15 Cara Print Booklet Dengan Mudah

Booklet merupakan sebuah buku kecil yang digunakan untuk keperluan tertentu. Booklet umumnya memiliki fungsi sebagai sebuah medium untuk  menyampaikan pesan dari para pembuatnya menuju ke orang lain. Fungsi Booklet dapat digunakan untuk mewakili sebuah perusahaan ataupun untuk melengkapi tugas kuliah dan semacamnya. Sebagai salah satu media cetak, sebuah booklet biasanya memiliki desain dan kualitas yang baik yang dapat menarik minat perhatian para pembacanya dan juga sejumlah orang yang akan ditawarkan.

ads

Ada beberapa anggapan yang menyamakan booklet dan leaflet. Meskipun kedua jenis media ini sering muncul berdampingan dan sekilas terlihat sama. Booklet dan leaflet memiliki perbedaan yang patut untuk diperhatikan. Kedua media cetak ini bukanlah merupakan jenis media yang sama. Perbedaan booklet dan leaflet dapat dilihat dari bentuknya yang mana booklet bentuknya mirp dengan buku yang berisikan beberapa halaman sedangkan leaflet berbentuk seperti selebaran/ kertas lipat.

Booklet seringkali tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Umumnya booklet selalu berukuran lebih kecil bila dibandingkan buku yang sering ditemukan. Jumlah halamannya sendiri biasanya terdiri antara 4 sampai 48 halaman, dan menggunakan soft cover serta jilidan pengikat yang sederhana. Booklet yang tipikal dan sering ditemui biasanya merupakan kumpulan dua atau lebih kertas yang dilipat menjadi dua bagian. Jumlah halaman yang dimiliki booklet umumnya selalu bisa dibagi menjadi kelipatan empat ( 4, 8, 12, dan seterusnya ). Tentu saja tidak selamanya halaman – halaman tadi selalu terisi secara penuh. Ada kalanya beberapa halaman tadi hanya tersedia secara kosong.

Penggunaan booklet dapat digunakan sebagai buku cerita, buku panduan, buku resep dan masih banyak lagi. Penggunaan yang paling umum dari booklet sendiri adalah sebagai brosur, katalog, dan juga bagian dari penjualan CD dan DVD. Selain itu booklet juga dapat ditemukan sebagai bagian dari pendamping laporan tugas kuliah atau laporan tahunan.

Bagaimana Cara Mencetak Print Booklet?

Mencetak Booklet kadang bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang dapat dilakukan dengan mudah. Tidak semua orang yang menggunakan komputer dapat mengetahui cara mencetak dokumen booklet dengan mudah. Padahal sebenarnya untuk melakukan hal tersebut tidaklah terlalu sulit.

Booklet dapat dicetak dengan menggunakan berbagai macam jenis software seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign, Corel Draw dan Microsoft Word. Akan tetapi untuk pembahasan kali ini kita hanya akan membahas proses mencetak booklet dengan menggunakan program Microsoft Word. Ini karena program ini merupakan salah satu program yang banyak digunakan oleh para pengguna untuk proses mencetak hal – hal yang berkaitan dengan laporan dan dokumen lainnya. Meskipun fitur – fitur yang dimilikinya tidak sebanyak dan tidak dapat dibandingkan dengan jenis aplikasi lainnya seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign dan Corel Draw, program Microsoft Word juga banyak digunakan oleh orang – orang awam untuk mencetak booklet.

Perlu diingat bahwa keadaan Fungsi printer pada komputer akan mempengaruhi dari hasil booklet yang ada. Jadi penting untuk memperhatikan kondisi printer anda sebelum melakukan proses cetak booklet. Selain hal tersebut printer yang digunakan haruslah diperhatikan apabila salah pengaturan dapat membuat menjadi penyebab printer macet.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencetak booklet pada Microsoft Word.

  • Cara pertama adalah dengan menggunakan fasilitas bookfold yang dapat ditemukan pada pilihan pengaturan Page Setup Microsoft Word.
  • Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur booklet yang telah dimiliki oleh mesin pencetak printer Canon

Untuk pembahasan kali ini kita akan lebih membahas mengenai cara pertama yakni dengan menggunakan fasilitas bookfold yang dapat ditemukan pada pilihan pengaturan Page Setup Microsoft Word. Adapun 15 langkah mudah cara print booklet dengan menggunakan Microsoft Word adalah sebagai berikut

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan dokumen yang hendak anda print. Jika printer yang anda akan gunakan mati, perhatikan juga cara mengatasi printer offline
  2. Untuk memastikan hasil dokumen yang akan anda print sesuai dengan keinginan anda, jangan lupa untuk memperhatikan panjang kertas, margin dan hal lainnya yang berhubungan dengan proses pencetakkan booklet.
  3. Jika hal tersebut telah dipastikan. Mulai proses awal cetak dengan menekan tombol print yang tersedia di aplikasi pengelola dokumen yang anda gunakan. Umumnya dengan menekan tombol CTRL + P akan memunculkan jendela print yang akan membantu anda dalam proses cetak.
  4. Setelah jendela print muncul, klik pada bagian Properties. Dengan melakukan hal tersebut nanti akan muncul jendela yang baru.
  5. Pada bagian jendela yang baru saja terbuka pilih menu Page Setup
  6. Pada bagian Page Layout pilih menu Booklet. [AdSense-CC]
  7. Jangan lupa juga untuk memilih ukuran kertas yang akan digunakan pada proses cetak nantinya. Untuk memastikan kembali bahwa hasil cetak akan tercetak dengan baik penting untuk memilih ukuran kertas yang sesuai dengan kertas yang akan digunakan
  8. Jika hal tersebut telah dilakukan, klik menu Main
  9. Untuk memastikan tidak ada lagi kesalahan yang dapat terjadi dalam hasil cetak nantinya anda bisa memilih untuk mencentang  Preview Before Printing lalu klik Ok.
  10. Jika sudah dilakukan Jendela Printer Properties yang tadinya terbuka akan tertutup secara otomatis.
  11. Untuk memulai proses cetak klik OK pada jendela Utama
  12. Sesuai dengan pilihan yang tadi anda lakukan, ketika anda mencentang Preview Before Printing nantinya akan muncul jendela Preview yang akan menampilkan hasil proses cetak yang dapat dilihat sebelum proses cetak dimulai. Preview ini akan menunjukkan hasil cetak yang akan didapatkan dari dokumen booklet yang hendak di print.
  13. Jika anda sudah yakin tidak ada lagi kesalahan dalam booklet yang akan anda print. Klik Start Printing.
  14. Proses cetak booklet akan dimulai dan tunggu hingga prosesnya selesai
  15. Jika sudah selesai, hasil cetakkan yang telah keluar dapat  anda kumpulkan dan dilipat pada bagian tengah dengan melakukan hal tersebut maka anda sudah menyelesaikan langkah terakhir dari proses cetak booklet pada Microsoft Word

Jika anda mengalami kesulitan saat melakukan proses printing seperti tinta tidak keluar anda dapat mengatasinya dengan mencoba cara mengatasi tinta printer tidak keluar. Permasalahan pada printer akan mempengaruhi hasil dari cetakan booklet yang akan dibuat. Apabila printer anda mengalami masalah seperti printer bergaris anda dapat mengatasinya dengan mengetahui penyebab printer bergaris terlebih dahulu.

Tips: Untuk menambahkan sentuhan profesional, pertimbangkan untuk menambahkan nomor halaman di bagian header maupun footer.

Itu tadi pembahasan mengenai 15 langkah mudah cara print booklet dengan menggunakan Microsoft Word. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, ,
Oleh :