6 Cara Mengecek Spesifikasi Komputer Mudah Dilakukan

Mengetahui spesifikasi komputer yang kamu miliki adalah salah satu hal yang akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kita. Mulai dari mengetahui batasan kemampuan komputasi yang dimiliki oleh komputermu, mengetahui apa saja aplikasi yang bisa dan tidak bisa dijalankan di komputermu, dan berbagai macam manfaat lainnya. Oleh karena itulah, kita semua sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengecek spesifikasi komputer yang kita miliki secara mandiri, tanpa harus meminta tolong ke orang lain untuk memeriksakan spesifikasi komputer yang kita miliki.

ads

Lantas, apakah kamu telah mengetahui bagaimana saja cara yang bisa dilakukan untuk mengecek spesifikasi komputer yang kamu miliki? Apakah kamu sudah bisa menerapkannya, atau kamu malah belum mengetahuinya cara melihat spesifikasi komputer? Memangnya bagaimana saja cara mengecek spesifikasi komputer yang bisa kita gunakan sih? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya apabila kamu membaca artikel ini sampai tuntas. Dengan demikian kamu bisa mengetahui bagaimana saja cara yang bisa dilakukan untuk mengecek spesifikasi komputer yang kita miliki.

Adapun beberapa cara mengecek spesifikasi komputer yang kita miliki, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Menggunakan CPU-Z

CPU-Z adalah salah satu jenis aplikasi yang bisa berjalan di Windows untuk mengecek spesifikasi perangkat komputer yang kamu miliki. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sudah sangat terkenal untuk mengecek spesifikasi komputer yang kamu miliki. Selain itu, instalasi yang mudah dan ukuran file yang cukup kecil membuat aplikasi yang satu ini sangat cocok apabila digunakan untuk mengecek spesifikasi komputer yang kamu miliki. Tentunya kamu harus menginstall dan mendownloadnya terlebih dahulu apabila kamu ingin memakainya.

Setelah kamu mendownload dan menginstall aplikasi ini, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan aplikasi CPU-Z dari desktop ataupun dari start-up Windowsmu. Setelah kamu menjalankannya, maka aplikasi CPU-Z akan langsung mendeteksi dan menyampaikan informasi mengenai perangkat keras yang terinstall di komputermu meliputi CPU, RAM, dan berbagai macam informasi penting lainnya. Hanya dengan menggunakan CPU-Z saja, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dan bisa mengetahui dengan mudah berbagai informasi penting mengenai komputer yang kamu miliki. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara agar komputer tidak lemot dengan mengganti perangat tertentu yang tidak tepat.

2. Menggunakan terminal

Terminal adalah salah satu aplikasi bawaan yang dimiliki oleh GNU/Linux pada berbagai macam distro yang ada. Aplikasi ini sangat bermanfaat karena kamu bisa melakukan berbagai macam hal penting, termasuk mengecek spesifikasi perangkat komputer yang kamu miliki. Untuk melakukannya, kamu juga hanya perlu melakukan input perintah yang cukup sederhana agar kamu bisa mengetahui informasi penting mengenai spesifikasi perangkat yang kamu miliki.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengetikkan perintah sudo lshw. Dengan menggunakan perintah ini, maka kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat lengkap mulai dari CPU (dengan segala aspek informasi yang melingkupinya), sampai dengan perangkat USB apa saja yang terhubung ke perangkat komputermu saat itu. Perlu diketahui bahwa perintah di atas mensyaratkanmu untuk mengisi password administrator komputermu agar kamu bisa menjalankan perintah tersebut dengan lancar.


3. Menggunakan DXDIAG

Selain menggunakan CPU-Z, aplikasi lain yang juga bisa digunakan untuk menampilkan informasi penting komputermu pada sistem operasi Windows adalah dengan menggunakan DXDIAG. DXDIAG adalah salah satu aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengecek informasi penting mengenai sistem Windows, utamanya pada bagian mengenai DirectX. Walaupun demikian, aplikasi ini juga akan menampilkan berbagai macam informasi lainnya meliputi berbagai macam perangkat keras apa saja yang kamu miliki dan spesifikasi detailnya.

Untuk menjalankan DXDIAG, kamu hanya perlu menjalankannya dengan cara mengetik ‘dxdiag’ di kotak Search pada start menu. Atau apabila kamu ingin menjalankan opsi yang lain, kamu juga bisa melakukannya dengan cara mengetik ‘dxdiag’ pada kotak dialog run yang bisa kamu jalankan sebelumnya dengan cara memencet tombol Windows dan R. Setelah aplikasi ini dibuka, komputer akan memproses apa saja perangkat keras yang terhubung pada komputermu dan akan menampilkan berbagai informasi seputar perangkat keras tersebut. Meliputi misalnya jenis processor AMD atau jenis processor Intel yang digunakan.

4. Menggunakan system properties

Selain dengan cara-cara di atas, cara lain yang bisa digunakan sebagai cara mengecek spesifikasi komputermu adalah dengan memanfaatkan aplikasi system properties. Aplikasi ini bisa dijalankan dengan cara mengklik kanan pada bagian Computer di sistem operasi Windows yang kamu miliki. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu agar dialog system properties muncul dan setelah itu kamu bisa mendapatkan beberapa informasi ringkas mengenai perangkat keras yang terhubung ke komputermu.

Kamu bisa memanfaatkan system properties untuk mencari tahu informasi ringkas mengenai perangkat keras komputermu, akan tetapi kamu perlu menggunakan cara yang lain apabila kamu ingin melihat perangkat input dan output komputer yang kamu miliki lebih detail lagi.

5. Menggunakan Advanced SystemCare

Advanced SystemCare adalah salah satu aplikasi serbaguna yang bisa berjalan di sistem operasi Windows dan bisa melakukan berbagai pekerjaan untuk membantu merawat komputermu. Salah satu fitur yang tersedia adalah memberikan detail informasi yang sangat lengkap mengenai sistem komputermu dengan memanfaatkan aplikasi System Info yang merupakan salah satu sub-aplikasi yang dimiliki oleh Advanced SystemCare.

Dengan memanfaatkan sub-aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk mengetahui berbagai macam informasi penting mengenai sistem komputer yang kamu jalankan, meliputi informasi mengenai CPU yang kamu miliki, VGA, Ram dan berbagai macam perangkat keras lainnya. Cara mengecek spesifikasi komputer dengan Advanced SystemCare memang membutuhkan waktu dan juga perlu mendownload file dengan cukup besar, akan tetapi kamu juga akan mendapatkan berbagai macam utilitas yang berguna untuk mengelola komputer yang kamu miliki.

6. Menggunakan TuneUp Utilites

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai spesifikasi komputer yang kamu miliki adalah dengan memanfaatkan aplikasi TunUp Utilites. Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan layaknya Advanced SystemCare. Sebagaimana Advanced SystemCare, TuneUp juga memiliki sub-aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi komputer yang kamu miliki.

Untuk menjalankannya, kamu hanya perlu menjalankan TuneUp dan memiliki pada aplikasi System Information (atau yang sejenisnya), dan setelah itu kamu hanya perlu menunggu sampai aplikasi tersebut keluar dan menampilkan berbagai informasi mengenai komputermu. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa memperbaiki fungsi touchpad apabila ada masalah software.

Itulah berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui spesifikasi komputer yang kamu miliki. Tentunya cara-cara di atas bisa kamu pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Dengan demikian kamu bisa mengetahui spesifikasi komputermu dengan mudah dan cepat. Tentunya kamu tidak perlu menjalankan semuanya sekaligus.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Selamat melihat spesifikasi komputer yang kamu miliki!

, , ,