Inilah 2 Cara Cek Porsi Haji melalui HP Android

Bagi umat Islam, pergi berhaji ke tanah suci merupakan hal yang sangat diidam-idamkan untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Tentu saja, untuk bisa melaksanakan ibadah haji, kita harus memiliki kesiapan finansial yang baik, juga kesehatan fisik dan mental yang baik dan prima.

ads

Perlu Anda ketahui dahulu, bahwa pada beberapa tahun belakangan ini kuota haji Indonesia sempat dipotong oleh pemerintah Arab Saudi sebanyak 20%. Alasannya karena ada proyek perluasan Masjidil Haram saat itu. Namun sekarang ini kuota haji untuk warga Indonesia sudah ditambah lagi. Dari yang awalnya hanya sekitar 168.000 jamaah, sampai tahun 2017 kemarin telah bertambah menjadi 210.000 jamaah.

Bahkan, Kementerian Agama mencatat, terdapat kurang lebih tiga juta jamaah yang masuk dalam antrian haji. Melihat dari semakin banyaknya masyarakat yang mendaftar untuk pergi menunaikan haji, maka Kementerian Agama memberlakukan sistem nomor porsi haji.

Hmmm sebentar, apa itu nomor porsi haji? Jadi begini, nomor porsi haji adalah nomor antrian keberangkatan caon jemaah haji, yang terdiri dari sepuluh digit angka. Nomor porsi haji ini bisa diperoleh calon jamaah haji setelah mereka membayar setoran awal ibadah haji di BPS-BPIH (Bank Penerima Setoran – Biaya Penyelenggara Ibadah Haji). Dengan nomor porsi haji, calon jamaah haji bisa mengecek perkiraan tahun mereka berangkat haji dengan cara online ataupun offline.

Memang, apa manfaatnya calon jemaah haji mengetahui perkiraan waktu berangkatnya? Manfaat calon jamaah haji untuk mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji adalah untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah haji, mulai dari pelunasan BPIH, menyiapkan perlengkapan haji yang perlu dibawa nanti, sampai memantapkan ilmu manasik haji yang benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Seorang calon jamaah haji sebaiknya mengecek nomor porsi hajinya secara teratur. Alasannya karena perkiraan tahun keberangkatan haji bisa berubah sewaktu-waktu yang dikarenakan oleh beberapa hal. Contohnya saja mungkin ada pengurangan kuota haji karena proses renovasi Masjidil Haram seperti beberapa tahun terakhir ini,  adanya calon jamaah haji yang sakit atau meninggal sebelum tahun keberangkatan haji, dan alasan-alasan lainnya.

Dengan mendapat nomor porsi haji, itu berarti Anda sudah terdaftar sebagai calon jamaah haji yang masuk dalam kuota Kementerian Agama secara resmi. Jika Anda termasuk calon jamaah haji non-kuota, maka Anda tidak akan mendapatkan nomor porsi haji dari Kementerian Agama.

Nah, di zaman yang sudah modern ini, fungsi teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan semakin terasa positifnya. Apapun keinginan kita hampir bisa langsung terpenuhi. Salah satunya adalah mengecek nomor porsi haji menggunakan HP Android.


Anda ingin tahu cara cek porsi haji melalui HP android? Kalau iya, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Mari kita simak informasi seputar cara mengecek porsi haji berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi “Cek Nomor Haji”

Untuk mengecek porsi haji di HP Android sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda cukup membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengecek hal tersebut. Aplikasi tersebut bernama “Cek Porsi Haji”. Berikut ini adalah cara penggunaan dari aplikasi tersebut:

  • Buka daftar aplikasi dari tampilan awal HP Android Anda.
  • Pilih Google Play Store. Pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store untuk bisa lanjut ke langkah selanjutnya. 
  • Pada halaman awal Google Play Store, ketik “cek porsi haji” (tanpa tanda kutip) di kolom pencarian.
  • Setelah ketemu, sentuh hasil pencarian “Cek Porsi Haji” yang muncul di paling atas.
  • Pada halaman rincian aplikasi, sentuh tombol “Instal” untuk mendownload dan menginstal aplikasi Cek Porsi Haji dari Google Play Store. Oh iya, Anda harus melakukan cara mendaftar akun Google untuk bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Setelah aplikasi terinstal, bukalah aplikasinya. Caranya, pada daftar aplikasi, cari aplikasi bernama “Cek Porsi Haji”. Setelah ketemu, sentuh ikon aplikasi tersebut.
  • Pada halaman aplikais, masukkan nomor porsi haji Anda pada kolom yang tersedia.
  • Setelah nomor porsi haji dimasukkan, sentuh tombol “Submit” di layar.
  • Tunggu proses pencarian nomor haji Anda selesai. Pastikan perangkat Android Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Dan pastikan juga kuota data internet Anda masih ada. Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan pengecekan kuota. Bagi Anda pengguna IM3 Ooredoo, lakukan cara cek kuota IM3. Untuk operator lain, bisa menyesuaikan.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat data berupa detail calon jamaah haji yang telah terdaftar beserta perkiraan tahun keberangkatan haji.

2. Mengunjungi Website Kementerian Agama

Selain menggunakan aplikasi khusus, Anda juga bisa melakukan cara cek porsi haji melalui HP Android dengan cara mengunjungi website Kementerian Agama. Yup, cara satu ini bisa dilakukan cukup dengan web browser terbaik yang Anda gunakan di perangkat Android Anda. Mulai dari web browser bawaan, Google Chrome, Firefox, Opera, UC Browser, dan web browser lainnya. Lalu, seperti apa sih cara pengecekannya? Berikut kami sampaikan langkah-langkahnya:

  • Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan nomor porsi haji, seorang calon jamaah haji harus selesai melakukan pembayaran setoran awal haji ke BPS-BPIH (Bank Penerima Setoran – Biaya Penyelenggara Ibadah Haji). Nomor porsi haji Anda akan tertulis di bukti setoran awal BPIH yang diberikan oleh pihak bank.
  • Kunjungi website Kementerian Agama di link berikut. Anda juga bisa mengecek nomor porsi haji Anda melalui website Kementerian Agama tingkat provinsi tempat Anda tinggal.
  • Masukkan nomor porsi haji yang telah Anda dapatkan sebelumnya pada kolom yang disediakan di formulir cek porsi haji.
  • Klik tombol “CEK” untuk memulai proses pengecekan.
  • Tunggu proses pengecekan sampai selesai. Proses pencarian ini membutuhkan koneksi internet. Oleh karena itu, koneksi internet di perangkat Android Anda haruslah memadai.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat data berupa detail calon jamaah haji, mulai dari nama Anda, nama kabupaten domisili, nama provinsi domisili, beserta perkiraan tahun berangkat dalam tahun Hijriah dan Masehi. Anda juga bisa melihat kalkulator untuk menghitung sisa pelunasan BPIH Anda.
  • Jika pada akhirnya Anda tidak bisa melihat perkiraan tahun keberangkatan haji Anda, mungkin penyebabnya karena website Kementerian Agama sedang dalam proses maintenance server atau server webnya overload. Coba Anda lakukan kembali pengecekan porsi haji Anda di lain waktu atau pada keesokan harinya.

Cara satu ini juga bisa dilakukan tak hanya di HP Android Anda. Anda juga bisa melakukannya di HP selain Android, komputer PC, dan juga melalui laptop. Asalkan ada koneksi internet yang mumpuni.


Oh iya, jika Anda telah mendaftar sebagai calon jamaah haji plus, Anda harus meminta bantuan ke travel haji plus tempat Anda mendaftar sebelumnnya. Hal tersebut berlaku jika Anda belum mendapatkan nomor porsi haji sebagai bukti resmi Anda telah terdaftar di Kementerian Agama sebagai calon jamaah haji. Meskipun Anda mendaftar melalui jalur haji plus, Anda pun harus bersabar dalam menunggu antrian berangkat. Karena sekarang ini, calon jamaah haji plus pun harus antri beberapa tahun seperti halnya calon jamaah haji reguler.

Sekian informasi yang bisa kami berikan seputar cara cek porsi haji melalui HP Android. Semoga informasi yang kami berikan bisa menambah pengetahuan Anda. Dan semoga Anda bisa menunaikan ibadah haji nanti dan menjadi seorang haji yang mabrur. Amiin.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Andoid