Jenis-Jenis Kabel Data HP dari Berbagai Versi

Kabel data merupakan alat yang masih sering digunakan sampai saat ini. Kabel data adalah sebuah kabel yang digunakan sebagai konektor antara satu perangkat ke perangkat lain. Sekitar di tahun 2000-an, kabel data pada ponsel lebih banyak digunakan sebagai konektor ke komputer. Sekarang, dengan semakin maraknya smartphone, kabel data juga sering digunakan untuk mengecharge atau mengisi ulang baterai.

ads

Mungkin kamu belum tahu kalau kabel data banyak jenisnya. Setiap perangkat memiliki jenis kabel datanya masing-masing sehingga kamu tidak bisa menggunakan kabel data yang seharusnya untuk printer malah digunakan untuk mengecharge smartphone. Begitu juga yang lainnya, kabel data printer tidak bisa digunakan untuk scanner sebab jenisnya berbeda. Oleh sebab itu, berikut jenis kabel data HP yang pernah digunakan.

  • Tipe 1.1

Tipe 1.1 adalah jenis USB pertama yang dibuat pada perangkat elektronik. kabel ini diluncurkan pada tahun 1988. Kecepatan transmisi data yang bisa dicapai oleh kabel data ini sekitar 12 Mbps per satu detiknya. Meskipun begitu ada juga yang berpendapat bahwa kecepatan sebenarnya bisa mencapai 1,2 Mbps. Saat ini, kabel data jenis 1.1 sudah tidak dipakai lagi.

  • Tipe 2.0

Tipe 2.0 adalah pengembangan lebih lanjut dari tipe sebelumnya. Kabel ini pertama dipublikasikan sekitar tahun 2000. Tentu saja versi ini jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya dengan memiliki kecepatan transmisi sampai 480 Mbps. Selain itu, kabel ini dilengkapi dengan Hi-Speed Mode. Sayangnya, peluncuran kabel ini harus mengalah dengan generasi selanjutnya yang sudah hadir.

  • Tipe 3.0

Ya, tipe 3.0 hadir delapan tahun setelah tipe 2.0 dipublikasikan. Sekitar tahun 2008, kabel data jenis ini resmi dipublikasikan. Fasislitas yang ditawarkan pada kabel ini jauh lebih lengkap dibandingkan tipe sebelumnya. Bahkan, kecepatan transfer datanya bisa mencapai 5 Gbps. Itu pun dengan catatan kabel ini dalam keadaan superspeed. Ciri khas dari kabel data ini adalah memiliki socket yang berwarna biru.

  • Tipe 3.1

Nah, inilah tipe kabel data yang saat ini banyak digunakan. Tipe kabel data 3.1 adalah hasil pembaharuan dari versi 3.0. Bisa dibilang tipe ini adalah versi keempat dari semua kabel data yang pernah diproduksi. Kabel data ini diluncurkan sekitar tahun 2013. Untuk keceptannya sendiri, kabel data ini sudah mencapai 10 Gbps. Maka dari itu, kabel data ini sering disebut Superspeed+.

Selain berdasarkan tipe kabelnya, bagian portnya juga memiliki banyak jenisnya.  Bagian port ini memang sengaja dibuat berbeda – beda karena tergantung kecepatan transfer datanya. Apalgi jika nantinya berhubungan dengan jenis port pada komputer. Berikut jenis-jenis port kabel data yang sering digunakan saat ini.

  • Type-A

Kabel data Type-A adalah kabel data yang standar digunakan. Bentuknya sendiri persegi panjang dan juga rata. Pada umunya, salah satu bagian ujungnya dimasukan ke bagian host. Kabel data Type-A juga sudah sring digunakan pada PC dan juga laptop. Bahkan, sekarang sudah ada konsol game dan juga pemutar musik atau film yang juga menggunakan kabel data Type-A. Kabel data tipe 1.1, 2.0, dan juga 3.0 rata-rata menggunakan port Type-A.


  • Type-B

Pada umumnya, kabel data Type-B ini sering dipasangkan dengan kabel Type-A. Contoh nyatanya bisa dilihat pada kabel data printer atau juga scanner. Untuk Type-B ini ada tiga ukuran pada kabelnya yakni tipe standar, mini, dan juga micro.

  1. Tipe standar – Tipe ini pertama kali dibuat hanya untuk kabel data versi 1.1 dan juga versi 2.0. Maka dari itu, tipe standar ini hanya digunakan pada perangkat yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi seperti printer dan juga scanner.
  2. Tipe mini – Tipe mini mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan tipe standar. Pada umumnya, Tipe ini hanya digunakan pada perangkat tertentu seperti kamera digital, hardisk eksternal, dan juga beberapa ponsel.
  3. Tipe Micro – Tipe micro tentu saja memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada tipe mini. Meskipun ukurannya kecil. tapi pengaruhnya sangat besar terutama untuk perangkat portabel seperti MP3, MP4, dan juga Ipod.
  • Type-C

Type-C ini sudah didukung untuk dapat menggunakan kabel data bertipe 3.1. Dengan begitu, tipe ini dapat menghantarkan tegangan sebesar 5A dan juga 20v atau setara 100W. Type-C ini dapat menghantarkan tegangan supply dengan dua arah. Kabel Type-C ini sudah menjadi salah satu standar kabel data yang digunakan pada smartphone. Apalagi dengan kecepatan arus data yang tinggi, Type-C ini sering digunakan sebagai standar kabel data untuk kemampuan fast charging atau pengisian daya baterai yang cepat.

Itulah jenis-jenis kabel data HP yang pernah digunakan hingga saat ini. Meskipun saat ini transfer data lebih banyak keuntungan menggunakan WLAN dari pada media kabel, keberadaan kabel data masih tetap dibutuhkan manusia. Sebab, selain harganya yang cukup terjangkau, dari sisi keamanan dan juga perangkat yang saat ini beredar di masyarakat masih membutuhkan adanya kabel data. Mungkin saja di masa yang akan datang akan muncul versi pembaharuan dari kabel data yang bahkan bisa bersaing dengan perangkat wireless lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hardware