11 Cara Format Flashdisk di Mac Paling Mudah

Ada beberapa alasan yang mungkin membuat seseorang meformat flash disk yang dimilikinya. Seringkali alasan – alasan yang membuat orang memformat flashdisk ataupun media penyimpanan portable lainnya merupakan permasalahan- permasalahan yang menghambat pekerjaan mereka. Seperti jumlah kapasitas memory yang terlihat tidaklah sebanyak kapasitas biasanya, permasalahan akibat kerusakan infeksi virus maupun permasalahan permasalahan lainnya. Untuk kali ini kita akan membahas cara format flash disk di MAC yang dapat dilakkan dengan mudah

ads

Pada pembahasan kali ini metode untuk cara format flashdisk di MAC yang akan kita bahas juga dapat merujuk pada penyebab flashdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya. Hal ini karena tanpa disadari bagi sebagian orang penggunaan flashdisk di MAC bila anda tidak menggunakan format flashdisk yang tepat akan membuat flashdisk tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Alasan Kenapa Harus Format Flashdisk

Setiap jenis – jenis sistem operasi komputer umumnya memiliki jenis sistem file yang berbeda -beda. Sebagian besar Harddisk eksternal maupun Flash Disk yang tersedia di pasaran umumnya tersedia dalam dua jenis sistem file yakni FAT32 atau NTFS. Format yang pertama adalah FAT32, dapat digunakan dengan baik dan kompatibel dengan Mac OSX. Berbeda dengan FAT32 jenis flash disk yang memilki format NTFS yang mana merupakan jenis sistem file default yang umumnya digunakan untuk Windows, tidak dapat kompatibel dengan MAC OSX.

Apabila anda memiliki flash disk dan tidak mengetahui jenis file sistem yang dimiliki oleh flash disk tersebut, anda bisa mencari tahunya dengan memperhatikan properties yang dimiliki oleh flash disk tersebut.

Jika anda menggunakan MAC perhatikan pada dekstop and dan jalankan app (aplikasi) Disk Utility yan dapat anda temukan di Utility Folder yang ( Yang merupakan aplikasi). Perangkat flash disk anda seharusnya dapat ditemukan disana pada sebagian kolom sebelah kiri, jika anda menemukannya klik tab “Partition” antinya Mac OSX akan menampilkan informasi mengenai jenis flash disk anda temrasuk jenis formatnya saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi Disk Utility yang tersedia di MAC. anda dapat mengganti sistem file yang digunakan oleh flash disk anda. Perlu diingat juga proses pemformatan nantinya selain penggantian jenis file, anda juga akan dapat menghapus semua informasi yang ada didalam flash disk anda, jadi pastikan anda sudah membuat back up copy data – data yang ada didalam harddisk anda. Jika anda telah mengetahui hal tersebut anda tidak perlu untuk menggunakan software format flashdisk tambahan untuk mengganti jenis sistem file anda.

Jenis – Jenis Sistem File yang Umum Digunakan di MAC.

Sebelumnya kita sudah menyinggung sedikit mengenai sistem file yan ada pada media penyimpanan portabel seperti flash disk. Agar dapat melakukan hasil format yang dapat bekerja dengan baik terutama di MAC. Ada baiknya anda mengenali dulu mengenai format -format yang disediakan Disk Utility Tool sehingga anda tidak akan menemui permasalahan – permasalahan dalam penggunaan flash disk anda di masa depan.

  • Mac OS Extended (Journaled), Sistem file default dari Mac OSX

Kelebihan

Jika flash disk anda diformat dengan menggunakan jenis sitem file ini anda akan, flash disk anda akan memiliki kompatibilitas penuh dengan Mac. Dengan menggunakan sistem file ini anda akan mendapat dukungan penuh terhadap hampir seluruh sistem operasi MAC yang tersedia. Anda juga bahkan dapat mengatur OS X sebagai startup drive jika anda mengetahui cara melakukannya. Dengan begitu anda dapat melakukan proses booting MAC melalui flash disk anda. 


Kekurangan

Komputer yang menjalankan sistem operasi Windows atau sistem operasi lainnya sebenarnya bisa membaca file yang disimpan pada flash disk yang memilik sistem file ini. Akan tetapi jenis sistem operasi tersebut tidak dapat menuliskan data ke dalam flash disk ini. Ini berarti anda dapat mentransfer file dari flash disk anda ke komputer dengan sistem operasi berbeda. Akan tetapi anda tidak bsia melakukan hal yang sebaliknya dari komputer sistem operasi berbeda ke flash disk anda.

Jika anda hanya bekerja dengan lingkungan komputer MAC tentun ini bukanlah masalah. Akan tetapi jika anda bekerja dengan lingkungan komputer yang memiliki sistem operasi berbeda maka ada baiknya anda mempertimbangkan jenis format lainnya.

  • MS-DOS(FAT)/FAT32

Kelebihan

MSD-DOS merupakan  nama jenis sistem file yang diberi nama oleh disk Utility untuk jenis sistem file FAT32. Secara keseluruhan FAT32 menawarkan kompatibilitas yang hampir universal dengan semua jenis sistem komputasi yang ada. Sebuah drive yang memiliki format ini dapat melakukan transfer file dengan penuh antara Mac dengan jenis komputer lainnya. Anda juga dapat memindahkan file sistem  dari konsol video games seperti Playstation, Xbox, dan Wii. FAT32 merupakan sistem file yang dapat kita temukan hampir dengan sempurna oleh karena itu kebanyakan jenis flashdisk yang dijual memiliki jenis sistem file ini sebagai format secara default.

Kekurangan

Meskipun berbagai kelebihan yang dimiliki oleh FAT32 terdapat kekurangan yang membuat FAT32 tidak dapat digunakan sebagai sistem file yang sempurna. FAT32 tidak mendukung jenis file sistem yang lebih besar dari 4GB, dan itu adalah kekurangan terbesarnya. Anda juga tidak dapat membuat startup drive untuk Mac dengan menggunakan format ini. Lebih lanjut lagi, FAT32 tidak mendukung fitur OSX Lions Version fitur – yang mana para penggunanya temukan ketika bekerja secara langsung dengan file menggunakan USB flash drive. (Ini merupakan hal yang sebaiknya anda tidak lakukan). Meskipun begitu, kekurangan tersebut tetaplah tidak dapat megnurangi kelebihan yang dimilikinya yakni fitur dukungan FAT32 yang hampir universal, dan jika anda berpikiran tidak akan berurusan dengan file yang lebih besar dari 4GB, ini mungkin adalah pilihan yang tepat.

  • exFAT- Jenis file format yang lebih baru, didukung pada Mac OSX 10.6.5 ke atas

Kelebihan

exFAT memiliki kelebihan yang hampir sama dengan FT32 didalam format disk yang menawarkan kompatiblitas antara Mac dan juga PC. exFAT memiliki kelebihan utama yang dimiliknya bila dibandingkan FAT32, exFAT dapat mendukung file dengan ukuran yang lebih besar dari 4GB, jadi jika and aingin memindahkan file yang berukuran besar antara Mac dengan komputer OS lainnya, anda sebaiknya menggunakan format ini jika anda ingin menggunakan format. Sistem file exFAT didukung pada sistem operasi Mac OS Snow Leopard (10.6.5 atau lebih tinggi), OS X Lion, Windows SP2 atau diatasnya (dengan fitur update untuk dukungan exFAT), Windows Vista SP1 ataudiatasnya, WIndows 7 ke atas.

Kekurangan

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh jenis sistem file dengan format exFAT adalah jenis format ini tidak didukung oleh sistem operasi jenis Mac OSX yang versi lama (versi sebelumnya 10.6.5) atau yang lebih tua dari Windows XP SP2. Jika anda tidak akan berurusan dengan jenis Mac versi lama atau sistem operasi lama. Ini tentunya bukanlah menjadi masalah. Jika anda ingin melakukan transfer file antara Mac dengan peralatan yang bukan komputer, tentu anda haruslah menggunakan format flash disk jenis FAT32. Karena perlengkapan seperti elektronik (kamera, Camcoreder, sistem video game) juga tidak mendukung sistem file exFAT.

Cara Format Flash Disk di MAC

Setelah mengenali beberapa jenis – jenis sistem file yang sering digunakan pada sistem operasi MAC. Saatnya kita membahas cara format flashdisk pada pembahasan berikutnya. Berikut merupakan cara format flashdisk di MAC OS X dengan menggunakan Disk Utility.

  1. Sambungkan flashdisk yang akan anda format pada komputer atau laptop MAC yang anda gunakan.
  2. Pastikan bahwa sebelum anda melanjutkan ke langkah selanjutnya anda sudah membackup data – data penting yang ada didalam flashdisk anda.
  3. Jika telah tersambung buka aplikasi Disk Utility melalui menu Applications> Utilities> Disk Utility.
  4. Jika sudah tebruka, silahkan pilih flashdisk yang hendak anda format.
  5. Dari sana pilih menu erase yang ada pada menu di bagian atas unuk memulai proses pemformatan harddisk.
  6. Jika anda menginginkannya anda dapat memberi nama flash disk anda nantinya sebelum proses pemformatan dimulai.
  7. Setelah itu pilih format sistem file yang sesuai dengan kebutuhan yang akan anda gunakan. Anda dapat merujuk pada penjelasan sebelumnya mengenai sistem file, untku menentukan sistem file yang sesuai kebutuhan anda.
  8. Untuk bagian scheme biarkan seperti pengaturan defaultnya yakni GUID Partition MAP.
  9. Jika sudah selesai silahkan pilih tombol erase utnuk mulai melakukan format harddisk eksternal atau USB flashdisk anda.
  10. Tunggu hingga proses format yang dilakukan selesai. Proses format akan berlangsung sesuai dengan jumlah kapasitas flash disk yang anda miliki mulai dari beberapa detik hingga beberapa menit.
  11. Setelah selesai klik Done Untuk menyelesaikan proses pemformatan.

Jenis – jenis sistem file yang ada pada flash disk juga sebanrnya bisa digunakan pada berbagai jenis – jenis harddisk oleh karena itu penting setidaknya untuk mengenali perbedaan antara beramacam sistem file yang tersedia agar anda dapat memaksimalkan media penyimpanan yang and amiliki.

Perlu diingat kembali bahwa proses pemformatan tidak akan dapat menyelesaikan hampri semua masalah media penyimpanan yang anda miliki . Apabila anda memiliki flash disk yang selalu meminta format, ada baiknya anda mencoba cara memperbaiki flashdisk yang minta format terus untku menyelesaiakn permasalahan tersebut.

Itu tadi pembahasan mengenai cara format flashdisk di MAC. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , ,
Oleh :