di dalam aplikasi ini, umumnya tidak hanya mengubah format gambarnya saja, tetapi juga dapat mengubah tampilan gambar, menambahkan efek, mengubah ukuran, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

1. Adobe Photoshop

Siapa yang tidak mengenal aplikasi edit foto kartun populer ini? Adobe Photoshop tidak hanya memiliki versi PC-nya saja, kini Abobe Photoshop ada yang berbentuk versi Android. Baik versi Android maupun versi PC memiliki keunggulan yang sama bagusnya. Selain dapat mengubah format gambar, aplikasi ini juga dapat menambahkan efek pada foto sehingga terlihat lebih baik. Jika Anda ingin mengubah format gambarnya saja, Anda hanya cukup “Save as” dan ubah formatnya saat akan disimpan. Dengan begitu, foto yang asalnya JPG dapat diubah menjadi JPEG.

2. Image Converter

Aplikasi selanjutnya adalah Image Converter. Aplikasi ini sangat mudah dilakukan karena Anda tinggal unggah foto, atur formatnya, dan unduh kembali dengan format yang berbeda. Selain dapat mengubah format JPG ke JPEG, Anda pun dapat mengubah foto ke format lainnya seperti PNG, GiF, bahkan bisa digunakan sebagai cara mengubah file JPG ke PDF di Android. Ditambah lagi, kita pun dapat mengubah kualitasnya apakah menjadi besar, sedang, atau, kecil. Hal ini juga berpengaruh terhadap ukuran foto pada hasil akhir.

3. Pengonversi gambar

 Aplikasi selanjutnya adalah “Pengonversi Gambar”. Aplikasi ini basisnya adalah aplikasi online sehingga untuk Anda yang memori HP-nya sekarat Anda bisa menggunakan aplikasi ini karena ukurannya cukup kecil. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah tidak mengubah format gambarnya saja, tetapi juga dapat mengubah ukurannya. Untuk mengubah formatnya, aplikasi ini tegolong cukup lengkap. Mulai dari format standar seperti JPEG, PNG sampai format untuk aplikasi tertentu seperti PSD untuk jenis gambar Photoshop, dan PDF untuk gambar yang dapat dibuka dengan aplikasi PDF.

Itulah 2 cara mengubah JPG ke JPEG di HP Android dengan mudah. Kesimpulan dari ulasan di atas adalah Anda dapat mengubah format gambar menggunakan dua cara yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Hal ini kembali lagi pada kebutuhan Anda sendiri. Jika Anda hanya sekadar ingin mengubah formatnya saja dan memori HP penuh, maka lebih baik Anda gunakan cara tanpa aplikasi. Sebaliknya, jika Anda ingin mengubah format gambar disertai denga fitur-fitur menarik lainnya, maka menggunakan aplikasi adalah jawabannya. Anda pun bisa pelajari perbedaan JPG dan JPEG, perbedaan JPG dan PNG, dan masih banyak lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like