3 Cara Mengatasi Driver USB yang Bermasalah Terlengkap

Salah satu fungsi port pada komputer adalah untuk menghubungkan beberapa hardware komputer atau laptop yang tersedia secara eksternal. Contohnya seperti speaker, keyboard, harddisk eksternal, flashdisk, modem, dan lainnya. Jenis-jenis port pada komputer beraneka ragam. Setiap port memiliki fungsinya masing-masing. Namun, saat ini banyak produsen laptop dan komputer yang lebih memilih port USB untuk menghubungkan hardware komputer atau laptop yang tersedia secara eksternal.

ads

Mengapa mereka menggunakan port USB? Karena port USB memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang menggunakan port komputer lainnya, seperti port Serial, atau PCMCIA. Jenis-jenis USB yang sudah ada saat ini semakin beragam. Saat ini teknologi USB sudah berkembang ke versi 3.0, yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat, yaitu 400 MBps. Angka tersebut enam sampai sepuluh kali lebih cepat ketimbang kecepatan transfer data USB versi 2.0.

Selain itu, kebanyakan perangkat komputer eksternal yang menggunakan USB banyak yang menerapkan sistem “plug and play”, dimana pengguna tidak perlu menginstal kembali driver dari perangkat tersebut, karena driver USB yang sudah terinstal di Windows akan otomatis mendeteksi fungsi dan spesifikasi dari perangkat eksternal tersebut.

Melihat kelebihannya yang lebih unggul ketimbang port-port lainnya, penggunaan port USB saat ini sudah semakin ramai digunakan. Tak hanya berfungsi sekedar untuk transfer file ke media penyimpanan eksternal saja, kini port USB sudah digunakan untuk hal-hal lainnya, mulai dari charger handphone, sharing koneksi internet, hingga sebagai pengganti port audio dan video pada laptop dan komputer.

Salah satu komponen yang mempengaruhi kerja port USB pada laptop dan komputer adalah adanya driver. Yup, driver ini berfungsi untuk mengarahkan aliran data dari dan menuju port USB yang ada di laptop dan komputer. Jika driver ini bermasalah, maka Anda tidak bisa menggunakan port USB. Dan karena fungsinya yang vital, maka hal tersebut bisa menjadi masalah tersendiri bagi pengguna komputer atau laptop.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa cara mengatasi driver USB yang bermasalah. Cara ini berlaku pada komputer dan laptop yang menggunakan OS (operating system) Windows. Baiklah, berikut ini cara-caranya:

1. Menggunakan Update Driver

OS Windows memiliki fitur dimana Anda bisa mengupdate driver sebuah perangkat keras pada komputer atau laptop Anda dari database driver yang tersedia di Microsoft. Biasanya, driver dari Microsoft ini disesuaikan dengan spesifikasi perangkat keras yang dikirimkan oleh OS Windows Anda. Meskipun begitu, driver yang didapatkan dari fitur ini tidak seratus persen akurat karena database Microsoft hanya berisikan driver perangkat keras yang umum digunakan. Berikut ini cara-cara untuk menggunakan fitur Update Driver ini:


  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka Windows Run
  • Ketik “devmgmt.msc” pada kolom pencarian, lalu tekan tombol Enter pada keyboard
  • Arahkan kursor mouse pada driver yang bermasalah. Untuk USB, coba cek pada bagian “Universal Serial Bus controller”. Cara mengetahui driver yang bermasalah adalah adanya tanda silang atau simbol arah panah ke bawah.
  • Jika Anda tidak terlihat driver yang bermasalah, klik Menu “View” > “Show Hidden Devices”
  • Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa perangkat yang sebelumnya tidak muncul karena di-hidden.
  • Jika ada driver USB yang bermasalah, klik kanan pada driver yang bermasalah, lalu pilih “Update Driver Software” > “Browse My Computer for Driver Software” > Next
  • Klik “Let me pick from a list of driver software on my computer” > Next
  • Pilih “Show All Drivers” > Next
  • Pilih salah satu driver alternatif yang bisa menggantikan driver yang bermasalah
  • Setelah memilih driver, klik Next
  • Jika instalasi driver tidak sukses, ulangi langkah nomor 6 dan pilih driver lain yang tersedia.
  • Selesai

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda bisa menyimak cara update driver Windows 10 yang ada di situs kami. Cara-caranya lengkap dan informatif.

2. Re-install driver USB

Jika cara sebelumnya tidak bisa mengatasi masalah driver USB Anda, Anda bisa menggunakan cara lain, yaitu menginstal driver USB yang tersedia di internet. Meskipun variannya akan lebih banyak, namun lebih baik Anda mencari driver USB di situs resmi produsen laptop atau komputer Anda. Setelah Anda mengunduh driver USB dari internet, selanjutnya Anda tinggal meng-uninstall driver USB lama yang bermasalah. Berikut ini cara meng-uninstall driver USB yang lama:

  • Klik Start > klik kanan pada My Computer (Windows XP) atau Computer (Windows Vista ke atas) > Properties
  • Pada jendela System, pilih Device Manager
  • Klik tanda panah di kiri Universal Serial Bus Controller
  • Pilih USB driver yang akan Anda un-install. Klik kanan dan pilih uninstall.
  • Klik OK saat muncul pop-up warning.

Dan berikut ini cara menginstall driver USB baru yang Anda dapatkan dari internet:

  • Buka berkas installer driver USB yang Anda unduh
  • Ikuti petunjuk selanjutnya pada layar komputer atau laptop Anda
  • Jika setelah instalasi program meminta restart, lebih baik Anda lakukan restart pada komputer atau laptop Anda. Hal tersebut bertujuan agar komputer atau laptop Anda mengenali komponen baru yang terdeteksi saat Windows di-start ulang.

Kelebihan dari cara ini adalah, Anda tak perlu menggunakan CD installer khusus, karena biasanya driver USB banyak tersedia di internet. Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara instal driver tanpa CD pada komputer atau laptop Anda.

3. Software Driver Otomatis Tanpa Koneksi Internet

Kedua cara yang telah kami sampaikan di atas sebenarnya efektif karena kemungkinan driver USB yang terinstal sama dengan perangkat USB di laptop atau komputer Anda lebih besar. Namun, kedua cara di atas memiliki kelemahan, yaitu Anda membutuhkan koneksi internet. Kadang, permasalahan driver USB bisa terjadi ketika Anda sedang tidak terhubung ke internet.

Jika Anda sudah melakukan kedua cara di atas namun masih belum berhasil, atau mungkin Anda tidak punya koneksi internet untuk melakukan kedua cara di atas, maka Anda dapat melakukan cara ini. Saat ini, sudah ada software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet yang bisa digunakan untuk menginstal driver hardware di komputer atau laptop Anda. Salah satu software tersebut adalah DriverPack. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:


  • Unduh softwarenya di internet. Lah, katanya tanpa koneksi internet? Untuk cara ini, Anda bisa numpang internet gratisan di tempat yang hotspot atau bisa juga numpang koneksi internet teman Anda hehehe
  • Instal softwarenya di komputer atau laptop Anda. Mau yang lebih simpel, beli saja CD installer-nya.
  • Jalankan softwarenya. Tunggu hingga proses deteksi hardware selesai
  • Selanjutnya, Anda akan melihat daftar dari driver-driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer Anda. Karena Anda hendak memperbaiki driver USB, maka Anda cukup menginstal driver USB yang direkomendasikan oleh software.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya yang akan muncul dari program instalasi driver USB yang Anda pilih.
  • Jika program meminta restart, maka restart komputer atau laptop Anda.

Patut diingat, cara ini juga memiliki kelemahan, yaitu driver yang terinstal belum tentu sesuai dengan perangkat USB yang ada di laptop atau komputer Anda. Jadi, lebih baik Anda menggunakan cara ini jika kedua cara di atas tidak berhasil.

Bagaimana, apakah informasi kami kali ini seputar cara mengatasi driver usb yang bermasalah sudah membantu masalah Anda? Semoga artikel kami kali ini dapat menyajikan informasi lengkap seputar cara mengatasi masalah komputer atau laptop Anda, khususnya pada port USB.

, , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting