5 Cara Menghapus Virus Autorun Secara Permanen Paling Mudah

Virus autorun adalah salah satu jenis virus yang paling sering menginfeksi atau menyerang berbagai komputer dan flashdisk. Virus yang satu ini biasanya akan membuat folder menjadi terhidden, muncul berbagai shortcut di flashdisk yang tidak jelas, menginfeksi begitu flashdisk dimasukkan dan fitur autorun dijalankan, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, virus yang satu ini cukup mengganggu dan harus dihapus secara permanen.

ads

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara untuk menghapus virus autorun secara permanen? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka beruntung sekali karena dalam kesempatan kali ini akan kita bahas bagaimana cara menghapus virus autorun secara permanen! Dengan demikian, tentunya kamu akan mengetahui bagaimana cara menghapus virus autorun secara permanen dan bisa menerapkannya untuk membasmi virus autorun yang mungkin telah menginfeksi laptop, komputer dan flashdisk yang kamu miliki.

Menghapus Virus Autorun Secara Permanen

Bagaimana saja cara untuk menghapus virus autorun secara permanen dari laptop, komputer ataupun flashdisk yang kamu miliki? Berikut ini adalah beberapa alternatif cara menghilangkan virus autorun yang mungkin bisa kamu coba.

1. Menggunakan beberapa antivirus

Satu antivirus mungkin bisa mengatasi salah satu jenis virus yang memanfaatkan fitur autorun. Akan tetapi, agar kamu bisa memastikan bahwa virus autorun telah terhapus sampai dengan akar-akarnya, maka kamu bisa menginstall berbagai macam aplikasi atau software antivirus/antimalware dan lain sebagainya untuk melakukan scanning terhadap virus yang terdapat pada flashdisk atau laptop dan komputermu.

Walaupun cara ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, dalam arti membutuhkan untuk menginstall aplikasi, mendownload, dan tentunya memakan ruang kosong pada hardisk yang kamu miliki dengan cukup banyak, akan tetapi cara ini bisa menjadi salah satu alternatif apabila kamu benar-benar ingin memastikan kebersihan laptopmu dari berbagai macam virus termasuk virus autorun secara permanen.

Kamu tidak perlu menginstall semua aplikasi antivirus yang ada di internet, cukup pilih sekitar tiga yang paling baik untuk memastikan apakah masih ada virus di laptop atau flashdiskmu atau tidak.

2. Memformat ulang flashdisk

Cara berikutnya tergolong sebagai cara yang simpel tetapi cukup efektif, khususnya apabila virus yang ada di flashdiskmu belum berpindah ke laptop. Dengan kata lain, cara ini merupakan cara yang sangat baik untuk menghapus virus yang hanya menginfeksi flashdisk yang kamu miliki.

Melakukan format ulang flashdisk bisa menghapus file virus yang ada pada flashdisk tersebut secara permanen. Apabila kamu ingin lebih pasti lagi, kamu juga bisa melakukan write empty space pada flashdisk tersebut dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti CCleaner untuk membuat ruang kosong yang ada pada flashdiskmu benar-benar kosong. Dengan kata lain, seluruh data yang ada pada flashdiskmu akan dihapus sampai tuntas termasuk pada tabel partisi yang sebelumnya.


Dengan demikian, cara menghapus virus autorun secara permanen yang satu ini cukup efektif untuk digunakan dalam menghapus virus autorun yang hanya bersemayam di flashdisk saja. Dalam konteks lain, kamu juga bisa melakukan hal yang sama, akan tetapi harus diwaspadai bahwa cara yang satu ini akan membuat seluruh file pada drive yang kamu format akan hilang dan tidak bisa direcover kembali.

3. Membuat flashdisk kebal virus dengan CMD

Cara membuat flashdisk kebal virus dengan CMD telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Akan tetapi, yang perlu kamu perhatikan dalam hal ini adalah bahwa langkah yang satu ini digunakan untuk membuat flashdiskmu kebal dari virus autorun setelah kamu menghapus virus autorun. Dengan demikian, bisa dibilang bahwa cara ini termasuk salah satu cara yang harus kamu lakukan paska menghapus virus autorun sebagai upaya untuk menjamin bahwa virus autorun tidak akan kembali menyerangmu flashdisk yang kamu miliki. Cara menghapus virus dengan CMD juga bisa kamu lakukan sebelum membuat flashdiskmu kebal dari virus.

Sebelumnya kamu juga bisa langsung membuat flashdisk kebal virus meskipun masih ada file-file yang ada di dalam flashdiskmu. Hal ini disebabkan karena untuk membuat flashdisk jadi kebal terhadap virus autorun, kita tidak perlu membuat flashdisk menjadi kosong terlebih dahulu. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa apabila virus telah menginfeksi autorun, maka kamu harus membasmi atau menghapus folder autorun yang telah dibuat oleh virus terlebih dahulu supaya kamu bisa membuat folder baru yang terbebas dari virus. Dengan demikian flashdisk yang kamu miliki bisa menjadi lebih kebal dari berbagai serangan virus yang mungkin dialami. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencoba cara membuat flashdisk menjadi antivirus ya.

4. Menonaktifkan fitur autorun

Untuk membuat flashdisk yang kamu miliki bisa kebal dari virus autorun, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan fitur autorun pada Windows atau pada flashdisk yang kamu miliki. Dengan menonaktifkan fitur autorun, maka virus tidak akan bisa memanfaatkan fitur autorun tersebut untuk menjalankan aksinya. Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah berhasil membuat flashdisk ataupun laptop yang kita miliki kebal dari virus autorun.

Dengan cara ini, kita pun bisa menghapus folder-folder terkait virus autorun secara permanen karena folder tersebut tidak akan langsung terbuka di belakang layar, dan bisa kita edit sebebasnya.

5. Install ulang

Cara yang berikutnya untuk menghapus virus autorun secara permanen adalah dengan cara menginstall ulang sistem operasi yang kamu miliki. Menginstall ulang sistem operasi yang kamu miliki tentu saja membutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, dengan menginstall ulang sistem operasi yang kamu miliki, maka seluruh file-file virus autorun, khususnya yang terdapat pada folder atau drive C: tempatmu menginstall Windowsmu, akan terhapus secara permanen.

Walaupun demikian, perlu disadari bahwa cara yang satu ini tidak akan membuat virus yang terdapat pada drive lain selain drive tempat instalasi Windowsmu akan terhapus. Jadi, virus-virus yang bersemayam pada hardisk, flashdisk, ataupun drive lainnya, harus kamu hapus lagi dengan cara yang lainnya. Baru setelah itu baik laptop ataupun flashdisk yang kamu miliki, bisa terbebas dari virus autorun yang selama ini mengganggumu. Cara yang sama juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghapus virus shortcut lo.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghapus virus autorun secara permanen yang bisa kamu coba untuk menghapus virus autorun yang telah menginfeksi laptop, komputer, ataupun flashdisk yang kamu miliki. Akan tetapi, jangan sampai melupakan bahwa sebaik apapun caramu untuk menghapus virus autorun secara permanen, hal itu tidak akan begitu berarti apabila kamu terus menerus mengalami infeksi virus autorun. Oleh karena itulah, kamu harus melakukan tindakan pencegahan yang tepat supaya virus autorun tidak lagi menyerang laptop atau flashdisk yang kamu miliki. Apabila yang menyerang laptop atau komputermu tidak hanya virus autorun tetapi trojan, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menghapus virus trojan secara manual ya.

Semoga beberapa informasi ringkas di atas bisa membantumu untuk menghapus virus autorun secara permanen ya. Selamat berusaha untuk menghapus virus autorun yang menginfeksi laptopmu!

, , , ,