Home » Tutorial » 5 Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop

5 Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak diperkenalkannya fitur berbagi data lewat sambungan infrared pada Hp Nokia 6110 tahun 1997. Teknologi transfer data antara perangkat ini semakin diminati dan dibutuhkan pengguna.

Teknologi penghubung antar perangkat ini pun semakin berkembang dari dulu hingga sekarang. Di mulai dari ditemukannya teknologi Bluetooth tahun 1994. Lalu penggunaan teknologi Inframerah pada Hp Nokia 6610 tahun 1997.  Kemudian teknologi Wireless tahun 1997. Hingga teknologi terbaru NFC (Near Field Communication) di tahun 2006 yang diaplikasikan pada Hp nokia 6131.

Dengan terhubungnya dua perangkat berbeda membuat kedua perangkat tersebut bisa saling berkomunikasi dan berbagi data seperti berbagi gambar, dokumen, video, musik dan yang lainnya. Kegiatan 2 perangkat berbeda yang saling berbagi itu biasa di sebut Transfer data.

Lalu Apa itu Transfer Data?
Transfer Data adalah sebuah kegiatan untuk memindahkan data dari satu perangkat penyimpanan ke perangkat lain yang terhubung dalam sebuah jaringan yang sama.

Setelah kita mengetahui apa itu transfer data. Lalu teknologi apa saja yang bisa di gunakan untuk menghubungkan dan membagikan data dari satu perangkat penyimpanan ke perangkat lain?

Teknologi Transfer Data

  1. Infrared. Teknologi pertama yang digunakan untuk transfer data antara perangkat berbeda adalah Inframerah. Teknologi ini memanfaatkan gelombang inframerah untuk menghubungkan perangkat. Yang di temukan pada tahun 1800 dan baru diaplikasikan ke ponsel Nokia 6610 pada tahun 1997
  2. Bluetooth. Teknologi ini berupa kartu yang menggunakan frekuensi radio dengan standard IEEE 802.11. Teknologi ini bekerja pada frekuensi 2.4 GHz dengan menggunakan frequency hopping transceiver. Teknologi ini di temukan pada tahun 1994
  3. WiFi. Wifi adalah teknologi nirkabel yang memiliki jangkauan komunikasi lebih jauh antara perangkat. Selain itu teknologi ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dalam melakukan transfer data antara perangkat. Teknologi ini di kembangkan pada tahun 1985 dan di aplikasikan pada tahun 2007
  4. NFC (Near Field Communication). Teknologi ini merupakan teknologi termuda yang digunakan untuk transfer data. Baru di kembangkan tahun 2002 dan di aplikasikan pada ponsel nokia 6131 tahun 2006. Namun teknologi ini mampu di gabungkan dengan bluetooth dan Wifi sesuai kebutuhan

Setelah kita paham macam-macam teknologi yang di gunakan untuk melakukan transfer data antar perangkat. Pada kali ini kami akan membahas tentang cara melakukan transfer data aplikasi dari Hp Ke Laptop yang akan kami jelaskan caranya di bawah ini.

5 Cara Memindahkan Aplikasi dari Hp Ke Laptop

Biasanya saat aplikasi yang telah di instal dari playstore ke hp android kita. Maka file aplikasinya sudah otomatis terpasang tanpa meninggalkan file mentahannya di file manager. Sehingga aplikasi tersebut tidak bisa di kirim ke perangkat lain.

Untuk itu agar aplikasi bisa di kirim ke perangkat lain dan memiliki file mentahan maka kita harus melakukan backup file aplikasi menjadi bentuk ekstensi (.Apk) menggunakan layanan pihak ke tiga. Adapun caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Melakukan Backup Aplikasi Menjadi File Apk

  1. Pertama-tama kita Buka Google playstore di Hp kita
  2. Kemudian kita Cari dan Instal aplikasi App Backup Restore Transfer
  3. Setelah selesai di instal kita Buka aplikasi App Backup Restore Transfer
  4. Kemudian App Backup Restore Transfer akan menampilkan daftar aplikasi apa saja yang terpasang pada Hp kita
  5. Lalu kita Pilih Aplikasi mana yang akan kita rubah menjadi file mentahan (.apk)
  6. Setelah itu munculah Daftar Menu dengan beberapa pilihan
  7. Kemudian kita Pilih Menu Cadangkan File Penginstalan
  8. Lalu munculah notifikasi yang menyatakan aplikasi tersebut telah di backup menjadi (.apk)
  9. Selesai. Kini file Apk sudah tersimpan di File manager kita yang nantinya bisa kita kirim menggunakan aplikasi layanan pihak ke tiga

Setelah aplikasi di Hp kita telah di Backup menjadi file mentahan berekstensi .apk. Langkah selanjutnya adalah mengirim file tersebut ke perangkat lain. Adapun untuk mengirimnya kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ke 3 yang akan kami jelaskan di bawah ini.

5 Cara Memindahkan Aplikasi dari HP Ke Laptop

1. Menggunakan Bluetooth

Cara Pertama memindahkan aplikasi dari Hp ke laptop adalah dengan menggunakan Bluetooth. Cara ini selain terbilang mudah terlebih karena hampir semua jenis Hp bahkan HP jadul pun sudah terpasang fitur Bluetooth. Walau fitur ini memiliki kekurangan yakni kecepatan transfer data yang lambat sehingga tidak disarankan bila ingin memindahkan aplikasi dengan ukuran file yang besar dan jumlahnya banyak. Adapun caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop Menggunakan Bluetooth

  1. Pertama kita Aktifkan (On) fitur Bluetooth pada Hp dan Laptop Kita
  2. Kemudian Sambungkan keduanya agar Hp dan Laptop bisa saling melakukan transfer data
  3. Lalu kita Buka File Manager Pada Hp
  4. Setelah itu kita buka lokasi folder tempat menyimpan file mentahan Apk yang tadi telah di buat. Biasanya ada di folder Download
  5. Kemudian kita sentuh dan tahan file Apk tersebut
  6. Selanjutnya munculah beberapa pilihan seperti copy, cut, delete dan simbol 3 rantai (berbagi)
  7. Lalu kita Pilih Simbol Berbagi (Share)
  8. Setelah itu muncul lagi beberapa pilihan opsi berbagi seperti icon email. whatsapp, bluetooth. Lalu kita Pilih Opsi Bluetooth
  9. Kemudian munculah beberapa nama Bluetooth yang terdeteksi. Maka kita pilih nama bluetooth dari laptop kita
  10. Proses pengiriman file Apk pun berjalan hingga selesai
  11. Selesai. Kini File apk sudah ada di laptop kita yang selanjutnya file apk tersebut (contohnya game) bisa di mainkan di laptop kita menggunakan bantuan software emulator/loader

2. Menggunakan Aplikasi SHAREit

Selain menggunakan Bluetooth kita juga bisa memindahkan file apk dari Hp ke laptop menggunakan bantuan layanan aplikasi pihak ke tiga seperti Shareit. Karena Shareit juga mampu mengirim dan menerima berbagai macam file seperti gambar, video, musik, aplikasi dan berbagai macam jenis file lainnya.

Dengan kecepatan transfer data 200 kali lebih cepat dari Bluetooth membuat aplikasi ini menjadi popular dan banyak di download khususnya pengguna Hp android. Terlebih dengan beberapa fitur tambahannya seperti pemutar musik yang memanjakan pengguna. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop Menggunakan SHAREit

  1. Pertama-tama kita Instal Aplikasi SHAREit di HP Android dan instal juga software SHAREit di Laptop kita
  2. Kemudian kita Buka Aplikasi Shareit di Hp kita
  3. Lalu kita Pilih Tombol yang berada di pojok kanan atas layar dan Pilih Opsi Sambungkan Ke PC
  4. Kemudian kita Buka Situs http://pc.ushareit.com di browser laptop kita (Chrome)
  5. Setelah itu munculah tampilan layar utama halaman beserta Barcode. Lalu Scan Barcode tersebut
  6. Lalu proses penyambungan laptop dan Hp pun berjalan
  7. Setelah kedua perangkat terhubung kita Pilih aplikasi yang akan dipindahkan
  8. Lalu kita Pilih Opsi Berikutnya yag berada di kanan bawah layar
  9. Proses pengiriman berjalan hingga selesai
  10. Selesai. Kini file apk telah ada di laptop kita

Setelah file apk telah terkirim biasannya pada layar laptop akan muncul nama aplikasi pada layar laptop secara otomatis. Bila tidak kita bisa mengklik simbol aplikasi tersebut untuk mendownload. Dimana nantinya file yang telah di download akan tersimpan di folder Download.

3. Menggunakan Kabel Data

Cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop menggunakan kabel data merupakan cara yang lebih mudah dari 2 cara sebelumnya. Karena hampir semua charger ponsel masa kini terdiri dari kabel data dan kepala charger.

Namun yang harus di perhatikan adalah diharapkan menggunakan kabel data yang original (asli) agar kinerja transfer data pada laptop dan ponsel jadi lebih cepat. Adapun cara menggunakannya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Memindahkan File Aplikasi dari HP ke Laptop Menggunakan Kabel Data

  1. Pertama tama kita Kita Hubungkan Ponsel kita dengan Laptop menggunakan Kabel data asli milik kita
  2. Setelah itu Buka File Manager pada Laptop Kita
  3. Setelah itu kita Pilih Menu File Explore 
  4. Lalu Cari dan Klik Nama Drive penyimpanan memori Hp Kita (contoh F:/)
  5. Setelah kita sudah ada di memori Hp. Kita pilih lokasi folder tempat menyimpan file Apk yang ingin dipindahkan ke laptop
  6. Setelah ketemu kita Klik Kanan file Aplikasi tersebut dan pilih Copy
  7. Lalu kita Pastekan (tempel) ke Drive Penyimpanan di laptop kita seperti (D:/ dan C:/)
  8. Proses penyalinan file aplikasi pun berjalan hingga selesai
  9. Selesai. Kini File Apk kita sudah ada di laptop dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan

4. Menggunakan Aplikasi Whatsapp

Cara selanjutnya untuk memindahkan aplikasi dari Hp ke laptop adalah dengan menggunakan Whatsapp. Selain digunakan untuk mengirim pesan singkat menggunakan data internet. Ternyata whatsapp juga bisa mengirim file multimedia lain seperti foto video dan bahkan jenis aplikasi dengan cepat. Adapun caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi dari Hp ke Laptop Menggunakan Whatsapp

  1. Pertama-tama kita Buka Browser pada laptop kita (Chrome)
  2. Lalu Buka Situs https://www.whatsapp.com untuk download software whatsapp di laptop
  3. Selesai di download kita Instal Software Whatsapp di laptop
  4. Setelah selesai Buka Whatsapp dan lakukan Login
  5. Ketika diminta QR Code gunakan pemindai QR code dari aplikasi whatsapp di Hp. Caranya adalah :
    • Buka Aplikasi Whatsapp di Hp kita
    • Setelah itu buka Layar chat
    • Pilih Menu
    • Pilih Whatsapp Web
    • Setelah itu Pindai QR Qode di Laptop dari Hp kita
  6. Setelah itu kita Buka Aplikasi Whatsapp di Hp kita
  7. Lalu Buka Obrolan/Chat dengan orang terdekat
  8. Setelah itu Kita pilih Opsi Kirim File
  9. Kemudian kita Pilih Document
  10. Setelah itu Pilih file apk yang tadi sudah di buat
  11. Lalu kita Klik Kirim
  12. Proses Pengunggahan pun berjalan hingga selesai
  13. Kemudian kita Buka lagi Whatsapp di Web Laptop
  14. Lalu kita Klik Download pada aplikasi yang tadi sudah di kirim pada menu Chat
  15. Selesai. Kini Aplikasi Apk telah berhasil di download di Laptop kita

5. Menggunakan Cloud Storage (Google Drive)

Selain itu kita juga bisa memindahkan Aplikasi dari Hp ke Laptop menggunakan layanan Media penyimpanan online Berbasis awan (Cloud Storage). Dengan cukup daftar dan download aplikasinya maka kita sudah bisa melakukan transfer data antara 2 perangkat yang berbeda.

Salah satu layanan Cloud yang cukup Populer dan banyak digunakan pengguna karena kemudahan pendaftarannya dengan cukup Login dengan akun gmail kita adalah aplikasi Google Drive. Adapun cara menggunakannya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi dari Hp ke Laptop Menggunakan Google Drive

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal aplikasi Google Drive di Playstore
  2. Setelah terinstal Buka Aplikasi Google Drive Di Hp kita
  3. Lalu Login ke Google Drive menggunakan alamat Gmail (Google Mail) milik kita
  4. Setelah masuk ke halaman Google Drive kita masuk ke Menu My Drive
  5. Kemudian Kita Pilih opsi Add (tambahkan) untuk memilih file yang ingin dipindahkan ke Google Drive kita
  6. Setelah itu kita Klik Upload dan Drive pun menelusuri dimana lokasi aplikasi yang kita simpan
  7. Setelah Ketemu Klik File Aplikasi tersebut
  8. Proses Pengunggahan File aplikasi pun berjalan hingga selesai
  9. Setelah file aplikasi sudah ada di google Drive, lalu kita Buka Browser pada laptop (Chrome)
  10. Kemudian kita Buka Situs Google drive di https://drive.google.com
  11. Lalu kita Login ke akun Google Drive dengan akun gmail yang sama dengan akun google drive di ponsel
  12. Setelah kita Masuk ke Halaman utama Google Drive kita Pilih Menu My Drive
  13. Lalu Munculah aplikasi-aplikasi dan folder yang sudah di upload ke akun Drive kita
  14. Setelah itu kita Pilih dan Download file aplikasinya dengan cara Klik 3 titik vertikal di samping file lalu Pilih Download
  15. Selesai. Kini file aplikasi kita sudah berpindah ke laptop kita.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 cara memindahkan file aplikasi dari Hp ke Laptop menggunakan beberapa fitur seperti menggunakan Bluetooth, Aplikasi SHAREit, Kabel Data, Aplikasi Whatsapp, dan yang terakhir melalui media penyimpan berbasis awan Google Drive.

Setelah membaca keterangan di atas tentunya kini kita tidak bingung lagi bila harus mengubah file aplikasi yang ada di hp android menjadi file mentahan berekstensi (.apk). Sehingga file mentahan Apk tersebut bisa di kirim ke berbagai perangkat seperti laptop dan perangkat lainnya sesuai kebutuhan kita.






You may also like