6 Cara agar USB Terbaca di Komputer

Pada komputer dan laptop, Anda pasti melihat ada beberapa port yang tersedia. Nah, salah satu fungsi port pada komputer adalah untuk menghubungkan beberapa perangkat keras komputer atau laptop yang tidak tersedia di internalnya. Contohnya seperti speaker, keyboard, harddisk eksternal, flashdisk, modem, dan lainnya.

ads

Jenis-jenis port pada komputer beraneka ragam. Setiap port memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari port serial, PS/2, VGA, audio, HDMI, hingga USB. Saat ini, kebanyakan produsen komputer dan laptop lebih memilih port USB untuk menghubungkan perangkat keras komputer atau laptop yang tersedia secara eksternal.

Alasan mereka memilih port USB karena port USB memiliki beberapa kelebihan. Pertama, port USB memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang menggunakan port komputer lainnya, seperti port Serial, atau PCMCIA.

Kedua, kebanyakan perangkat komputer eksternal yang menggunakan USB banyak yang menerapkan sistem “plug and play”, dimana pengguna tidak perlu menginstal kembali driver dari perangkat tersebut, karena driver USB yang sudah terinstal di Windows akan otomatis mendeteksi fungsi dan spesifikasi dari perangkat eksternal tersebut.

Karena kelebihannya, penggunaan port USB saat ini sudah semakin sering digunakan. Tak hanya sekedar untuk transfer file ke media penyimpanan eksternal saja, kini port USB sudah digunakan untuk hal-hal lainnya, mulai dari charger handphone, sharing koneksi internet, hingga sebagai pengganti port audio dan video pada laptop dan komputer.

Jenis-jenis USB yang sudah ada saat ini semakin beragam. Saat ini teknologi USB sudah berkembang ke versi 3.0, yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat, yaitu 400 MBps. Angka tersebut enam sampai sepuluh kali lebih cepat ketimbang kecepatan transfer data USB versi 2.0.

Melihat fungsinya yang sangat banyak dan pengembangan teknologinya yang semakin baik, port USB harus selalu terbaca pada komputer atau laptop Anda. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda seputar cara agar usb terbaca di komputer. Tak perlu berlama-lama, berikut ini pembahasannya untuk Anda:


1. Mengecek kondisi USB

Yup, sebuah alat akan dapat digunakan dalam jangka waktu lama jika dirawat dengan baik. Nah, hal yang sama berlaku juga untuk perangkat yang menggunakan USB dan port USB yang ada di komputer atau laptop Anda. Salah satu bentuk perawatan yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kondisi port USB di perangkat yang Anda punya.

Coba Anda cek port USB di komputer atau laptop Anda. Apakah portnya berdebu? Atau kotor? Jika jawabannya itu, segera bersihkan. Eitsss, tapi lakukan pembersihan ketika laptop atau komputer sedang dimatikan. Jangan sampai Anda kesetrum ketika sedang membersihkan port USB di komputer Anda.

Alat untuk membersihkannya pun cukup dengan kuas kecil atau kain lap biasa. Tak perlu menggunakan air, apalagi sabun colek hehe. Kuas kecil digunakan untuk menjangkau bagian dalam port USB yang memang sangat kecil. Sedangkan kain lap digunakan untuk membersihkan bagian luar dari konektor male USB pada perangkat Anda.

2. Cabut USB dan Coba Kembali

Cara ini digunakan jika komputer atau laptop Anda tidak bisa mendeteksi perangkat di port USB ketika perangkat tersebut terhubung. Terkadang, masalah ini terjadi karena posisi lapisan tembaga pada konektor male dan konektor female tidak terhubung langsung. Hal tersebut bisa diakibatkan karena lapisan tembaganya yang kotor, adanya debu yang menghalangi hubungan antara lapisan tembaga di port USB, atau karena port USB yang sudah mulai agak longgar. Penyebab-penyebab tadi juga pernah kami bahas dalam artikel kami di website ini yang membahas penyebab flashdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya.

Untuk mengatasi masalah ini ketika port USB sedang dipakai, coba Anda lepaskan dulu perangkat USB Anda dari port USB, lalu coba Anda hubungkan kembali. Jika port USB Anda sudah agak longgar, coba atur posisi konektor male USB Anda terhadap port USB sampai perangkat Anda terbaca oleh laptop atau komputer.

Cara lain yang terkait dengan poin ini adalah coba Anda hubungkan perangkat Anda pada port USB lainnya di komputer atau laptop Anda. Jika masih belum berhasil, ada kemungkinan port USB Anda bermasalah atau perangkat USB Anda yang bermasalah.

3. Update Device Driver

Driver USB pada komputer atau laptop kadangkala bisa bermasalah. Masalah tersebut diakibatkan oleh terjadinya crash atau corrupt pada file driver USB Anda. Driver yang bermasalah mengakibatkan perangkat USB Anda tidak bisa terbaca oleh komputer atau laptop Anda, meskipun Anda sudah menghubungkannya.

Salah satu cara mengatasi driver USB yang bermasalah adalah dengan melakukan update pada driver perangkat USB Anda. Caranya, Anda buka Device Manager dengan cara Klik Start > Control Panel > System > Device Manager. Cara lain untuk mengakses Device Manger adalah dengan klik Start lalu ketik “devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip) untuk Windows Vista ke atas, atau klik Start > Run, lalu ketik “devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip) untuk Windows XP.

Pada jendela Device Manager, pilih “Unknown Device”. Klik kanan pada Unknown Device, lalu klik Properties. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela Properties dari Unknown Device. Pada jendela tersebut, pilih tab Driver, kemudian klik “Update Driver”. Selanjutnya pilih “Browse My Computer for Driver Software” > Next.

Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Jika Anda yakin driver USB Anda sebelumnya sudah sesuai dengan spesifikasi perangkat USB Anda, klik “Let me pick from a list of driver software on my computer” > Next. Lalu, pilih “Show All Drivers” > Next. Nantinya, Anda akan melihat daftar dari beberapa driver yang tersedia oleh Windows beserta perusahaan yang merilis driver tersebut. Nah, pilihlah salah satu driver alternatif yang bisa menggantikan driver USB yang bermasalah.

Setelah Anda memilih driver, klik Next dan tunggu proses instalasi driver USB hingga selesai. Jika instalasi driver tidak berhasil, coba Anda pilih driver lain yang tersedia.

Jika ternyata USB Anda masih belum terdeteksi, Anda bisa mengunduh driver USB yang sesuai dengan spesifikasi perangkat Anda melalui internet. Meskipun peluang untuk mendapatkannya cukup sulit, namun tak ada salahnya untuk Anda coba.

4. Uninstall Driver Perangkat USB

Loh kok di-uninstall? Tenang, maksudnya setelah di-uninstall, Anda install kembali driver perangkat USB Anda. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan driver USB yang corrupt pada komputer atau laptop Anda, kemudian Anda menginstal kembali driver USB awal yang tidak bermasalah. Biasanya setelah dilakukan cara ini, perangkat USB Adna kembali bisa terbaca oleh laptop atau komputer.

Cara ini biasanya efektif, namun Anda tidak akan mendapatkan update terbaru dari driver perangkat USB Anda. Bisa saja, update tersebut memperbaiki bug pada versi sebelumnya dari driver USB Anda.

5. Restart Komputer

Jika Anda punya waktu luang ketika perangkat USB Anda tidak terbaca, Anda bisa melakukan restart pada komputer atau laptop Anda. Jangan lepaskan perangkat USB Anda ketika proses restart dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar ketika laptop atau komputer Anda selesai booting up, Windows secara otomatis mendeteksi perangkat-perangkat yang terhubung, termasuk perangkat USB Anda.


6. Hubungkan Langsung ke Komputer

Cara ini lebih diutamakan pada pengguna yang menggunakan USB Hub untuk menghubungkan perangkat USB pada komputer atau laptop. Penggunaan USB Hub memang efektif untuk mengatasi kurangnya port USB pada komputer atau laptop. Namun terkadang, perangkat USB yang terhubung ke USB Hub malah tidak terbaca oleh komputer atau laptop. Jadi, lebih baik Anda hubungkan langsung perangkat USB Anda ke komputer atau laptop Anda melalui port USB.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara agar USB terbaca di komputer. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting