6 Software Format Flashdisk Paling Ringan

Flashdisk adalah salah satu jenis perangkat penyimpanan data yang mungkin dewasa ini telah menjadi salah satu perangkat penyimpanan data paling sering digunakan oleh orang Indonesia. Selain karena harganya yang relatif semakin murah, flashdisk juga banyak digunakan karena fleksiblitas yang dimilikinya. Kita tidak perlu membawa perangkat yang berat hanya untuk menyimpan data. Oleh karena itulah flashdisk sangat digemari oleh banyak orang.

ads

Melihat betapa pentingnya flashdisk bagi hampir semua orang termasuk dirimu, maka kita harus mengetahui apa saja software format flashdisk yang bisa kita gunakan untuk memformat flashdisk yang kita miliki. Mengapa harus demikian? Hal itu kita lakukan karena kita perlu mempersiapkan flashdisk terlebih dahulu sebelum kita menggunakannya. Oleh karena itulah, mengetahui bagaimana cara memformat flashdisk yang benar dengan software format flashdisk yang baik tentu saja sangat kita butuhkan, selain juga mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya termasuk ketika minta diformat.

Apakah kamu sudah mengetahui apa saja software format flashdisk yang bagus? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka kamu harus membaca artikel yang satu ini sampai tuntas. Mengapa demikian? Karena dengan membaca artikel dari DosenIT yang satu ini, kamu pasti akan mengetahui apa saja software format flashdisk yang tepat untukmu.

Jadi, apa saja software format flashdisk yang bisa kamu gunakan untuk memformat flashdiskmu? Bagaimana cara menggunakannya dan dari mana kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut? Tanpa memperlama lagi, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. HP USB Disk Storage Format Tool

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk memformat flashdisk yang kamu miliki adalah software yang bernama HP USB Disk Storage Format Tool. Aplikasi yang satu ini dibuat oleh salah satu perusahaan teknologi terkenal yang bernama HP atau Hewlett Packard. Meskipun dibuat oleh Hewlett Packard (HP), akan tetapi aplikasi format flashdisk yang satu ini bisa kamu gunakan untuk hampir semua jenis dan merek flashdisk yang mungkin kamu temui. Dengan kata lain, aplikasi ini tidak hanya berlaku untuk flashdisk yang berasal dari HP saja.

Apabila kamu tidak berhasil memformat flashdisk yang kamu punyai dengan aplikasi Windows Explorer atau aplikasi format bawaan Windows, maka kamu bisa menggunakan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool. Aplikasi ini memang dikenal bisa melakukan format pada USB yang mengalami permasalahan apabila diformat dengan cara biasa. Jangan lupa kamu juga bisa menerapkan cara membuat flashdisk kebal virus dengan CMD untuk melindungi flashdiskmu lebih lanjut setelah diformat dengan aplikasi ini.

Keunggulan lain dari aplikasi yang satu ini, selain kamu bisa melakukan format pada flashdisk yang kamu miliki, kamu juga bisa menghapus secara sempurna pada bagian kosong flashdisk yang kamu miliki. Dengan demikian data-data yang sebelumnya terhapus tidak akan bisa direcovery lagi. Kesimpulannya, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang wajib kamu coba untuk mengatasi masalah format pada flashdisk yang kamu miliki. Downloadnya dari mana? Kamu hanya perlu googling aplikasi ini kok, pasti akan keluar dan bisa kamu download dengan mudah.

2. HDD Low Level Format Tool

Aplikasi format flashdisk berikutnya adalah aplikasi yang bernama HDD Low Level Format Tool. Dari namanya, sekilas terlihat bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk memformat hardisk. Walaupun demikian, sebenarnya kamu juga bisa menggunakannya untuk memformat flashdisk yang kamu miliki lho. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memformat SD Card atau kartu memori yang bisa kamu pakai di telepon genggam yang kamu miliki. Tentu saja, seperti namanya, kamu juga bisa memformat hardisk yang berpartisi rendah dengan aplikasi yang satu ini.


Aplikasi HDD Low level Format Tool akan membantu kita dalam membuat flashdisk menjadi seperti baru lagi dengan cara melakukan format sekaligus menghapus data secara permanen, menyembunyikan bad sector dan juga corrupted sector yang terdapat pada flashdiskmu. Dengan demikian kamu bisa me-refresh flashdiskmu jadi seperti baru kembali. Akan tetapi kamu juga harus menyadari bahwa melakukan hal tersebut juga bisa membuat umur flashdisk menjadi lebih pendek, oleh karena itulah ada baiknya apabila kamu tetap melakukan format partisi pada flashdiskmu seperti biasanya alias sekedar format tanpa melakukan tindakan lainnya. Kamu juga bisa menerapkan cara membuat flashdisk menjadi antivirus setelah melakukan format.

3. FAT32Format GUI

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan format pada flashdisk yang kamu miliki adalah FAT32Format GUI. Dengan aplikasi yang satu ini, maka kamu bisa mengatasi berbagai macam masalah format flashdisk yang mengalami masalah sebagai alternatif atas dua aplikasi di atas.

Aplikasi FAT32Format GUI adalah salah satu aplikasi format flashdisk yang akan melakukan format flashdisk menjadi memiliki partisi dengan jenis partisi FAT32. Dengan cara ini, aplikasi yang satu ni bisa membantumu mengatasi berbagai macam masalah format flashdisk yang tidak bisa diselesaikan dengan cara konvensional. Oleh karena itulah aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi format flashdisk yang cukup direkomendasikan, khususnya apabila kamu menggunakan aplikasi ini untuk melakukan format pada flashdisk yang memiliki jenis partisi FAT32. Apabila kecepatan transfer data menjadi lambat, jangan lupa untuk menerapkan cara mempercepat transfer data flashdisk.

4. USB Disk Storage Format Tool

Selain beberapa aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama USB Disk Storage Format Tool. Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil, akan tetapi memiliki fungsi yang cukup banyak dan bisa membantumu dalam melakukan format, melakukan quick format, menghapus data dan ruang di flashdisk yang tidak bisa dihapus oleh cara format konvensional secara permanen, memperbaiki partisi, menemukan error atau bad sector dan memperbaikinya sebelum format, bahkan menghapus track dari serangan malware apabila terdeteksi malware pada flashdiskmu.

Sangat ampuh sekali bukan? Tidak hanya itu, software format flashdisk yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan format flashdisk dengan partisi FAT32 dengan kapasitas di atas 32 GB.

5. Martik USB Disk Formatter

Software format flashdisk berikutnya yang berukuran kecil tetapi powerful adalah sebuah software yang bernama Martik USB Disk Formatter. Aplikasi yang satu ini selain berukuran kecil, juga sangat memiliki kemampuan yang banyak. Aplikasi ini gratis dan bisa kamu dapatkan dari googling lalu kamu tinggal download aplikasi yang berukuran tidak lebih dari 100KB ini.

Dengan ukuran sekecil itu, aplikasi ini bisa melakukan format flashdiskmu dengan cara yang cepat dan mudah walaupun tidak memiliki kompleksitas seperti layaknya aplikasi-aplikasi di atas.

6. Any DRIVE Formatter

Salah satu aplikasi format flashdisk lainnya yang bisa kamu coba adalah sebuah aplikasi yang bernama Any Drive Formatter. Aplikasi yang satu ini bisa membantumu melakukan format pada flashdisk ketika format default Windows tidak bisa melakukukan format pada flashdisk yang kamu miliki. Jangan lupa pula untuk membaca cara menghilangkan virus autorun supaya kamu bisa melindungi flashdiskmu dari virus autorun.

Dengan aplikasi ini, komputermu bisa mendeteksi flashdisk dengan mudah kemudian kamu bisa melakukan format dengan mudah pula, Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa aplikasi yang satu ini bisa berjalan setelah sebelumnya kamu menginstall Microsoft .NET Framework 2.0.

Itulah beberapa macam software format flashdisk yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah format flashdisk yang kamu butuhkan. Selamat mencoba dan menggunakan aplikasi di atas ya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Software