Sponsors Link

5 Manfaat Online Shop Bagi Penjual dan Pembeli

Pesatnya perkambangan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya ditandai dengan menjamurnya online shop atau yang biasa dikenal dengan istilah tokoh online. Saking banyaknya online shop yang muncul, ada yang bahkan meramalkan bahwa toko-toko dan showroom offline akan banyak kehilangan pasar karena konsumen beralih ke online shop. Ramalan santai tersebut memang tidak sepenuhnya keliru karena dewasa ini, dengan hanya bermodal gadget dan pulsa, siapapun sudah bisa membuka online shop, menawarkan barang atau produk, mendapat konsumen, melakukan transaksi kemudian memperoleh keuntungan. Dengan modal minimal, seorang pebisnis online shop bisa mendapatkan keuntungan maksimal dengan taktik dan strategi marketing yang jitu dan efektif.

ads

Berikut adalah rincian lebih detail mengenai manfaat online shop baik bagi pembeli (konsumen) maupun pebisnis (penjual):

1. Bisa Disambi dengan Pekerjaan Lain

Bagi penjual dan atau penyedia jasa, online shop tidak mengharuskan mereka pergi ke kantor dari jam sekian hingga sekian, mengenakan pakaian formal ataupun menaati sejumlah peraturan. Berdagang online bisa disambi dengan pekerjaan lain apapun jenis pekerjaannya. Selama si pedagang pandai mengatur waktu dalam menggunakan gadgetnya untuk merespon setiap pertnyaan atau pesan singkat dari (calon) pembeli, bisnis online shop bisa berjalan lancar dan maksimal. Selain sebagai penghasilan tambahan, bisnis online shop bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan lain bisa berfungsi sebagai ‘ban serep’ jika suatu ketika usaha utama yang mereka tekuni mengalami masalah.

Online shop sebenarnya paling cocok dijalankan oleh mereka yang tidak memiliki aktivitas rutin, semisal ibu rumah tangga atau mahasiswa semester akhir atau mereka yang terbiasa multi-tasking. Urusan-urusan seperti menggencarkan promosi, melayani pertanyaan pembeli prospektif hingga menyukseskan transaksi kadangkala membutuhkan perhatian dan keterampilan khusus. Namun demikian mengingat bisnis online shop bisa dijalankan dengan modal minim dan menjanjikan keuntungan berlimpah, tidakkah Anda tertartik untuk belajar membiasakan diri multi-tasking?

2. Modal Minimal dengan Untung Maksimal

Seperti yang disinggung sebelumnya, online shop hanya mengharuskan Anda sebagai penjual untuk memiliki gadget dan pulsa untuk berkomunikasi dengan (calon) pembeli. Pada umumnya, Anda akan mempromosikan produk atau jasa orang lain sehingga ketika berhasil menyukseskan transaksi, Anda akan mendapat keuntungan (kadangkala dengan komisi) sekian persen dari transaksi yang dilakukan. Atau jika tidak, Anda bisa saja mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki sendiri. Namun, bukankah Anda sudah memiliki gadget dan mengisi ulang pulsa Anda secara rutin bahkan sebelum Anda memulai bisnis online? Jadi sebenarnya, selain waktu, perhatian dan keterampilan serta energi, Anda tidak keluar modal apapun bukan?


3. Transaksi Mudah

Ketika berhasil menyukseskan sebuah penjualan, Anda tidak akan bingung melakukan transaksi karena Anda bisa menggunakan sistem transfer atau bank. Sistem yang demikian juga terbilang aman dari berbagai kecurangan dan penipuan karena Anda bisa mengecek dan memverifikasi langsung secara real time apakah ada uang masuk ke rekening Anda atau tidak. Ketika Anda telah memastikan ada uang masuk, Anda bisa segera mengirim barang atau jasa yang Anda jual ke alamat yang diberikan pembeli Anda. Mudah sekali, bukan?

4. Cara Belanja Praktis

Manfaat online shop bagi pembeli juga penting yaitu praktis. Bagi pembeli, manfaat utama online shop adalah cara belanja yang demikian praktis. Mereka tidak perlu meluangkan waktu untuk keluar rumah, terjebak dalam kemacetan dan berlama-lama mengitari mall atau pusat perbelanjaan lain untuk mendapatkan barang atau jasa yang mereka butuhkan. Cukup dengan memainkan jari-jari di atas layar gadget, pembeli sudah bisa menemukan apa yang mereka cari. Pilihan yang tersedia pun akan sangat beragam sejauh si pembeli menjelajah dunia maya sehingga pilihan yang akhirnya diambil benar-benar dapat memuaskan si pembeli.


Setelah mendapatkan barang yang diinginkan dan membuat sekian deal, pembeli bisa langsung melakukan transaksi dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual. Ini biasanya ditambah dengan biaya ongkos kirim jika tidak menggunakan sistem CoD (Cash on Delivery). Lagi-lagi dengan hanya menggunakan gadget, pembeli bisa langsung mengirim sejumlah uang dan beberapa hari kemudian, barang yang ia beli akan sampai di rumahnya. Inilah alasan utama mengapa banyak pembeli yang beralih ke online shop baik sekadar melihat katalog barang hingga melakukan pembelian.

5. Keamanan Bertransaksi

Karena tidak bertemu secara langsung dengan penjual, pembeli biasanya akan sangat selektif memilih toko mana yang akan mereka percaya untuk melakukan transaksi online. Kebanyakan dari mereka akan memerhatikan tampilan iklan online shop, testimoni pelanggan serta penampilan si pemilik online shop. Beberapa yang lain hanya mau melakukan pembelian online di toko-toko yang terpercaya atau pada orang yang mereka kenal di darat. Dengan begitu, transaksi yang dilakukan tidak akan merugikan pihak mana pun dan benar-benar memudahkan proses jual beli.

Description: Online shop menawarkan banyak manfaat kepada penjual dan pembeli dalam banyak hal. Utamanya, jika penjual dapat memperoleh untung berlimpah dengan modal tipis, maka pembeli bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan cara yang sangat praktis.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, December 2015 / 06:35 Oleh :
Kategori : Web