Home » Hardware » Ram » Inilah 9 Fungsi SDRAM pada PC yang Jarang diketahui

Inilah 9 Fungsi SDRAM pada PC yang Jarang diketahui

by Elang Hendy Subrata
by Elang Hendy Subrata

Jenis memori yang digunakan pada PC berbeda-beda. Ada yang sifatnya sebagai penyimpanan data secara permanen dan ada yang sifatnya menyimpan data secara sementara. Untuk memori yang digunakan untuk menyimpan data, bisa menggunakan hardisk, SSD, MMC, SD Card, dan lain-lain.

Sedangkan untuk memori yang bersifat sementara, umumnya orang-orang akan menjawab RAM komputer. Akan tetapi, RAM memiliki jenisnya lagi. Ada ROM, CMOS, DRAM, SDRAM, dan masih banyak lagi. Berbicara mengenai SDRAM, belum banyak yang tahu apa saja fungsi utama dari perangkat ini, untuk mengetahui jawabannya, berikut ulasannya.

1. Pengganti DRAM

Fungsi yang pertama adalah sebagai versi pembaharuan dari DRAM. DRAM atau kepanjangan dari Dynamic Random Access Memory ini merupakan jenis RAM komputer yang pertama dibuat. Karena desain DRAM begitu sederhana, sehingga kecepatannya pun cukup rendah, yakni sekitar 4,7 Mhz sampai 40 Mhz.

Sedangkan pada SDRAM, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 100 Mhz sampai 133 Mhz. Dengan kecepatan yang seperti itu, SDRAM mampu digunakan sebagai pengganti DRAM.

2. Banyak digunakan pada komputer tipe PC

SDRAM sendiri banyak digunakan pada beberapa komputer yang memiliki tipe PC hingga saat ini. Contohnya saja, pada komputer yang menggunakan Processor Intel, SD RAM sering dipakai pada Pentium MMX, Pentium II, Pentium III, Celeron, hingga Pentium 4. Sedangkan pada komputer yang menggunakan Processor AMD, umumnya digunakan pada jenis AMD Athion dan juga AMD Duron.

3. Menggunakan 168 Pin

Salah satu kelebihan lainnya dari SDRAM adalah terdapat lebih kurang 168 pin. Jumlah tersebut membuat SDRAM memiliki transfer data yang cukup tinggi dibandingkan DRAM. Kapasitas memori yang digunakan pada memori SDRAM ini mulai dari 16 MB hingga 1 GB saja.

4. Cocok dengan bus CPU

Kelebihan lainnya dari SDRAM ini adalah sanagt cocok digunakan pada bus CPU. Seperti yang kita tahu bahwa sistem bus pada komputer saat ini berbeda dengan sistem komputer zaman dahulu. Dengan struktur komputer saat ini, SDRAM dapat menyesuaikan diri meskipun menggunakan motherboard yang berbeda-beda.

5. Kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis RAM lainnya

Kelebihan selanjutnya adalah SDRAM ini memiliki kecepatan sekitar tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan FPM RAM yang menggunakan jenis konvensional. Ditambah lagi, SDRAM juga dua kali lebih cepat dibandingkan dengan EDO RAM serta BEDO DRAM. Maka dari itu, jenis SDRAM sudah banyak menggantikan EDO DRAM pada berbagai jenis komputer di pasaran.

6. Konsumsi daya yang cukup rendah

Salah satu kelebihan yang cukup disukai oleh beberapa pengguna komputer ada di dalam hemat dayanya. Dibandingkan dengan jenis RAM lainnya. Konsumsi energi yang didapat pada SDRAM bahkan mencapai 16 hingga 17 persen. Hal tersebut cukup tinggi dibandingkan jenis RAM sebelumnya.

7. Menggunakan Dual Inline Memory Modul

Ciri paling mencolok dari SDRAM ini adlaah terdapat dua celah yang terdapat dibagian kaki-kakinya. Dengan menggunakan sistem kaki tersebut, pembagian datanya menjadi lebih seimbang. Seperti yang kita lihat, pada SDRAM, terdapat chip yang merata dan umumnya berjejer rapi. Hal tersebut membuat pembagian datanya menjadi lebih mudah.

8. Terdapat pendingin

Kelebihan yang cukup unik pada SDRAM ini adalah terdapat pendingin yang berfungsi untu menurunkan suhu saat PC digunakan. hal tersebut tentunya sanagt membantu PC menjadi tetap dingin meskipun penggunaannya cukup lama. Ditambah lagi, sistem pendingin ini juga dapat melindungi komponennya agar tidak mudah rusak meskipun PC sering digunakan.

9. Menggunakan Term Synchronous Dynamic

Sesuai dengan kepanjangan dari SDRAM itu sendiri. SDRAM adalah Synchronous Dynamic Random Access Memory. Artinya jenis RAM yang satu ini dapat mengimbangi clock yang terdapat pada processor. Jika clock yang terdapat pada RAM dan juga processor itu sama, sistem komputer akan berjalan dengan seimbang. Hal tersebut disebabkan aliran data dari processor ke memori RAM dapat lancar tanpa adanya hambatan. Hal tersebt yang membuat SDRAMmampu bertahan selama bertahun-tahun dibandingkan RAM versi yang lama.

Itulah 9 fungsi SDRAM pada PC yang jarang diketahui oleh orang-orang. jika kita melihat dari beberapa fungsi yang ditawarkan, SDRAM memiliki keunggulan yang cukup tinggi sehingga tidaklah mengherankan jika jenis RAM yang satu ini masih dipakai.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan juga semakin berkembangnya teknologi komputer serta jaringan, perkembangan memori RAM pun mengalami kemajuan. Saat ini memori SDRAM telah digantikan dengan jenis memori RAM yang terbaru dan tentunya memiliki kapasitas RAM terbesar saat ini.

Maka dari itu, penggunaan memori SDRAM saat ini lebih banyak digunakan pada jenis PC tipe Celeron atau tipe lama dibandingkan pada jenis laptop atau PC terbaru saat ini. Meskipun begitu, penggunaan PC lama masih banyak digunakan oleh beberapa kalangan sehingga kemampuan SDRAM masih dibutuhkan hingga saat ini. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.

You may also like