Sponsors Link

Pengertian Worm – Cara Kerja dan Pencegahannya

Sebelumnya perlu kita ketahui bersama bahwa worm itu berbeda dengan virus, begitu juga dengan istilah Trojan, kesalahan yang paling umum adalah ketika banyak orang menyebut worm dan Trojan adalah sebagai virus. Padahal istilah untuk worm, Trojan, dan virus adalah ungkapan yang sering digunakan secara bergantian, satu sama lainnya berbeda, tidak sama, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah pengertian worm.

ads

Antara virus, Trojan, dan worm adalah sama-sama program yang jahat yang ditujukan untuk merusak komputer orang lain.

Baca juga artikel lain :

Apa itu Worm ?

Worm sangat mirip dengan virus komputer secara fungsi dan desainnya. Bisa dianggap worm adalah sub-kelas dari virus. Worm juga menyebar dari komputer ke komputer yang lain, tetapi tidak seperti virus, worm memiliki kemampuan untuk menyebar tanpa harus ada tindakan dari manusia. Worm mengambil keuntungan dari file yang mengatur sistem transportasi pada komputer yang mampu menyebar sendiri tanpa tindakan dari manusia.

Salah satu kemampuan worm adalah memiliki kemampuan untuk menggandakan atau mereplikasi dirinya sendiri di sistem komputer, jadi bisa saja pada sistem komputer tersebut hanya terdapat satu worm, namun satu worm tersebut mampu menggandakan dirinya sendiri hingga ratusan atau ribuan salinan itu sendiri, bisa dikatakan bahwa sebuah worm mampu menciptakan efek yang menghancurkan. Contoh besar dari worm adalah dapat mengirim salinan dirinya ke semua orang yang terdaftar di buku alamat email kita, kemudian worm akan mereplikasi dan mengirimkan salinannya sendiri kepada semua orang yang tercantum di buku alamat penerima tersebut, dan terus berlanjut.

Karena sifat worm yang memiliki kemampuan menyalin dirinya sendiri dan mampu menyebar tanpa tindakan manusia, maka untuk kebanyakan kasus sistem yang terinfeksi worm akan banyak mengkonsumsi terlalu banyak sistem memori atau bandwidth jaringan, menyebabkan web server crash, server jaringan juga dapat terganggu, dan bisa saja masing-masing sistem komputer dapat berhenti merespons. Perkembangan worm telah semakin menjadi-jadi, hingga sekarang telah muncul worm terbaru yang diberi nama worm Blaster, worm jenis ini sudah banyak dibicarakan di internet, worm ini dirancang untuk mampu masuk ke celah keamanan sistem kita dan memungkinkan si pengguna worm yang jahat tersebut dapat mengontrol komputer kita dari jarak jauh.


Bagaimana Cara Kerja Worm ?

Worm adalah program komputer jahat yang mampu memiliki kemampuan untuk menyalin dirinya sendiri dari komputer satu ke komputer yang lain. Worm akan menggunakan sumber daya manajemen waktu dan bandwidth jaringan pada komputer ketika melakukan proses duplikasi dirinya sendiri. Maka dari itu terkadang kinerja komputer akan terasa sangat panas dan berat padahal hanya menjalankan program biasa. Worm pertama kali muncul pada tahun 2001 dan banyak berasal dari Internet, sehingga seperti proses yang terus berputar tanpa bisa berhenti. karena pengguna internet sangat banyak, maka pertumbuhan worm juga dipastikan sama besarnya.

Worm yang berhasil lolos akan mengeksploitasi celah keamanan pada software yang kita instal atau pada sistem operasi. Sebagai bukti, kasus Worm yang parah terjadi pada tahun 2003, worm ini diberi nama worm slammer, worm slammer ini telah mampu menembus sistem yang memanfaatkan celah keamanaan pada Microsoft SQL server pada sebuah situs majalah, kemudian setelah ditemukan worm slammer ini hanya berukuran sangat kecil, yaitu sebesar 376 byte.

Worm juga mampu bergerak dan menginfeksi mesin komputer melalui jaringan komputer. diperkirakan mulai dari tahun 2001, worm telah mampu menduplikasi dirinya sendiri menjadi 250.000 setiap 9 jam.

seperti dilansir dari eEyeDigitalSecurity, Worm yang paling terkenal adalah The Red Worm, yang mampu menduplikasi dirinya sendiri selama 20 hari pertama setiap bulan, kemudian mengganti halaman web server yang terinfeksi dan diganti dengan halaman yang menampilkan pesan “hacked by chinese”, kemudian worm tersebut meluncurkan serangan yang terorganisisr ke gedung putih dan berupaya untuk menguasainya juga.

Baca juga artikel lain :


Cara Pencegahan Worm

Karena kita sudah mengenal apa itu Worm, maka akan lebih tepatnya lagi jika kita mempelajari tips untuk mencegah dan memerangi worm pada komputer kita.

  1. Menjaga Sistem Operasi Tetap Up to Date

Menjaga sistem operasi tetap ter update itu sangat penting untuk mencegah munculnya program jahat yang tidak kita inginkan, apalagi jika kita menggunakan Microsoft Windows OS. Kedua, kita juga harus mempunyai program aplikasi anti virus yang diinstal di sistem komputer dan harus terus diupdate juga. Sebelum menginstal program anti virus pastikan agar program anti virus tersebut memiliki kemampuan untuk memindai email dan file yang sudah kita download dari internet. Kita juga harus terus rajin menjalankan scan harddisk secara berkala, hal ini dapat membantu mencegah program jahat untuk lebih jauh masuk dalam sistem komputer kita.

  1. Menggunakan Firewall

Program antivirus saja tidak cukup, kita juga harus menggunakan firewall. Firewall adalah sistem yang mencegah penggunaan yang tidak sah dan akses yang tidak diketahui di komputer kita. Firewall mempunyai bentuk berupa perangkat lunak dan perangkat keras itu sendiri.  Firewall yang berbentuk perangkat keras menyediakan tingkat yang lebih baik lagi dalam hal keamanan dari serangan yang datang dari luar, kelemahannya hardware firewall sangat mahal. Firewall yang berbentuk hardware juga tidak dirancang untuk melawan virus, Trojan, dan worm, maka dari itu untuk melawan ketiga program jahat tersebut kita harus menggunakan firewall yang berbentuk perangkat lunak, contohnya firewall default yang tertanam dalam sistem operasi windows.

Penting untuk diingat bahwa hanya menggunakan firewall,  mengupdate rutin sistem operasi, memasang program anti virus, itu semua tidak serta merta dapat menghilangkan masalah dari program jahat yang menyerang sistem komputer kita, namun semua tips yang kita lakukan diatas hanya untuk lebih memperkuat keamanan tambahan dan perlindungan bagi komputer dan jaringan komputer yang kita miliki.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 04:10 Oleh :