Inilah Informasi Seputar Speaker Laptop Tidak Bersuara Terlengkap

Speaker adalah salah satu perangkat input dan output komputer dan laptop yang berfungsi untuk mengeluarkan keluaran berupa suara yang berasal dari berkas multimedia yang tersimpan di laptop atau komputer. Speaker sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu speaker eksternal dan internal. Speaker eksternal biasanya digunakan pada komputer atau laptop, sedangkan speaker internal pasti selalu tersedia di laptop.

ads

Sebagai perangkat elektronik, maka speaker memiliki resiko terjadinya kerusakan. Nah, karena sudah tersedia di internal laptop, maka jika terjadi kerusakan pada speaker laptop, maka Anda perlu membuka casing laptop terlebih dahulu untuk mengakses dalaman dari laptop tersebut. Meskipun begitu, tidak selalu penyebab kerusakan speaker pada laptop karena perangkat keras yang bermasalah. Bisa saja, masalah tersebut akibat dari masalah pada perangkat lunak atau sistem operasi yang digunakan pada laptop Anda.

Beberapa tanda yang mengindikasikan adanya kerusakan pada speaker laptop diantaranya speaker laptop tidak bersuara, speaker hanya mengeluarkan suara di salah satu sisi, atau suara yang keluar cenderung kecil. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai masalah speaker laptop tidak bersuara, baik tidak bersuara sama sekali, ataupun hanya bersuara di salah satu sisinya. Berikut ini informasinya untuk Anda:

Masalah speaker laptop tidak bersuara bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab, diantaranya:

1. Kesalahan pengaturan suara

Sebenarnya, jarang sekali ada kasus dimana speaker laptop tidak bersuara karena salahnya pengaturan suara, karena biasanya orang-orang sudah menyetel speaker dalam kondisi On. Tetapi, kadang ada beberapa orang yang lupa untuk menyalakan kembali speaker laptop setelah sebelumnya speaker di-mute (dimatikan). Pastikan pengaturan audio pada laptop dan speaker volumenya sudah dinaikkan.

2. Salah masuk jack audio

Kasus ini biasanya terjadi pada orang yang menggunakan speaker eksternal pada laptopnya, dimana colokan audio yang dihubungkan ke laptop ada yang berupa colokan USB atau colokan audio biasa. Nah, ada jenis-jenis port pada komputer atau laptop yang memiliki fungsinya masing-masing. Pada laptop, ada dua jack audio, dimana masing-masing jack audio memiliki fungsi yang berbeda. Satu untuk microphone, satu lagi untuk speaker. Tidak seperti di komputer, dimana setiap jack diberi lapisan warna yang berbeda untuk membedakan, jack audio pada laptop tidak diberi lapisan warna dan hanya dibedakan oleh ikon di sisi jack yang belum tentu terlihat. Tak jarang, hal tersebut mengakibatkan terjadinya “salah masuk” jack audio. Oleh karena itu, pastikan kabel speaker atau headset Anda sudah terpasang dengan benar.

3. Driver audio bermasalah

Salah satu penyebab speaker laptop tidak bersuara yaitu adanya masalah pada perangkat lunak audio pada laptop Anda. Perangkat lunak yang dimaksud adalah driver audio yang terinstal pada laptop Anda. Masalah yang terjadi pada driver audio bisa disebabkan karena driver tersebut corrupt atau crash pada OS laptop Anda. Jika sudah begitu, maka driver audio pada laptop Anda tidak bisa berfungsi dan OS laptop Anda tidak bisa mendeteksi speaker internal pada laptop Anda.

 

4. Ada masalah pada OS laptop

Walaupun jarang terjadi, namun ada kemungkinan penyebab speaker laptop bermasalah karena adanya masalah pada OS (operating system) yang terinstal pada laptop Anda. Sama halnya pada masalah driver audio, pada kasus ini, ada kemungkinan masalah driver audio pada laptop Anda berakibat fatal pada masalah di OS Anda. Akibatnya, kerusakan pada driver audio laptop berpengaruh pada kerusakan pada beberapa bagian di OS laptop Anda.


5. Adanya masalah pada kabel speaker internal

Karena kabel speaker internal laptop berada di dalam, maka ada kemungkinan adanya kontak antara kabel speaker dengan komponen laptop lainnya. Kontak tersebut bisa mengakibatkan kabel speaker putus, tertindih, atau terpotong secara tidak sengaja.

Setelah Anda menyimak beberapa penyebab speaker laptop tidak bersuara, kali ini kami akan memberikan beberapa cara memperbaiki laptop tidak ada suara. Berikut ini cara-caranya:

1. Ganti dengan speaker lain

Jika Anda menggunakan speaker eksternal atau menggunakan headset, coba Anda gunakan speaker eksternal lainnya pada laptop Anda. Jika ternyata speaker lainnya mengeluarkan suara, maka ada kemungkinan besar ada masalah pada speaker eksternal Anda. Masalah tersebut bisa berada pada kabel, atau dalaman dari speaker tersebut. Jika headset tidak terdeteksi di laptop, maka ada kemungkinan masalah pada headset Anda.

2. Hubungkan ke jack audio yang tepat

Jika penyebab speaker eksternal laptop Anda tidak bersuara karena salah masuk jack audio, segera pasang colokan audio speaker Anda ke jack audio yang benar. Cara mengetahui jack yang benar adalah melihat ikon di samping jack. Pastikan Anda memasukan colokan speaker Anda ke jack yang di sisinya terdapat ikon headphone.

3. Menginstall kembali driver sound card

Cek driver audio dengan cara menjalankan program “Windows Sound Troubleshooter” yang terdapat pada Control Panel. Untuk membukanya, buka Control Panel > All Control Panel Items > Troubleshooting. Lalu pilih “Troubleshoot audio playback”. Setelahnya, akan muncul jendela playing audio kemudian klik Next. Kemudian, Windows otomatis mendeteksi masalah pada audio laptop. Ikuti instruksi yang diberikan oleh Throubleshooter pada layar laptop.

Terkadang, masalah pada speaker laptop bisa juga diakibatkan oleh driver audio laptop Anda terkena virus atau malware yang menonaktifkan suara laptop. Untuk mencari tahu masalah tersebut, Anda perlu masuk ke Windows Device Manager dan periksa konfigurasi dari driver audio laptop Anda. Caranya, buka Device Manager dengan mengetik “devmgmt.msc” pada kotak dialog Start Menu atau melalui Windows Run. Selanjutnya, klik “Sound, video and game controllers”. Jika ada tanda warna kuning, berarti driver audio Anda kemungkinan rusak dan harus diupdate. Untuk mengupdate atau menginstal ulang driver audio laptop, Anda bisa mencarinya di internet, baik di situs resmi produsen laptop Anda atau di situs penyedia driver laptop.

 

4. Menginstall  kembali codec atau media player

Selain driver, komponen yang membantu pemrosesan data dan hasilnya berupa audio adalah codec. Nah, beberapa media player untuk laptop menyediakan codec tersebut, seprti Media Player Classic (bawaan K-lite codec pack), Windows Media Player, VLC Player, dan lainnya. Namun, kadang ada beberapa video yang bisa diputar namun tidak ada suara. Jika hal ini terjadi pada Anda, kemungkinan telah terjadi kekacauan dengan codec yang terinstal pada laptop Anda atau ada beberapa codec yang diperlukan tiba-tiba hilang.

Sebenarnya, masalah ini cukup sepele, karena Anda bisa menggunakan media playe alternatif untuk memutar berkas video atau audio pada laptop Anda. Namun, jika Anda terlanjur “sayang” dengan media player yang Anda gunakan, coba Anda uninstall lalu install kembali codec atau media player Anda.

 

5. Instal ulang atau restore OS di laptop

Agak jauh memang dengan masalah audio, namun ada kemungkinan OS Windows Anda corrupt sehingga tidak dapat diupdate secara manual dan hal tersebut berpengaruh pada audio laptop Anda. Untuk masalah ini ada dua hal yang dapat Anda lakukan:

  • Restore OS Windows Anda ke pengaturan awal dengan System Recorvery
  • Lakukan instal ulang Windows Anda dan instal versi terbaru dari driver audio laptop Anda. Cara instal ulang laptop bisa Anda simak di situs kami.

6. Bongkar dalaman laptop

Jika masalah speaker laptop Anda diakibatkan oleh adanya kontak pada kabel speaker di dalam laptop, maka Anda perlu membongkar dalaman laptop Anda dan memastikan kabel speaker laptop tidak putus atau tertindih komponen laptop lainnya. Jika kabel putus, segera perbaiki.

Bagaimana, lengkap kan pembahasan kami mengenai speaker laptop tidak bersuara ini? Semoga informasi kami ini bermanfaat bagi Anda yang hendak memperbaiki speaker laptop Anda yang tidak bersuara.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting