4 Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android Kekinian

Perkembangan teknologi saat ini tidak akan lepas dari yang namanya listrik. Yup, listrik telah menjadi salah satu kebutuhan utama yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern sekarang ini. Dengan listrik, masyarakat bisa menggunakan berbagai perangkat elektronik untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari keperluan rumah tangga, menyalakan lampu, mengisi daya baterai smartphone, menghidupkan komputer, menghidupkan AC, dan masih banyak keperluan lainnya.

ads

Untuk di Indonesia sendiri, pemerintah telah menunjuk PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai satu-satunya badan pengelola listrik di Indonesia, sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) yang mewajibkan kebutuhan untuk orang banyak dikelola oleh negara.

Untuk membantu pengelolaan listrik negara, masyarakat Indonesia harus membayar tagihan listrik pada setiap bulannya kepada PLN. Cara pembayaran ini dikenal sebagai pascabayar, dimana pelanggan membayar listrik setelah digunakan.

Namun saat ini, pembayaran tagihan listrik bisa dilakukan secara pra bayar. Seperti halnya membeli pulsa handphone, masyarakat membeli token listrik (istilah pulsa dalam listrik pra bayar) dengan nominal tertentu untuk digunakan sampai tokennya habis. Jika token listrik sudah habis, maka Anda harus mengisi tokennya kembali agar listrik bisa kembali menyala.

Kelemahan dari sistem tagihan listrik pasca bayar adalah terkadang banyak orang yang lupa untuk membayar tagihan listrik pada batas akhir tanggal pembayaran. Sehingga, mereka bisa terkena denda. Namun, pengenaan denda tersebut bisa dihindari jika Anda dapat mengetahui tagihan listriknya di waktu tertentu. Tujuannya agar uang untuk tagihannya bisa dipersiapkan, yang nantinya sudah siap ketika Anda melakukan pembayaran ke PLN, baik melalui bank, ATM, penyedia jasa pembayaran, dan lainnya.

Nah, di zaman modern saat ini, Anda sudah bisa melakukan pengecekan tagihan listrik dengan mudah. Cukup menggunakan HP atau smartphone Android milik Anda, jumlah yang harus dibayarkan pada tagihan listrik bisa Anda ketahui.

Oleh karena itu, kami akan memberikan tutorial seputar cara cek tagihan listrik lewat HP Android. Yuk, kita simak informasinya bersama-sama.

1. Menggunakan Aplikasi Android

Saat ini, terdapat aplikasi Android yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik. Aplikasi tersebut tentu saja tersedia di Google Play Store, sebagai “pasar”-nya aplikasi-aplikasi di Android. Untuk mendownload aplikasinya, Anda harus melakukan cara mengaktifkan Play Store terlebih dulu. Lalu, gimana sih langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi tersebut? Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka daftar aplikasi, lalu cari “Google Play Store”
  • Di halaman aplikasi Google Play Store, ketik “Cek Tagihan Listrik Bulanan” (tanpa tanda kutip). Lalu, tekan Enter
  • Selanjutnya akan muncul hasil pencarian. Sentuh hasil pencarian paling atas.
  • Pada halaman rincian aplikasi, sentuh tombol “Instal”. Oh iya, pastikan Anda telah melakukan cara mendaftar akun Google untuk bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Selanjutnya, aplikasi akan didownload dan diinstal oleh perangkat Android Anda. Tunggu hingga proses instalasi selesai. 

  • Setelah aplikasi terinstal, bukalah aplikasinya.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda hanya akan melihat tulisan “Masukkan ID Pelanggan” beserta kolom untuk mengisi ID pelanggan. Nah, isilah kolom tersebut dengan memasukkan ID pelanggan yang Anda punya.
  • Sentuh tombol “Cek Tagihan”.
  • Selanjutnya aplikasi akan menampilkan berbagai informasi seputar tagihan Anda, mulai dari ID Pelanggan, nama pelanggan, tahun dan bulan iuran, tagihan terbilang dalam huruf, serta total tagihan dalam angka.

2. Menggunakan SMS

Selain menggunakan aplikasi Android khusus, Anda juga bisa menggunakan layanan SMS untuk melakukan cara cek tagihan listrik lewat HP Android. Nah, agar fasilitas cek tagihan listrik via SMS ini bisa menjangkau masyarakat luas, PLN menggandeng beberapa operator seluler di Indonesia, mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Tri.

Sehingga, langkah-langkah yang akan kami sampaikan berikut ini juga bisa diterapkan di semua handphone, baik yang ber-OS Android, iOS, Windows Phone, ataupun handphone yang termasuk ke dalam feature phone. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bukalah aplikasi SMS atau Message di HP Android Anda.
  • Buatlah pesan / SMS baru yang berisikan format sebagai berikut: REK (spasi) No ID Pelanggan. Misalnya, jika nomor ID pelanggan Anda adalah 58394658439, maka isi pesannya adalah: REK 58394658439.
  • Apabila format SMS telah benar, ketik nomor tujuan SMS tersebut, yaitu “8123”.
  • Setelah itu, sentuh tombol “Kirim”
  • Selanjutnya, PLN akan mengirimkan SMS balasan yang berisikan nomor ID pelanggan, nama pelanggan, tahun dan bulan iuran, serta total tagihan listriknya.

Untuk nomor ID Pelanggan, Anda perlu menyiapkannya terlebih dulu sebelum melakukan pengecekan. Cara mencari tahunya adalah dengan melihat bukti pembayaran tagihan listrik Anda yang terakhir kali dilakukan.

Oh iya, untuk memudahkan Anda dalam mengecek tagihan listrik, PLN juga menyediakan fasilitas SMS berlangganan, dimana PLN akan mengirimkan informasi seputar tagihan listrik setiap bulannya. Cara untuk menggunakan layanan SMS ini adalah sebagai berikut:

  • Untuk mulai berlangganan, ketik SMS dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123.
  • Untuk berhenti berlangganan, ketik SMS dengan format: PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan ,lalu kirim ke 8123.

Sebagai tambahan informasi, biaya cek tagihan listrik menggunakan SMS akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 /SMS dan tarif tersebut berlaku untuk semua operator.

3. Menggunakan Telepon

Karena kebanyakan perangkat smartphone, baik ber-OS Android dan bukan Android, memiliki fungsi dasar telepon, maka cara satu ini pun juga bisa dilakukan di semua handphone. Yup, Anda bisa mengecek tagihan listrik Anda menggunakan fasilitas telepon. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi Phone atau Telepon di HP Android Anda.
  • Lakukan panggilan telepon ke nomor 123.
  • Oh iya, karena Anda pengguna telepon seluler, maka tambahkan kode area daerah domisili Anda, contohnya untuk nomor panggilan dari Jakarta menjadi 021-123, atau nomor panggilan dari Bandung menjadi o22-123. Jika Anda bingung dengan lokasinya, Anda bisa menggunakan software untuk melacak lokasi nomor handphone.
  • Selanjutnya, Anda akan dihubungkan ke customer service dari layanan Call Center PLN. Anda tinggal mengikut petunjuk yang diberikan oleh pihak Call Center. Sebagai informasi, layanan ini berbayar dan selanjutnya akan dikenakan tarif normal dari pemotongan pulsa handphone Anda.

4. Cek Online via Website PLN

Cara satu ini bisa dibilang cocok bagi Anda generasi milenial. Yup, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini hanya untuk sekedar mengecek tagihan listrik bulanan Anda. Caranya adalah mengeceknya via online, bisa via HP Android ataupun laptop dan komputer PC.


Untuk mengecek tagihan listrik via online, Anda bisa mengunjungi situs resmi PLN dari web browser terbaik yang Anda gunakan di link berikut.

Selanjutnya, saat Anda sudah memasuki halaman cek tagihan rekening, masukkan nomor ID pelanggan yang Anda miliki di kolom yang telah disediakan. Setelah itu, klik atau sentuh tombol “Cek”.

Tunggu beberapa saat hingga nanti akan muncul halaman yang memuat informasi dari tagihan terbaru Anda. Halaman ini juga akan menginformasikan apakah tagihan tersebut sudah dibayar atau belum. Selain muncul tagihan terbaru, di situs PLN ini Anda pun bisa melakukan pengecekan tagihan listrik dari bulan – bulan sebelumnya.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara cek tagihan listrik lewat HP Android. Semoga informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda hendak mengecek pengiriman barang yang dikirimkan via JNE, Anda bisa mencoba cara cek resi JNE yang telah kami bahas sebelumnya di situs ini. Selamat mencoba yahh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Andoid