9 Kelebihan dan Kekurangan Firewall

Sponsors Link

Firewall merupakan sebuah fitur penting di dalam komputer, terutama pada komputer yang sering menggunakan pemanfaatan dari teknologi jaringan komputer. Secara teknis, firewall dapat dianalogikan sebagai sebuah pagar rumah. Rumah adalah sebuah komputer, dan bagian luar rumah adalah jaringan.

Lantas apa saja fungsi firewall pada jaringan komputer? Firewall bertugas untuk menjaga agar tidak ada benda atau konten asing, terutama konten yang berbahaya, seperti malware tidak masuk ke dalam komputer user.

Kebanyakan, firewall yang digunakan adalah firewall bawaaan dari sebuah sistem operasi, atau merupakan firewall yang merupakan fitur tambahan dari sebuah anti virus. Firewall sendiri, memilliki banyak sekali kelebihan, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari firewall.

Kelebihan Firewall

  1. Mendeteksi adanya malware atau ancaman dari sebuah situs

Kelebihan pertama dari penggunaan firewall pada komputer kita adalah mampu untuk mendeteksi adanya malware dan ancaman yang bahaya dari berbagai macam situs yang kita kunjungi. Bayangkan, apabila firewall tidak diaktifkan, maka semua konten, yang mungkin saja berisi malware yang berpotensi merusak komputer kita akan masuk dengan mudah.

Dengan demikian, kita pun sebagai user akan turut merasakan mengenai pengalaman berinternet aman dan nyaman, tanpa perlu khawatir dengan adanya gangguan malware yang berbahaya. Namun tidak hanya dari situs yang di akses, akan tetapi dari software yang telah di install ke dalam komputer. Oleh karenanya user harus berhati-hati dengan bahaya menggunakan software bajakan yang kurang aman.

Dengan adanya firewall, setiap situs, yang kemungkinan memiliki malware, atau yang sudah pernah terdeteksi dapat mengancam, user akan diperingatkan akan bahayanya, dan secara otomatis situs tersebut akan terdeteksi oleh sistem firewall komputer kita.

  1. Menjaga agar user tidak diarahkan ke dalam situs yang berbahaya

Selain memberi peringatan mengenai kemungkinan adanya malware pada situs yang akan dikunjungi oleh user, firewall juga mampu untuk menjaga dan mencegah agar user tidak masuk ke dalam situs yang dianggap berbahaya.

Sebagai contohnya, ketika kita akan membuka situs jejaring social, Facebook misalnya, biasanya banyak link-link yang berasal dari situs yang kurang terpercaya di share di facebook. Meski banyak manfaat facebook yang user rasakan, namun perlu berhati-hati untuk hal yang satu ini.

Tanpa adanya firewall, kita tentu saja akan bebas mengklik situs – situs tersebut. Namun demikian, siapa yang tahu apa yang ada di dalam situs tersebut. Karena itu, firewall sangat baik untuk membantu agar user tidak sembarangan mengklik sebuah link, dan mencegah agar user tidak masuk ke dalam situs yang dianggap berbahaya.

  1. Memblokir situs – situs tertentu

Firewall juga memiliki kelebihan berupa pemblokiran terhadap beberapa situs tertentu, dan alamat ip dari sebuah situs. Dengan begitu, ketika kita sudah memblokir sebuah situs dan juga IP address, kita tidak akan bisa membuka situs tersebut.

Fasilitas ini tentu saja jauh lebih advanced apabila dibandingkan dengan fitur site block yang ditawarkan oleh browser konvensional, seperti Mozilla dan juga chrome. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir mengenai link-link yang akan mengganggu kenyamanan berinternet kita. Dalam hal ini, user perlu memilih browser terbaik demi kelancaran akses internet yang aman.

Sponsors Link

  1. Memperingatkan user ketika akan mendownload apapun yang berasal dari situs yang tidak aman

Selain membantu mencegah dan juga memblokir beberapa situs, keunggulan lainnya dari sebuah sistem firewall adalah bahwa sistem firewall pada komputer ini juga mampu untuk memperingatakn user ketika akan mendownload konten.

Beberapa konten yang di download terkadang berisi materi yang tidak sesuai, dan bisa jadi merupakan sebuah malware. Karena itu, dengan adanya firewall, sebelum mendownload user akan diberi peringatan mengenai konten yang akan didownload, sehingga akan menyebabkan user menjadi lebih aware atau waspada terhadap konten yang akan di download.

  1. Mencegah pembajakan terhadap komputer user melalui jaringan komputer

Saat ini, peretasan dan pembajakan sebuah komputer yang dilakukan melalui jaringan komputer sudah sangat marak dilakukan, baik dalam skala kecil, maupun skala besar. Kebanyakan, tindakan kejahatan peretasan ini dilakukan karena komputer yang disasar memilik pengamanan firewall yang lemah.

Karena itu, firewall sangatlah penting untuk diaktifkan. Dengan adana firewall, komputer user akan terlindungi dan paling tidak bisa lebih aman dari pembajakan atau hacking dan peretasan melalui jaringan komputer. (baca juga: cara kerja firewall pada jaringan komputer)

  1. Sangat berguna ketika user melakukan koneksi jaringan pada tempat umum

Tempat umum yang menyediakan fasilitas jaringan saat ini sudah marak. Fasilitas ini, seperti public wifi contohnya tentu saja sangat berguna untuk kebutuhan internet setiap user. Akan tetapi, ternyata potensi peretasan yang dilakukan melalui jaringan komputer umum, seperti public wifi ini sangatlah tinggi. Karena itu, firewall sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan.

Dan untungnya, firewall memiliki kelebihan yang sangat pas bagi anda yang sering menggunakan public wifi, untuk mengamankan komputer anda dari peretasan melalui jaringan public.

Kekurangan Firewall

  1. Bukan merupakan antivirus, sehingga tidak pas untuk mencegah masuknya virus

Banyak yang sering menyamakan firewall dengan anti virus. Memang beberapa antivirus memiliki fitur tambahan berupa firewall. Akan tetapi, firewall sendiri pada dasarnya bukanlah sebuah anti virus. Mungkin firewall berguna untuk pencegahan malware dan beberapa konten internet berbahaya lainnya.

Tetapi, ketika konten tersebut sudah terdownload dan ternyata adalah sebuah virus, maka firewall tidak bisa berbuat apa-apa. Tugas firewall hanyalah sebagai sebuah pagar yang menjaga agar komputer tidak mengalami gangguan akibat jaringan komputer. Karena itu salah besar apabila hanya mengandalkan firewall sebagai sebuah anti virus. (baca juga: cara mencegah komputer terkena virus)

sponsored links

  1. Firewall tidak dapat membantu mencegah pencurian data ataupun peretasan yang dilakukan dari dalam

Pencurian data atau peretasan yang berlaku secara internal, atau dari dalam tidak dapat dicegah oleh firewall. Hal ini terjadi apabila peretasan dan pencurian data dilakukan oleh mereka yang mengetahui password dan security key dari komputer tersebut. Perlu diingat, firewall hanya akan beraksi ketika mendeteksi adanya konten mencurigakan yang berusaha menyusup ke dalam komputer melalui jaringan internet.

Jadi, pada dasarnya, firewall tidak akan berguna, apabila penyusupan dan pencurian data itu berasal dari kondisi internal, dimana penyusup memiliki hak akses terhadap komputer yang akan dicuri atau diretas datanya.

  1. Tidak semua malware bisa terdeteksi dengan baik

Meskipun efektif dalam memerangi malware, namun demikian ternyata firewall tidaklah superior. Pengembangan teknologi komputer, terutama pengembangn virus dan malware telah membuat malware menjadi lebih canggih, dan tidak sanggup ditangkal oleh firewall.

Ada banyak sekali jenis – jenis malware baru yang lebih jahat, yang sulit, bahkan tidak bisa dideteksi oleh firewall. Ini juga yang menyebabkan banyak komputer server mengalami peretasan, dan mengalami pencurian data.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, December 2015 / 09:55 Oleh :
Kategori : Security Jaringan