Home » How To » 8 Cara Cek Backlink Paling Mudah

8 Cara Cek Backlink Paling Mudah

by gilfen
by gilfen

Cara untuk mengoptimalisasi sebuah website bisa dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah memanfaatkan backlink dari website lain.

Tidak heran bahwa dewasa ini dalam dunia SEO (Search Engine Optimization) banyak tools untuk mengecek backlink. Pembahasan di bawah akan mengupas beberapa tools pengecek backlink.

Berikut adalah 8 tools yang bisa dipakai untuk mengecek backlink, agar website yang dikelola bisa optimal.

1. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tools pengecek backlink yang menyediakan data komprehensif yang bisa membantu mengelola dan mendapatkan backlink.

Tool ini sangat mudah dipakai, pengguna hanya perlu memasukkan URL dari website sendiri ataupun website yang dimiliki kompetitor.

Setelah memasukkan URL Ahrefs akan memunculkan seluruh link yang tertuju pada website tersebut.

Selain mengecek backlink tool ini juga bisa dipakai untuk mencari informasi tambahan seperti domain rating dan frekuensi domain yang mengarah ke website pengguna.

2. Majestic

Majestik adalah tool pengecek backlink yang bisa mencari tahu siapa saja yang menautkan sebuah situs ke konten para pengguna.

Dengan menggunakan Majestik, pengguna juga bisa mencari tahu jenis konten apa yang paling diminati dan butuh dikembangkan.

Cara menggunakan Majestic sangat mudah, pengguna hanya perlu mengunjungi laman Majestic kemudian memasukkan link website yang dimiliki, lalu para pengguna akan mengetahui beberapa data yang terkait dengan backlink.

3. Buzzsumo 

Buzzsumo merupakan salah satu tool pengecek backlink yang mempunyai keunggulan memiliki dasbor yang nyaman dipakai oleh para pengguna.

Cara menggunakan tool ini juga sangat mudah, para pengguna hanya cukup mengunjungi website Buzzsumo dan melanjutkan langkah-langkah yang diarahkan.

Setelah itu para pengguna bisa langsung melacak halaman mana saja yang ditautkan backlink.

4. Moz Link Explorer

Moz Link Explorer merupakan tool pengecek backlink yang bisa membantu membangun profil backlink sebuah website.

Tool ini akan menampilkan gambaran dan informasi mengenai inbound link, authority dari web page yang memberikan link, anchor text yang digunakan,juga spam score.

Moz Link Explorer bisa digunakan untuk beberapa macam kebutuhan, diantaranya adalah mencari link potensial, memantau link dari website kompetitor, memperbaiki broken link pada sebuah website, dan lainnya.

5. SEMrush 

SEMrush adalah tool yang bisa mengecek backlink yang bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan pengguna.

SEMrush bisa melakukan analisis backlink berupa mengecek domain yang didapatkan di website, melihat doamin authority dari website lain yang menautkan linknya.

Juga bisa mengetahui anchor text yang digunakan, dan bisa mengetahui dari lokasi mana tautan link tersebut.

6. Google Search Console 

Google Search Console merupakan tool backlink yang bisa dipakai secara gratis untuk mengetahui website mana saya yang menautkan backlink di website pengguna.

Pengguna juga bisa mengetahui informasi seperti halaman website mana yang paling banyak menerima backlink dan website mana saja yang paling banyak memberikan link ke website yang dimiliki pengguna.

7. MOZ

MOZ Link Explorer merupakan tool yang bisa digunakan untuk melihat backlink dengan kecepatan hanya beberapa detik saja.

Para pengguna bisa menghemat waktu karena bisa mendapatkan data dengan proses yang sangat efisien.

Cara untuk mengecek jumlah backlink di website MOZ terbilang sangat mudah, pengguna hanya perlu memasukkan link website ke kolom yang tersedia.

Kemudian MOZ akan memberikan informasi dan data tentang backlink yang bertaut dengan situs yang dimiliki.

8. Ubersuggest 

Ubersuggest adalah tool yang bisa di diakses dengan gratis dan bisa membantu mengetahui website apa saja yang menautkan backlink ke website para pengguna.

Ubersuggets bisa memberikan banyak informasi terkait domain score, referring doamin, anchor text, tipe link, page score, jumlah follow link, dan jumlah backlink yang didapatkan di sebuah page.

Jenis-jenis Backlink

  • Backlink Contextual

Para pengguna bisa mendapatkan backlink dari situs-situs seperti kompasiana, kaskus, quora, dan medium dengan cara mencantumkan link artikel sebagai referensi di website user generate content.

  • Backlink Profile

Backlink profile bisa digunakan untuk mendapatkan traffic dari akun-akun yang mengunjungi website yang dikelola pengguna.

Backlink ini sangat penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung website di mata google.

  • Backlink Comment

Saat melakukan pencarian artikel di google seseorang mungkin sering melihat kolom komentar dalam sebuah artikel.

Gambaran tersebut adalah salah satu jenis backlink untuk menarik kunjungan para pengguna lain karena artikel yang disisipkan komentar memperlihatkan aktivitas yang hidup dan dua arah.

  • Backlink Blogroll

Blogroll merupakan sebuah jenis backlink yang dirasa mempunyai kegunaan yang sangat efektif, para pengguna bisa bertukar backlink kepada sesama pengguna website.

Cara penggunaanya juga terbilang cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan link halaman website yang sudah di list pada bagian side bar.

  • Backlink Social Bookmark

backlink jenis ini masih cukup berguna dipakai hingga saat ini, cara kerja backlink jenis ini adalah dengan mengandalkan social bookmarking.

Pengguna hanya perlu menyimpan link artikel di website seperti situs reddit, pinterest, dan Dig.

  • Backlink Social Media

Backlink menggunakan kekuatan sosial media pada saat ini adalah salah satu cara backlink yang paling powerfull, apalagi jika postingan yang dibuat di website banyak dibagikan melalui laman-laman media sosial.

Artikel yang banyak dibagikan melalui media sosial akan menemukan pasar yang lebih luas serta mendapat ranking yang baik pula di pencarian google.

  • Backlink Document Sharing

backlink Document sharing ini sering dijumpai ketika sedang mendownload dokumen-dokumen yang disimpan pada website penyimpanan dokumen.

Contoh website penyimpanan dokumen diantaranya adalah Google Drive, One Drive ataupun website penyimpanan dokumen lainnya.

  • Backlink Footer

Footer pada sebuah website adalah bagian paling bawah di halaman sebuah website yang biasanya menampilkan informasi kontak dan link-link utama website tersebut.

Backlink footer bisa dimanfaatkan untuk memudahkan para pengguna mendapatkan informasi di website yang sedang dikunjungi.

Penjelasan diatas merupakan ulasan dari cara-cara untuk mengecek backlink di website lengkap dengan rekomendasi tools yang bisa digunakan, dan jenis-jenis backlink yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna website.

You may also like