10 Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless

Sponsors Link

Wireless merupakan sebuah teknologi jaringan komputer yang sangat banyak diperbincangkan dan banyak diaplikasikan mulai era 90-an. Manfaat jaringan komputer yang berpengaruh pada perubahan dunia seperti sekarang ini memiliki peranan penting, karena menghubungkan banyak orang di seluruh dunia.

Wireless sendiri mengacu pada sebuah teknologi yang memungkinkan sesuatu diteransmisikan tanpa menggunakan kabel sebagai penghantar. Wireless yang merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer  guna syarat utama dalam perangkat untuk mengakses internet ini menjadi alternatif nomor satu untuk user.

Dalam hal ini, yang ditransmisiskan adalah paket data di dalam sebuah jaringan komputer. Jaringan wireless atau nirkabel menggunakan udara sebagai penghantar transmisi data, sehingga bisa dibilang bahwa jaringan wireless secara kasat mata berada di sekeliling kita, dan menjadi bagian di dalam ruang udara yang kita tempati saat ini.

Jaringan wireless memang saat ini sudah banyak sekali dimanfaatkan dan diaplikasikan untuk berbagai macam keperluan. Meskipun demikian, sebagai sebuah teknologi yang terus berkembang, tentu saja teknologi jaringan wireless ini memiliki beberapa keunggulan, dan juga kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari sebuah jaringan wireless, dan juga kekurangna dari sebuah jaringan wireless.

Kelebihan Jaringan Wireless

  1. Tidak membutuhkan instalasi kabel yang panjang

Kelebihan pertama dari penggunaan jaringan wireless adalah tanpa perlu menggunakan kabel. Bayangkan ketika anda harus menghadapi serangkaian kabel yang masuk ke dalam komputer anda agar bisa terhubung ke dalam jaringan. Sudah pasti hal ini akan sangat merepotkan dan sangat menyulitkan bagi iuser. Terutama bagi yang memiliki space yang cukup sempit, sehingga nantinya kabel akan terlihat sangat berantakan.

Selain itu, biaya pemasanagan kabel pun bisa dihemat, meskipun harga kabel tidak terlalu tinggi, namun tetap saja hal ini dapat mengehmat biaya instalasi kabel. Hal ini berlaku dengan jenis-jenis jaringan komputer apa saja, sesuai dengan implementasi cakupan, namun lebih banyak untuk jangkauan yang tidak terlalu luas seperti LAN.

  1. Cocok untuk digunakan pada jaringan yang luas cakupan areanya

Minus kabel, itu artinya jaringan wireless akan sangat mudah untuk diaplikasikan pada sebuah jaringan yang cakupan areanya sangat luas, bahkan hingga mendunia. Tentu saja, apabila anda menggunakan kabel, jaringan ini akan sangat sulit untuk dibangun, karena membutuhkan jumlah kabel yang tidak sedikit.

Maka dari itu, dengan adanya wireless network ini, siapapun yang berada di belahan dunia mana pun akan tetap dapat terhubung ke dalam jaringan tanpa perlu repot mengurusi masalah perkabelan. (baca juga: prinsip kerja wide area network)

  1. Kecepatan transfer data yang cenderung stabil

Banyak yang mengatakan bahwa kecepatan transfer data antara jaringan kabel dan jaringan wireless, adalah lebih baik pada jaringan kabel. Namun demikian ternyata, hal ini tidak terlalu berpengaruh. Terlebih dengan penerapan topologi jaringan komputer yang cukup baik.

Sponsors Link

Apabila kita menggunakan patokan keceptan transmisi data, maka pada dasarnya kedua jenis jaringan ini baik kabel maupun wireless tidaklah jauh berbeda dari segi kecepatan transmisi datanya. Jadi, dengan menggunakan jaringan wireless, anda tidak perlu khawatir kecepatan transmisi data anda menjadi memburuk.

  1. Kompatibel hampir dengan berbagai jenis perangkat, seperti smartphone dan laptop

Saat ini penggunaan jaringan wireless sudah sangat umum dan banyak dikenal. Hal ini membuat sudah banyak sekali perangkat, baik itu perangkat elektronik biasa dan perangkat telekomunikasi yang mampu untuk terhubung ke dalam jaringan wireless.

Contohnya adalah handphone, yang sejak dulu sudah memanfaatkan jaringan telekomunikasi wireless. Begitu pula dengan laptop, yang secara umum juga kebanyakan sudah terdapat wireless network adapter di dalam setiap unit. Sehingga penggunaan wireless sudah sangat mudah, dan kompatibel dengan banyak perangkat elektronik dan komunikasi, terlebih jaringan LAN, MAN, dan WAN.

  1. Memungkinkan sebuah hardware bekerja di dalam jaringan secara portable

Dengan tidak adanya kabel pada sebuah perangkat elektronik, maka tentu saja alat elektronik tersebut akan lebih mudah untuk dibawa-bawa atau biasa di kenal dengan portable. Anda tidak perlu membawa kabel untuk handphone anda. Hal ini tentu saja akan sangat meningkatkan kepraktisan dan utilitas dari sebuah perangkat elektronik yang biasa kita gunakan sehari-harinya.

  1. Kekuatan sinyal masih bisa diperkuat dengan menggunakan alat bantu khusus, seperti antenna dan penguat sinyal

Anda mungkin sering mengeluh tentang kekuatan sinyal wireless pada perangkat telekomunikasi anda yang jelek dan juga menyedihkan. Namun demikian, penggunaan sistem jaringan wireless masih bisa diakali dengan beberapa cara mudah.

Ketika anda mengalami deficit sinyal untuk perangkat anda, maka anda bisa menggunakan beberapa peralatan tambahan, seperti antenna tambahan, ataupun peralatan penguat sinyal lainnya, yang dapat membantu anda untuk memperoleh sinyal wireless yang lebih baik, dan dapat memecahkan masalah persinyalan pada perangkat wireless anda.

Kekurangan Jaringan Wireless

  1. Instalasi dan pengembangan yang biayanya cukup mahal

Salah satu hal yang membuat wireless memiliki kekurangan adalah biaya implementasi dan modal yang cukup tinggi. Bagi sebuah perusahaan telekomunikasi biasa, penggunaan wireless memiliki beban yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pembangunan sebuah jaringan berbasis kabel.

Terlebih pada jaringan MAN yang memiliki cakupan luas untuk perkantoran yang memiliki tempat yang luas. Fungsi WAN itu sendiri dapat membuat jaringan lebih baik meski tanpa kabel namun dengan transmisi yang tetap terjaga.

  1. Peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih tinggi harganya

Perangkat keras yang memiliki kemampuan jaringan wireless juga tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan perangkat keras jaringan yang menggunakan kabel.

Coba saja anda bandingkan wireless modem atau router dengan router dan juga modem yang masih menggunakan teknologi jarignan kabel. Sudah pasti harga modem dan juga router yang menggunakan teknologi wireless memiliki harga yang jauh lebih mahal dan juga lebih tinggi.

sponsored links

  1. Kekuatan sinyal sangat tergantung dengan kondisi cuaca

Kelemahan atau kekurangan lainnya pada teknologi jaringan wireless adalah kemampuan memancarkan sinyalnya yang tergantung dengan kondisi cuaca. Apabila cuaca sedang buruk, maka hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi proses transmisi data pada sebuah jarngan wireless.

Hal ini disebabkan karena jaringan wireless memanfaatkan udara sebagai penghantar transmisis data, sehingga sudah pasti ketika terjadi sesuatu terhadap kondisi cuaca dan juga udara, hal ini akan mengganggu proses transmisi data, yang bisa kita alami berupa sinyal yang tidak stabil, dan sebagainya.

  1. Kekuatan sinyal dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan penghalang, seperti tembok

Kekurangan lainnya dari sebuah jaringan wireless adalah kekutan sinyal yan terkadang dipengaruhi oleh kondisi fisik dan lingkungan sekitar. Contohnya adalah lingkungan dengan kondisi tembok – tembok yang tinggi dan tebal. Ataupun sebuah lingkungan yang berada di sekeliling gedung pencakar langit.

Adanya penghalang berupa tembok – tembok tersebut akan menyebabkan kualitas sinyal dan juga proses transmsisi data pada sebuah jaringan wireless akan memburuk. Merupakan salah satu kelemahan utama dari sebuah jaringan wireless, dimana sebuah lokasi yang dikelilingi oleh tembok tinggi akan mengalami gangguan dan juga kendala dalam proses transmisi data nya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, December 2015 / 16:00 Oleh :
Kategori : Konsep Jaringan