4 Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format Tanpa Software Wajib Diketahui

Flashdisk adalah salah satu jenis media penyimpanan data yang sering kali menjadi salah satu media penyimpanan data unggulan bagi banyak orang. Karena kemudahan dalam penyimpanan serta karena harganya yang relatif terjangkau, flashdisk banyak dimiliki oleh hampir semua orang yang perlu berurusan dengan laptop seperti para pekerja kantoran, anak sekolah, mahasiswa dan lain sebagainya. Oleh karena itulah kita semua harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki flashdisk minta format tanpa software agar kita bisa mengatasi masalah flashdisk yang minta diformat dengan mudah tanpa harus menginstall berbagai macam aplikasi yang bisa menambah beban memori di laptopmu. Salah satunya adalah mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya termasuk ketika minta diformat.

ads

Memangnya bagaimana saja cara memperbaiki flahsidk minta format tanpa software yang bisa kamu lakukan? Langkah mana yang paling tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah flashdiskmu yang minta format tersebut? Biar kamu tidak penasaran lagi, berikut ini adalah beberapa cara di antaranya.

1. Melakukan Low Level Format

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa software adalah dengan menggunakan atau melakukan low level format melalui Computer Management. Untuk melakukan hal ini, kamu perlu membuka terlebih dahulu aplikasi computer management. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengklik start menu pada Windows, kemudian carilah menu atau aplikasi run (bisa dilakukan dengan cara Win+R).

Di jendela run yang muncul, ketiklah compmgmt.msc, kemudian tekan enter. Langkah ini akan membuka aplikasi Computer Management. Pada jendela aplikasi Computer Management, kamu bisa mencari drive flashdiskmu (sebelumnya harus ditancapkan terlebih dahulu) kemudian kamu bisa memilih untuk memformat flashdisk tersebut. Formatlah dengan file jenis FAT32. Tunggulah agar proses format berjalan dengan sempurna. Setelah progres format selesai, cobalah untuk mengeluarkan flashdiskmu kemudian masukkan kembali ke komputermu untuk melihat apakah flashdisk yang kamu miliki masih meminta format atau tidak. Apabila tidak muncul jendela yang meminta format ulang, maka selamat! Kamu telah berhasil mengatasi masalah flashdisk minta format dengan melakukan low-level format. Akan tetapi, apabila belum berhasil, kamu bisa melakukan beberapa langkah lain di bawah ini.

2. Format flashdisk melalui CMD

Alternatif cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah flashdisk yang meminta format adalah dengan cara menggunakan CMD. Aplikasi “terminal” Windows ini bisa kamu gunakan untuk berbagai hal, termasuk salah satunya adalah menggunakan aplikasi ini untuk memformat flashdisk yang kamu miliki. Buat kamu yang ingin mencoba melakukan format melalui CMD, bisa mengikuti berbagai langkah berikut ini.

Pertama, kamu harus menjalankan CMD terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya dengan membuka jendela run (Win+R), kemudian ketiklah “cmd” dan tekan enter. Setelah itu sebuah aplikasi dengan tampilan layar sederhana berlatar belakang hitam akan muncul. Pada jendela command prompt atau CMD yang muncul, ketiklah perintah “format [nama drive flashdisk]”. Kamu harus menyesuaikan nama drive flashdisk sesuai dengan nama drive flashdiskmu yang muncul di laptopmu. Jadi, misalnya drive flashdiskmu memiliki nama drive “H:”, kamu harus mengetik perintah “format H:”.

Setelah melakukan atau menjalankan perintah format di atas, tunggulah hingga proses format berjalan hingga selesai. Setelah itu, coba keluarkan dan masukkan kembali flashdisk yang kamu miliki. Jangan lupa kamu juga bisa menerapkan cara membuat flashdisk kebal virus dengan CMD untuk melindungi flashdiskmu.


3. Format flashdisk melalui CMD Versi Ke-2

Langkah beriut ini masih memanfaatkan aplikasi CMD untuk melakukan format pada flashdiskmu yang bermasalah. Akan tetapi, langkah yang dilakukan sedikit berbeda dengan apa yang kita lakukan pada langkah nomor dua di atas. Pada langkah yang satu ini, kita akan memanfaatkan perintah check disk atau chkdsk untuk melakukan format pada flashdisk yang kamu miliki. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memformat flashdisk menggunakan aplikasi CMD dengan perintah chkdsk.

Pertama kamu harus membuka aplikasi command prompt dengan shortcut (Win+R) yang akan membuka jendela run. Pada jendela tersebut, kamu bisa mengetik “chkdsk [nama drive flashdisk]/R”. Gantilah nama drive dengan nama drive yang sesuai dengan nama drive flashdisk yang kamu miliki. Setelah itu kamu bisa menunggu hingga proses repair berlangsung.

Selain perintah di atas, kamu juga bisa mencoba perintah “chkdsk [nama drive flashdisk]/F” untuk melakukan format secara langsung pada flashdisk yang kamu miliki tanpa melakukan repair. Dengan kata lain, kamu telah mengasumsikan bahwa masalah format flashdiskmu tersebut disebabkan karena flashdisk yang belum diformat. Kamu juga bisa menerapkan cara membuat flashdisk menjadi antivirus untuk memperkuat perlindungan flashdisk yang kamu miliki agar tidak mudah error dan minta format khususnya karena virus.

4. Mengganti perangkat USB atau mencoba kembali memasukkan flashdisk

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah flashdisk yang meminta untuk diformat ketika dimasukkan ke dalam komputer adalah dengan cara mengeluarkan dan memasukkan kembali flashdisk ke dalam slot USB yang dimiliki oleh laptop atau komputermu. Hal ini bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara mengatasi masalah flashdisk yang meminta diformat terutama karena flashdisk tersebut mengalami kekurangan daya untuk bisa dijalankan sehingga pesan yang muncul dari komputer adalah meminta untuk diformat ulang.

Selain langkah di atas, kamu juga bisa mencoba untuk mengganti perangkat USB yang dimiliki oleh laptop atau komputermu, karena salah satu hal yang bisa menyebabkan flashdisk meminta diformat ulang adalah apabila perangkat USB mengalami kerusakan, dan salah satu kerusakan tersebut bisa terjadi pada perangkat USB hub yang dimiliki oleh laptopmu. Oleh karena itulah ada baiknya apabila kamu mencoba untuk mengganti perangkat tersebut untuk memastikan apakah perangkat USB laptop atau komputermu rusak atau tidak. Jangan lupa bahwa hal ini juga bisa digunakan sebagai cara mempercepat transfer data flashdisk.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk minta format tanpa software yang bisa kamu lakukan. Dari beberapa cara di atas, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya cara untuk mengatasi flashdisk yang minta software adalah dengan melakukan format ulang, mengeluarkan dan memasukkan kembali flashdisk ke slot USB laptop atau komputer, dan juga mengganti perangkat USB hub pada komputer atau laptop yang kamu miliki. Dengan berbagai cara di atas maka kita bisa mengatasi masalah flashdisk yang minta laptop tanpa perlu menggunakan software.

Semoga dengan beberapa pembahasan mengenai cara memperbaiki flashdisk minta format tanpa software di atas bisa membantumu dalam mengatasi masalah flashdismu. Tentunya beberapa cara di atas tidak menjamin bahwa kamu benar-benar bisa memperbaiki flashdiskmu yang error dan minta format, karena bisa saja masalah tersebut disebabkan karena kerusakan perangkat keras yang dimiliki oleh flashdiskmu, sehingga mau tidak mau kamu harus menggantinya. Jangan lupa pula untuk membaca cara menghilangkan virus autorun supaya kamu bisa melindungi flashdiskmu dari virus autorun.

Semoga langkah-langkah di atas bisa membantumu, selamat memperbaiki flashdiskmu!

, , ,
Oleh :
Kategori : Software