Home » Hardware » SDRAM: Pengertian, Fungsi dan Kelebihan

SDRAM: Pengertian, Fungsi dan Kelebihan

by gilfen
by gilfen

Section Artikel

Pengertian SDRAM

SDRAM
SDRAM

SDRAM atau singkatan dari Synchronous DRAM merupakan salah satu jenis memori komputer Dynamic Random Access Memory yang dioptimalkan untuk mikroprosesor, sehingga dapat meningkatkan jumlah instruksi prosesor dalam waktu tertentu.

SDRAM yang merupakan memori komputer dinamis ini memiliki kecepatan mulai dari 66 MHz hingga 133MHz bergantung pada prosesor yang dipasangkan dengannya.

Namun, ketika DDR-SDRAM dirilis, SDRAM ini kalah saing karena kecepatan transfer datanya jauh lebih rendah.

Sejarah SDRAM

SDRAM dengan kapasitas 16Mb pertama kali dirilis pada tahun 1992 oleh Samsung. Oleh karena kinerjanya yang dinilai baik dan lebih tinggi, SDRAM menggantikan DRAM pada tahun 2000.

Pada tahun itu, SDRAM telah digunakan pada hampir semua komputer modern. Sejauh ini, ada beberapa produsen SDRAM yaitu Samsung Electronics, Panasonic, Micron Technology, dan Hynix.

Generasi SDRAM

Perlu diketahui juga bahwa, ada beberapa generasi SDRAM, termasuk diantaranya :

  • DDR SDRAM

DDR SDRAM merupakan generasi pertama dari SDRAM, di mana bandwidth yang disediakan lebih banyak. DDR SDRAM ini diketahui menggunakan perintah per siklus. Meskipun demikian, SDRAM ini diketahui dapat membaca atau menulis dua kata dalam satu siklus jamnya.

  • DDR2 SDRAM

DDR2 SDRAM merupakan SDRAM generasi kedua setelah DDR SDRAM. Secara umum, DDR2 SDRAM ini hampir mirip dengan generasi pendahulunya DDR SDRAM. Namun, yang berbeda adalah :

  1. Protokol bus lebih disederhanakan
  2. Kinerja lebih tinggi
  3. Unit baca atau tulis minimum ditingkatkan hingga empat kata berturut turut
  4. Laju bus SDRAM meningkat tanpa meningkatkan laju jam operasi RAM internal
  • DDR3 SDRAM

Generasi ketiga dari SDRAM dinamakan dengan DDR3 SDRAM. Jika generasi kedua menggandakan unit baca tulis minimum menjadi empat, generasi ketiga ini menggandakan unit menjadi delapan kata berturut-turut.

Sebagaimana generasi kedua, DDR3 SDRAM ini juga dapat meningkatkan laju bus tanpa mengubah laju jam operasional RAM internal.

Pada SDRAM generasi ketiga ini, diketahui laju transfer 800-1600 M per detik, dengan pengambilan 100-200 M per detik larik RAM internal.

  • DDR4 SDRAM

DDR4 SDRAM adalah generasi SDRAM yang ke empat. SDRAM ini diketahui menggunakan prefetch 8n sebagai mana SDRAM generasi ke tiga. Selain itu, DDR4 SDRAM ini memiliki 1.2 V atau lebih rendah tegangan operasi chipnya.

  • DDR5 SDRAM

Generasi kelimanya akan diberi nama DDR5 SDRAM. Namun, hingga kini memang masih belum dirilis secara resmi.

Perlu diketahui bahwa, DDR5 SDRAM ini akan mengalami peningkatan bandwidth lebih dari DDR4 SDRAM. Selain itu, DDR5 SDRAM ini digandang-gadang akan memiliki konsumsi daya yang lebih kecil dibandingkan dengan DDR4 SDRAM.

Penerus SDRAM yang Gagal

Ada juga beberapa penerus SDRAM yang dianggap gagal, termasuk diantaranya :

  • Rambus DRAM (RDRAM)

RDRAM menjadi salah satu penerus gagal SDRAM karena :

  1. Harga relative lebih tinggi
  2. Kinerja mengecewakan (latensi tinggi)
  • DRAM Tautan Sinkron (SLDRAM)

SLDRAM dinilai jauh berbeda dengan SDRAM yang standar sehingga dikatan sebagai salah satu penerus SDRAM yang gagal.

Fungsi SDRAM

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari SDRAM yang perlu diketahui :

  • Mentransmisikan Sinyal

SDRAM diketahui dapat berfungsi untuk mentransmisikan sinyal. Umumnya, sekali per siklus clock. Bahkan, generasi selanjutnya seperti DDR SDRAM diketahui dapat mentransmisikan dua kali sinyal per siklus clocknya.

  • Menerima Data Baru

SDRAM diketahui dapat berfungsi sebagai penerima data baru sebelum pemrosesan data. Fungsi ini tidak lain berhubungan dengan fitur yang disebut sebagai pipelining.

Kelebihan SDRAM

Adapun berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari SDRAM:

  • Kecepatan Lebih Tinggi Dibandingkan dengan DRAM

SDRAM diketahui lebih mengungguli DRAM dalam hal kecepatannya. DRAM hanya memiliki kecepatan 4.7 MHz hingga 50 MHz, sedangkan SDRAM kecepatannya 100 MHz hingga 133 MHz. Karena inilah, DRAM banyak digantikan oleh SDRAM.

  • Dapat Digunakan pada Sistem Bus CPU

SDRAM diketahui dapat digunakan pada bus CPU modern sekalipun. Artinya, SDRAM ini masih cocok digunakan baik untuk komputer jaman dulu maupun komputer yang lebih modern dengan motherboard yang berbeda sekalipun.

  • Konsumsi Daya Relatif Rendah

SDRAM diketahui hanya membutuhkan daya yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan RAM lainnya, yaitu sekitar 16 hingga 17 persen daya saja.

  • Dilengkapi Dual Inline Memory Modul

SDRAM diketahui dilengkapi oleh dual inline memory modul yang terdapat di celah bagian kaki kakinya. Hal ini bisa dikatakan sebagai ciri khas SDRAM.

Dengan adanya Dual Inline Memory Modul ini, SDRAM dinilai dapat membagi data secara lebih seimbang. Chip yang tertata dan berjajar dengan rapi pun dapat dilihat.

  • Dilengkapi Pendingin

SDRAM juga memiliki kelebihan lain yaitu dilengkapi dengan pendingin yang dapat menurunkan suhu komputer. Sudah jadi rahasia umum jika komputer yang sering digunakan mungkin akan mengalami pemanasan, pendingin dalam SDRAM dapat membantu agar panas tersebut mereda.

Dengan kata lain, pendingin dalam SDRAM mungkin dapat menjaga komputer yang digunakan tetap dingin, meskipun dalam jangka waktu penggunaan yang lama sekalipun.

Kekurangan SDRAM

SDRAM ini juga memiliki beberapa kekurangan, termasuk :

  • Tidak dapat digunakan pada motherboard lama
  • Kecepatan data tunggal, artinya penyelesaian tugas dilakukan per siklus clock

You may also like