3 Cara Shutdown Otomatis Komputer dan Laptop Windows

Pernah ga sih, ketika Anda sedang melakukan aktivitas di komputer atau laptop hingga tengah malam, Anda terkadang lupa untuk mematikannya ketika Anda tertidur, hingga membuat komputer atau laptop Anda menyala semalaman? Bagi Anda mahasiswa yang sering mengerjakan tugasnya ketika tengah malam atau mungkin Anda adalah karyawan yang kebetulan pekerjaannya dibawa ke rumah, hal itu kadang sering terjadi. Hal seperti itu bisa mengakibatkan pemborosan listrik karena listrik yang digunakan oleh komputer atau laptop Anda menjadi terbuang percuma.

ads

Apalagi jika Anda menggunakan laptop, yang sumber dayanya berasal dari baterai. Jika Anda membiarkan laptop Anda menyala semalaman, maka bisa saja laptop Anda akan mati tidak sesuai prosedur. Nah, dampak bahaya mematikan komputer tidak sesuai prosedur adalah cepat rusaknya beberapa komponen penting di dalam laptop atau komputer Anda.

Selain boros listrik, jika kebiasaan buruk ini masih terus dilakukan, bisa berakibat buruk pada komputer atau laptop Anda. Efek komputer tidak pernah dimatikan yang pernah terjadi diantaranya boros listrik, kipas prosesor terus berputar, CPU panas, hingga rawan kotornya komputer Anda.

Mungkin Anda pernah terpikir untuk membuat komputer atau laptop Anda shutdown secara otomatis pada jam-jam tertentu, misalnya pada jam-jam ketika kemungkinan besar akan tertidur ketika mengerjakan tugas di tengah malam. Saat ini, sudah banyak software yang menyediakan fitur auto shutdown. Namun, sebenarnya OS Windows sendiri juga sudah menyematkan fungsi tersebut tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mematikan komputer atau laptop Anda secara otomatis. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar cara shutdown otomatis komputer dan laptop yang terinstal OS Windows. Cara ini adalah salah satu cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar yang dapat dilakukan di semua versi Windows, baik itu Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan 10. Baiklah, tanpa banyak kata-kata, berikut ini kami mulai pembahasannya.

1. Melalui Command Prompt

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat komputer atau laptop Anda bisa shutdown otomatis adalah dengan menggunakan software bawaan OS Windows, yaitu Command Prompt atau biasa disebut juga CMD. Salah satu fungsi Command Prompt adalah untuk memberikan perintah yang tidak bisa dilakukan pada tampilan GUI (Graphical User Interface). Nah, bagaimana sih caranya?

Pertama, buka jendela Command Prompt. Untuk membukanya, ada berbagai cara, diantaranya:

  • Buka Start Menu, lalu pilih All Programs > Accessories > Command Prompt.
  • Buka Start Menu, ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), lalu pilih hasil pencarian yang muncul. Cara ini khusus untuk Windows 7 dan Vista.
  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Lalu, ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter pada keyboard.
  • Tekan tombol Windows + C pada keyboard untuk membuka bilah pencarian. Lalu ketik “cmd” (tanpa tanda kutip). Pilih Command Prompt yang muncul pada hasil pencarian. Cara ini khusus untuk Windows 8 dan 8.1.

Oh iya, Anda bisa membuka Command Prompt dengan atau tanpa “Run as Administrator”. Selanjutnya, pada jendela Command Prompt, ketik “shutdown /s /t 300”, lalu tekan Enter pada keyboard.

Nah, perintah yang Anda ketik pada jendela Command Prompt tersebut memiliki arti tersendiri. Perintah “/s”, adalah perintah untuk melakukan shutdown pada sistem Windows. Perintah “/t” adalah perintah kepada sistem untuk melakukan shutdown setelah mencapai durasi waktu tertentu. Angka “300” adalah waktu yang dihitung dalam satuan detik. Pada contoh perintah di atas, artinya komputer akan shutdown secara otomatis dalam waktu 5 menit (60 detik x 5 = 300 detik). Angka ini bersifat variabel, artinya Anda bisa mengubahnya sesuka hati. Setelah perintah di-enter, maka sistem Windows akan menjadwalkan sign out Anda.

2. Melalui Task Scheduler

Cara kedua untuk mematikan komputer dan laptop secara otomatis adalah mengaturnya melalui Task Scheduler. Bagaimana caranya?

  • Buka jendela ‘Task Scheduler”. Gunakan fitur “Search” pada OS Windows untuk mencarinya.
  • Pada bagian sebelah kanan, klik “Create Basic Task”.
  • Pada saat jendela Wizard terbuka, isilah kolom name dengan nama “Shutdown”. Kemudian pilih Next untuk melanjutkan.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan kapan task tersebut dijadwalkan. Misalnya, pilih “One Time” jika Anda hanya ingin membuat task auto shutdown ini hanya untuk sekali saja.
  • Lalu, tentukan tanggal dan jam yang akan dijadwalkan untuk melakukan shutdown pada sistem komputer atau laptp Anda. Aturlah sesuai dengan keinginan Anda. Setelah pengaturan selesai, pilih Next untuk melanjutkan.
  • Untuk menjalankan jadwal shutdown sekarang, pilih “Start a program” dan pilih Next.
  • Untuk mencari program apa yang akan dijalankan, klik “Browse”, lalu temukan program Shutdown (shutdown.exe) yang terletak di direktori “C:\Windows\System32”. Jika Anda sudah menemukannya, klik Open.
  • Kemudian pada bagian “Add agruments”, ketik “/s” yang fungsinya sebagai parameter dari program shutdown. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Langkah terakhir, akan muncul informasi task yang baru saja Anda buat. Mulai dari nama, deskripsi, kapan program tersebut akan dilakukan dan program apa yang akan dijalankan. Klik Finish untuk menutup jendela Wizard.

3. Membuat Berkas BAT

Kedua cara yang telah kami bahas di atas sebetulnya sudah cukup untuk membuat komputer atau laptop Anda dapat melakukan shutdown secara otomatis. Namun, jika Anda ingin membuat cara shutdown otomatis yang “antimainstream”, Anda dapat membuatnya melalui berkas berekstensi BAT. BAT adalah ekstensi untuk membuka program berbasis batch pada Windows yang hanya bisa dieksekusi oleh sistem Windows saja.

Untuk membuat berkas BAT shutdown otomatis, bukalah Notepad melalui Start > All Programs > Accessories > Notepad”. Anda bisa mengakses Notepad dengan cara mengetik “notepad” (tanpa tanda petik) pada kolom pencarian yang terdapat pada Start Menu dan selanjutnya tekan tombol Enter pada keyboard.

Pada jendela Notepad yang terbuka, salinlah kode berikut:

@echo off
:W
if %time%==00:00:00.00 goto :X
goto :W
:X
shutdown.exe /s /f /t 60 /c “Tidur!!!!!!”

Setiap perintah yang terdapat pada kode di atas memiliki arti tersendiri. Kode ini akan memerintahkan komputer untuk terus mengecek jam untuk melihat apakah sudah tengah malam. Jika sudah tengah malam, komputer akan dimatikan dengan pesan “Tidur!!!!”

Nah, Anda bisa mengubah bagian “if %time%==” sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Ingat, pengaturannya harus dengan format: HH:MM:SS.MS dan dalam format 24 jam agar berkas BAT yang Anda buat bisa dijalankan.

Jika kode sudah dibuat, maka selanjutnya pilih File > Save As atau tekan tombol Ctrl + S pada keyboard. Ubahlah opsi “Save as type” menjadi “All Files”. Lalu ketik nama dari berkas BAT yang baru saja Anda buat. Contohnya, Anda memberi nama “timer.bat” ke dalam kolom isian file name. Jika sudah, klik “Save”.


Untuk mengeksekusi berkas BAT, lakukan double click pada berkas. Sebuah layar “command prompt” akan muncul. Biarkan jendela ini terbuka sembari Anda melakukan pekerjaan. Anggap saja, layar tersebut seperti “billing” pada komputer warnet hehehe

Saat waktu yang Anda tentukan sudah tiba, komputer atau laptop Anda akan menampilkan pesan selama satu menit kemudian komputer Anda akan dimatikan secara otomatis.

Membatalkan Shutdown Otomatis

Nah, tadi kan Anda sudah dipandu untuk membuat komputer atau laptop Anda bisa shutdown secara otomatis. Namun, bisa saja Anda akan mengalami saat dimana tugas yang dikerjakan belum selesai, namun waktu sudah mepet menuju jam “tidur” komputer atau laptop Anda. Jika Anda ingin membatalkan proses shutdown, tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik “shutdown -a” (tanpa tanda petik) di dalam jendela yang muncul dan tekan tombol Enter pada keyboard. Sebuah jendela “Command Prompt” akan muncul lalu menghilang dengan sendirinya. Sebuah balon pesan di sisi kanan layar yang memberitahukan bahwa proses shutdown telah dibatalkan juga akan muncul.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara shutdown otomatis komputer atau laptop pada OS Windows. Semoga artikel kami kali ini bermanfaat bagi Anda.

 

, ,
Oleh :