8 Cara Menghilangkan Malware Iklan Pada Komputer Dan Penyebabnya

Adware, virus iklan atau dikenal juga dengan istilah Malware Iklan merupakan sebuah malware yang menyusupkan iklan – iklan untuk produk – produk komersial tertentu pada perangkat yang diinfeksinya. Adware awalnya merupakan sebuah alat promosi yang digunakan dan juga disediakan oleh beberapa penyedia iklan yang berbasis PPC (Pay per Click) tapi seiring perkembangan jaman Adware perlahan – lahan berubah menjadi sebuah program yang mengganggu dan juga mulai memberikan dampak negatif kepada korbannya. Virus jenis ini dapat juga dibarengi dengan virus spyware ataupun jenis virus lainnya dimana tentu dapat memberikan dampak yang lebih buruk bagi sang korban

ads

Jika komputer telah disusupi oleh virus ini, maka tampilan sebuah iklan pada seluruh halaman yang yang sedang anda buka tidak dapat anda hindari. Ciri – ciri browser kena virus merupakan salah satu tanda yang harus diperhatikan apabila komputer anda mulai memiliki performa yang menurun maupun mulai menjadi tidak nyaman untuk digunakan.

Berikut merupakan beberapa ciri – ciri yang dapat anda lihat pada komputer anda, apabila komputer anda mulai terinfeksi oleh virus.

  1. Sistem operasi yang anda gunakan pada perangkat anda menjadi mulai terasa lebih lambat
  2. Browser yang normalnya dapat berjalan tanpa ada masalah mulai menunjukkan permasalahan seperti error didampingi juga dengan proses browsing internet pada browser yang menjadi lebih lambat.
  3. Banyak plugin tambahan yang dapat muncul secara tiba – tiba.
  4. Ketika anda melakukan pencarian melalaui browser anda, seringkali hasil pencarian yang anda lakukan akan dialihkan ke mesin pencari lainnya, yang tentunya bukan merupakan sistem mesin pencari contoh dari mesin pencari tersebut adalah mysearch, ask dan sebagainya.
  5. Selain munculnya iklan pada berbagai halaman yang anda telusuri pada browser tertentu dapat terjadi munculnya berbagai macam pop up yang berisikan iklan – iklan yang mengganggu kenyamanan anda berinternet.
  6. Banyak plugin tambahan yang muncul tiba – tiba pada browser yang anda gunakan.
  7. Antivirus anda menunjukkan peringatan ketika anda menjalankan browser anda.

Jika salah satu atau beberapa gejala itu ada di komputer anda, kemungkinan komputer anda telah terinfeksi oleh malware. Cara menghapus virus iklan yang menginfeksi suatu komputer khususnya browser tertentu dapat diatasi dengan cara menghapus virus browser.

Penyebab Kemunculan Malware Iklan

Iklan – iklan yang tidak diinginkan ini seringkali muncul akibat tindakan penggunanya yang menginstall aplikasi gratis yang telah disisipkan program adware. Kebanyakan jenis software yang disediakan secara gratis atau yang lebih dikenal dengan istilah freeware memiliki kemungkinan untuk disisipkan program – program tambahan tersembunyi yang ditambahkan untuk memberi penghasilan tambahan bagi pengembang aplikasi tersebut.

Meskipun tidak semua pengembang aplikasi atau software freeware memiliki niatan yang buruk, akan tetapi kebanyakan dari aplikasi jenis ini seringkali akan menyembunyikan pernyataan yang memberitahukan bahwa program aplikasi tersebut akan menginstall program tambahan. Secara tidak langsung hal ini akan membuat anda ikut menginstall aplikasi atau malware tersebut ke komputer yang anda gunakan. Kemungkinan yang dapat terjadi akibat infeksi malware iklan adalah keadaan dimana CPU panas tidak dapat dihindari. Selain itu kehilangan data – data pribadi yang anda miliki pada komputer yang telah terinfeksi juga adalah sesuatu yang harus anda perhatikan.


Cara Menghilangkan Malware Iklan Pada Komputer

Pada pembahasan berikut kita akan membahas mengenai metode – metode yang digunakan untuk menghapus malware iklan pada komputer. Metode – metode yang akan dibahas dapat juga digunakan untuk menghapus jenis malware lainnya dan tidak terbatas hanya dapat digunakan untuk menghilangkan malware iklan. Berikut merupakan cara menghilangkan malware iklan pada komputer.

  • Persiapan sebelum menghapus virus

Jika anda menggunakan Windows dan memilki hambatan dalam mengakses Windows secara normal (karena terlalu lambat atau sering hang), anda bisa mencoba cara alternatifnya dengan cara masuk melalui Safe Mode. Jika komputer anda telah siap digunakan untuk membersihkan malware yang ada pada komputer anda, selanjutnya kita akan membahas cara menghilangkan virus iklan.

  • Menghapus Malware Iklan pada komputer

Berikut merupakan cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan malware iklan. Salah satu software yang dapat anda gunakan untuk membersihkan Malware Iklan pada komputer adalah AdwCleaner. Software ini merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk menghilangkan software, aplikasi, dan juga malware yang tidak anda inginkan seperti toolbar hijacker (program yang membajak browser dan mengalihfungsikan mesin pencari yang anda gunakan) dan sejenisnya pada komputer ataupun laptop.

Adwcleaner dikembangkan oleh Xplode merupakan program kecil yang sederhana dan juga tersedia secara portabel sehingga dapat anda gunakan tanpa harus melalui proses instalasi yang rumit. Penggunaannya sendiri sangatlah mudah, anda tinggal mendownload aplikasinya kemudian menjalankannya.  Berikut merupakan cara menggunakan AdwCleaner untuk menghilangkan malware iklan yang ada pada komputer anda.

  1. Langkah pertama adalah download aplikasi AdwCleaner, program ini dapat anda download dari situs resmi AdwCleaner. Pastikan anda mendownload dari situs yang terpercaya karena jika tidak nantinya hal tersebut akan dapat memberikan kerugian bagi diri anda dan juga komputer yang anda gunakan.
  2. Setelah anda mendownload aplikasi ini jangan lupa untuk menginstallnya. 

  3. Kemudian setelah diinstall, sebelum menjalankan aplikasi ini pastikan bahwa setiap program dan browser internet yang sedang anda gunakan telah tertutup.
  4. Jika anda sudah memastikan hal tersebut, jalankan program AdwCleaner. Pastikan juga anda menjalankannya dengan mode administrator.
  5. Pada bagian jendela yang terbuka klik tombol scan untuk memulai proses scanning terhadap adware yang ada pada komputer anda.
  6. Jika diminta tekan OK untuk menutup semua program yang menghambat proses scanning.
  7. Setelah selesai nantinya AdwCleaner akan menampilkan daftar log hasil scanning yang dilakukan oleh program ini. Lakukan tindakan yang direkomendasikan oleh aplikasi ini untuk menghilangkan malware iklan yang ada pada komputer anda.
  8. Jika proses scanning telah selesai, program ini akan meminta untuk melakukan proses restart. Tindakan ini dilakukan untuk menyelesaikan proses pembersihan malware iklan yang ada pada komputer anda. Ikuti sesuai perintah yang diminta.

Meskipun malware iklan tidak sepenuhnya dapat dibandingkan dengan virus komputer paling mematikan di dunia akan tetapi keberadaan jenis malware ini seringkali dapat mengganggu pekerjaan pemilik komputer yang telah terinfeksi. Malware iklan dapat dihindari dengan mudah apabila memperhatikan proses instalasi suatu program yang anda download secara gratis lewat internet. Dengan memperhatikan langkah – langkah instalasi yang anda lakukan anda dapat dengan mudah terbebas dari malware iklan yang ada pada suatu program instalasi.

Itu tadi cara menghilangkan malware iklan yang ada pada komputer. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , ,
Oleh :