Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » 2 Cara Memberi Password Pada Aplikasi Android

2 Cara Memberi Password Pada Aplikasi Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak pertama kalinya dirilis sistem operasi android pada tahun 2008. Peningkatan jumlah penggunanya sangat signifikan. Hal itu di barengi dengan semakin gencarnya pembuatan aplikasi kreatif yang memanjakan para pengguna android.

Kita sebagai pengguna tentu sangat menikmati berbagai aplikasi yang di tawarkan oleh para develeover seperti game online, aplikasi media sosial dll. Terlebih bila aplikasi itu gratis dan bisa diunduh secara bebas di google playstore.

Namun para pengguna kebanyakan hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa tahu cara mengamankan data pada aplikasi tersebut yang bisa di jadikan bahan peretasan oleh para hacker.

Salah satu cara meningkatkan keamanan pada aplikasi yang kita pakai adalah dengan menggunakan password pada aplikasi. Sebelum kita bicara lebih jauh. Kami akan menjelaskan apa itu password aplikasi.

Apa itu Password Aplikasi ?
Password Aplikasi adalah sebuah kode sandi berupa kumpulan karakter atau string yang di gunakan untuk memberikan izin kepada aplikasi untuk membuka aplikasi sehingga data pada aplikasi menjadi aman dan tidak mudah diretas Oleh hacker.

Setelah kita mengetahui apa itu password aplikasi. Lalu Bagaimana cara membuat password aplikasi yang kuat agar tidak mudah di tembus oleh para hacker.

Cara Membuat Password Aplikasi yang Kuat

  1. Hindari info pribadi. Jangan membuat password aplikasi menggunakan info pribadi seperti nama lengkap, nama email, dan tanggal lahir sehingga mudah di tebak oleh orang lain
  2. Gunakan kombinasi. Buatlah password aplikasi menggunakan kombinasi antara huruf besar kecil, symbol dan angka sehingga tidak mudah di tebak oleh orang lain yang menggunakan hp kita
  3. Password Panjang. Gunakan password pada aplikasi yang panjang dengan jumlah lebih dari 8. Dengan begitu kemungkinan di tebak oleh oranglain sangat kecil dan data menjadi lebih aman
  4. Password acak. Dengan password acak orang lain pun akan kebingungan bila hendak membuka password pada aplikasi kita.
  5. Gunakan password tak memiliki arti. Usahakan jangan membuat password dengan kata kata yang ada di kamus. Buatlah password yang tak memiliki arti namun mudah untuk kita hapal.

Setelah kita mengetahui bagaimana membuat tipe password yang kuat. Selanjutnya kami akan menjelaskan cara membuat password pada aplikasi HP android kita. Untuk membuat password pada aplikasi android sendiri ada 2 yakni melalui aplikasi dan tanpa aplikasi. Yang akan kami jelaskan keduanya di bawah ini.

Untuk membuat password pada aplikasi. Sebenarnya kita bisa menggunakan beberapa aplikasi yang ada di playstore . Namun untuk kali ini kita akan menggunakan aplikasi bernama Lockit.

Lalu apa itu LOCKit?
Lockit adalah aplikasi yang digunakan untuk mengamankan priavasi pada aplikasi atau game yang ada di hp kita dengan menggunakan beberapa fitur. Yang bisa download secara gratis di google playstore.

Lalu Fitur apa saja yang bisa di gunakan oleh pengguna pada aplikasi Lockit?

Fitur Aplikasi LOCKit

  1. Kunci Aplikasi. Dengan fitur ini kita bisa membuat password untuk mengunci aplikasi yang berisi konten pribadi seperti whatsapp, facebook, twitter, galeri, email dengan menggunakan beberapa metode sperti melalui sidik jari, kunci pola ataupun sidik jari
  2. Vault pengaman foto dan video. Dengan fitur ini kita bisa menyembunyikan (hide) foto dan video sehingga tidak bisa di lihat oleh orang lain
  3. Selfie Penyusup. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa mengetahui siapa penyusup yang coba membobol password aplikasi kita. Karena secara otomatis hp akan memotret siapa yang coba membobol password aplikasi yang kita buat.
  4. Kunci Notifikasi. Dengan fitur ini kita bisa menyembunyikan semua pesan pratinjau notifikasi yang muncul pada hp android kita.
  5. Tema gratis. Dengan fitur ini kita membuat tema pada layar kunci sehingga tampil menarik
  6. Pembersih Notifikasi. Dengan fitur ini kita bisa menghapus dan memblokir notifikasi sampah yang sudah tak terpakai
  7. Kunci panggilan masuk. Dengan Fitur ini kita bisa mencegah panggilan masuk ke HP android kita
  8. Kunci sistem. Dengan fitur ini kita bisa mengunci pengaturan sistem sehingga orang lain tidak bisa melakukan pemasangan dan pencopotan aplikasi tanpa sepengetahuan kita saat menggunakan hp kita
  9. Kunci Google Playstore. Dengan fitur ini kita bisa mencegah anak anak disekitar kita untuk memainkan dan mendownload aplikasi game di google playstore tanpa sepengetahuan kita

Setelah kita mengetahui fitur apa saja yang di miliki oleh aplikasi Lockit. Lalu bagaimana cara membuat password aplikasi di aplikasi Lockit

Cara Membuat Password Aplikasi Menggunakan Lockit App

  1. Buka Aplikasi Google Playstore di Hp android kita
  2. Cari aplikasi Lockit di tombol search
  3. Setelah ketemu klik tombol download
  4. Kemudian Instal aplikasi Lockit di HP kita
  5. Setelah selesai Buka aplikasi Lockit
  6. Lalu muncul pilihan sandi yang harus kita pilih, apakah menggunakan Pola atau Pin
  7. Setelah di pilih salah satu masukan sandi sebanyak 2 kali agar sandi terverifikasi dan siap untuk di gunakan
  8. Lalu tentukan pertanyaan keamanan (Security Question). Isi pertanyaan jawabannya sebagai antisipasi bila kita suatu saat lupa password. Namun bila dirasa tidak perlu lewati saja
  9. Kemudian kita pilih opsi Protect
  10. Lalu kita pilih aplikasi yang ingin kita beri sandi
  11. Setelah itu muncul pemberitahuan Power Saving Mood. Lalu kita pilih permit
  12. Kemudian pada opsi Pengaturan Accessbility kita cari dan pilih Lockit
  13. Lalu kita pilih tombol On
  14. Bila muncul pemberitahuan maka kita pilik tombol Ok

Selesai. Aplikasi pada HP android kita pun kini sudah terlindungi sandi dan tak bisa oleh orang lain.

Selain dengan menggunakan aplikasi sandi. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan pengaturan bawaan pada HP android untuk membuat sandi pada aplikasi. Adapun caranya seperti dibawah ini.

Cara Membuat Password aplikasi tanpa aplikasi di Hp Android (Khusus Android 7.0 keatas)

  1. Pertama tama buka pengaturan di Hp android
  2. Setelah itu kita cari menu keamanan dan lokasi
  3. Kemudian kita pilih menu Lanjutan
  4. Selanjutnya kita pilih Penyematan Layar
  5. Lalu kita ketuk toogle dan pastikan penyematan pada layar telah aktif
  6. Dan jangan lupa Kita aktifan juga pada notif Tanya pin sebelum membatalkan Pin
  7. Setelahnya kita tap icon ikhtisiar (kotak hitam di bagian bawah layar)
  8. Kemudian kita tap aplikasi yang ingin di kunci
  9. Lalu kita pilh simbol pin
  10. Kemudian pilih Go it
  11. Setelah itu yang harus dilakukan adalah tekan secara bersamaan tombol Back dan Overview
  12. Setelah kita pilih dan masukan pin kata sandi pola atau keamanan biometric untuk melepaskan sematan layar
  13. Selesai aplikasi pada Hp android kita kini telah terkunci dengan password yang kita buat

Demikianlah cara membuat password pada aplikasi di Hp android baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Dengan melakukan ke dua cara di atas tentunya kini data di aplikasi kita menjadi lebih aman.

Selain itu dengan mengunci aplikasi kita bisa mencegah anak anak di sekitar kita mengotak ngatik aplikasi kita dan dapat mencegah mereka bermain game di hp kita hingga menjadi kecanduan dan lupa waktu.

You may also like