5 Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak dan Mengatasinya

Sponsors Link

Printer adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki peran penting bagi user dalam mengerjakan berbagai pekerjaan. Fungsi printer yang berguna untuk mencetak dokumen, foto, dan juga gambar dari dalam komputer, ke dalam media kertas. Printer, terutama bagi pekerja kantoran, mahasiswa dan anak sekolah adalah salah satu perangkat keras yang juga penting. Namun sayangnya, printer seringkali dilanda beberapa masalah yang cukup menyebalkan, seperti :

  • Printer sering offline (baca juga: penyebab printer offline)
  • Hasil cetakan bergaris-garis
  • Hasil cetakan kurang tajam dan kualitas cetakan buruk
  • Kerusakan pada cartridge
  • Printer yang tidak kompatibel dengan komputer atau laptop tertentu

Salah satu masalah yang sering muncul ketika menggunakan printer adalah hasil cetakan printer yang bergaris atau bahkan blank sama sekali. Tentu saja ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hasil cetakan printer ini menjadi bergaris dan blank sama sekali. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa penyebab dari hasil cetakan printer bergaris :

  1. Selang infus, tinta dan cartridge yang mengalami masalah

Hal pertama yang sering menyebabkan printer menghasilkan cetakan yang bergaris-garis adalah terjadi masalah pada bagian selang tinta atau selang cartridge ini. Biasanya selang seiring kali mengalami masalah yang diakibatkan oleh adanya udara yang terperangkap di dalam selang tinta, sehingga hal ini membuat aliran tinta tidak full, dan terputus-putus. Aliran tinta yang terputus-putus ini menyebabkan tinta menjadi tidak optimal dalam mencetak, yang menyebabkan munculnya gejala garis-garis atau cetakan yang hasilnya sangat buruk dan tidak bagus.

Bagaimana mengatasinya?

Untuk mengatasinya, agak sedikit tricky, karena membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Prinsipnya sama saja seperti kita akan membuang angin pada selang rem yang menggunakan cairan rem, yaitu dengan cara mengeluarkan angin secara manual. Agak sulit memang apabila baru melakukannya, akan tetapi ketika udara yang terperangkap itu berhasil dikeluarkan, maka printer dipastikan tidak akan menghasilkan cetakan yang bergaris-garis lagi.

  1. Tinta yang sudah mau habis

Selain karena masalah udara yang terperangkap, tinta yang sudah mau habis juga merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab hasil cetakan yang bergaris-garis. Ya, tinta yang sudah mau habis tentu saja tidak sanggup untuk mencetak banyak, sehingga meskipun kertas tetap berputar, tinta yang ada tidak cukup. Hasilnya adalah cetakan yang memiliki garis-garis, dan bahkan mengalami blank sama sekali.

Sponsors Link

Cara mudah untuk mengatasinya adalah tentu saja dengan mengganti tinta. Bisa dengan melakukan infus, apabila menggunakan tinta eksternal, atau bisa juga dengan mengganti cartridge original dari printer yang anda gunakan.

  1. Kualitas tinta atau cartridge yang buruk, sehingga mudah mengering dan terjadi sumbatan

Apabila tadi kita sempat menyinggung mengenai adanya udara yang terperangkap di dalam selang tinta, yang dapat menghambat penyaluran tinta, sehingga membuat hasil cetakan printer menjadi bergaris, maka penyebab lainnya adalah karena adanya kotoran yang menyumbat. Jadi, kondisinya mirip seperti penyebab pertama, hanya saja bedanya, selang tinta terhambat dan juga tersumbat oleh kotoran, yang bisanya berasal dari tinta cartridge yang mengering.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tinta menjadi mengering dan menghambat penyaluran tinta untuk melakukan pencetakan pada kertas, yaitu :

  • Cartridge atau tinta yang sudah lama sekali tidak digunakan, sehingga mengering, kemudian mengeras dan menyumbat saluran tinta
  • Kualitas cartridge yang jelek dan juga buruk
  • Tinta yang tidak steril, sehingga ada debu dan juga kotoran lainnya yang ikut masuk ke dalam penyimpanan, dan menghambat saluran tinta.

sponsored links

  1. Head cartridge yang kotor

Bagi anda yang menggunakan printer dengan tipe cartridge, maka salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan dari head cartridge itu sendiri. Head cartridge yang kotor seringkali menghambat berjalannya proses mencetak yang dilakukan oleh printer anda. salah satu dampaknya yang bisa muncul adalah hasil cetakan yang bergaris-garis. Karena itu, ketika anda menggunakan printer cartridge, dan menemukan hasil cetakan yang bergaris-garis, maka hal ini bisa saja disebabkan oleh head cartridge anda yang mengalami kotor.

Cara termudah untuk mengatasi ini adalah dengan cara membersihkan head cartridge anda, sehingga nantinya cartridge anda dapat berfungsi secara optimal lagi, dan tentu saja dapat mencegah munculnya hasil cetakan yang bergaris-garis.

  1. Masalah pada software printer

Kebanyakan, printer saat ini menggunakan software dalam menjalankannya. Software yang berupa driver ini berfungsi untuk melakukan manajemen terhadap printer, dan menginstall printer di dalam komputer atau laptop anda. ketika terjadi masalah pada software di dalam printer anda, selain dapat menyebabkan printer menjadi offline, hal ini juga dapat menyebabkan hasil cetakan pada printer anda menjadi bergaris-garis.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa melakukan reinstall pada driver, dan melakukan manajemen pada printer anda menggunakan software tersebut secara berkala, tentu saja untuk memaksimalkan kinerja dari printer tersebut.

artikel terkait:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 04:16 Oleh :
Kategori : Printer