Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » Inilah 8 Fungsi Wireless NIC pada Jaringan Komputer

Inilah 8 Fungsi Wireless NIC pada Jaringan Komputer

by Elang Hendy Subrata

Sejak internet ditemukan, banyak pengiriman data dilakukan melalui jaringan tersebut. Saat ini sudah banyak perangkat keras jaringan komputer yang bisa digunakan untuk mengirimkan data dengan berbagai macam media. Mulai dari sistem kabel hingga sistem nirkabel. Salah satu sistem nirkabel yang cukup populer akhir-akhir ini adalah Wireless NIC.

Bagi yang belum paham, Wireless NIC merupakan jaringan NIC atau Network Interface Card yang menggunakan sistem sinyal atau tanpa kabel dalam melakukan transfer data. Bisa dikatakan sistem ini banyak kita temukan diberbagai tempat seperti perkantoran, sekolah, dan berbagai tempat strategis lainnya. Untuk mengetahui apa saja fungsi Wireless NIC, berikut ulasannya.

1.Alat penghubung jaringan wireless

Fungsi yang pertama tentunya sebagai alat untuk menghubungkan jaringan wireless pada komputer. Perlu kamu tahu bahwa komputer tidak terdapat jaringan wireless sehingga dibutuhkan perangkat tambahan. Wireless NIC ini merupakan salah satu alat yang dibutuhkan agar komputer dapat terhubung dengan jaringan dengan sistem wireless. Ditambah lagi, dengan bantuan antena, jaringannya akan lebih mudah ditangkap.

2.Tidak membutuhkan kabel untuk menghubungan jaringan

Salah satu keunggulan yang paling mencolok adalah sistem ini tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan jaringan dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Semua data yang dikirimkan menggunakan sistem wireless ini dipancarkan dalam bentuk sinyal. Dengan menggunakan perangkat ini, semua data-data yang akan dikirimkan diubah menjadi sinyal. Nantinya sinyal tersebut akan dikirimkan ke perangkat yang dituju selama jaringannya sama.

3.Mengirimkan data dengan jangkauan yang lebih luas

Penggunaan jaringan wireless ini memungkinkan pengiriman data yang lebih luas. Umumnya jaringan Wireless mampu menjangkau area sekitar 100 kaki atau sekitar 30 Meter. Untuk mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih luas, dibutuhkan perangkat tambahan seperti repeater. Bahkan, sinyal wireless yang menggunakan perangkat khusus dapat menjangkau sampai ratusan bahkan ribuan kilometer. Dengan kemampuan yang sehebat tersebut tentunya lebih baik dari pada menggunakan sistem kabel.

4.Banyak perangkat yang sudah mendukung jaringan wireless

Saat ini banyak perangkat yang sudah mendukung jaringan wireless. Sebut saja, laptop, smartphone, bahkan sampai printer pun sudah mulai menggunakan sistem wireless sebagai media perintahnya. Hal tersebut sudah menunjukan bahwa perkembangan jaringan komputer sudah semakin maju. Hal tersebut bisa terjadi karena semakin murahnya perangkat Wireless NIC sehingga jaringan menggunakan kabel mulai ditinggalkan.

5.Kecepatan transfer yang lebih tinggi.

Dari sisi kecepatan, jaringan wireless tidak kalah cepat dengan jaringan yang mengunakan kabel. Dengan menggunakan jaringan wireless, kecepatan data bisa mencapai 10 Mbps atau bahkan lebih. Hal tersebut cukup tinggi dalam proses transfer data. Meskipun begitu, kecepatan data menggunakan jaringan Wireless sangat bergantung dengan jaringan. Apabila jaringan yang digunakan mengalami masalah, maka kecepatannya bisa lebih rendah.

6.Mengurangi biaya pemasangan kabel

Perlu diketahui bahwa pemasangan jaringan komputer apalagi seperti topologi jaringan komputer, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah faktor biaya. Tentunya akan menjadi sia-sia jika banyak komputer tanpa adanya jaringan. Maka dari itu, dengan adanya wireless NIC ini, pemasangan jaringan komputer dapat menekan biaya pemasangan jaringan. Mengingat banyaknya fungsi yang sudah dijabarkan sebelumnya, pemasangan menggunakan jaringan wireless lebih menghemat biaya.

7.Murahnya perangkat wireless di pasaran

Sebelum menjamurnya perangkat wireless, kabel LAN menjadi alat utama untuk menghubungkan jaringannya. Namun, seiring dengan murahnya perangkat wireless, kini beberapa komputer pun dapat dipasang dengan perangkat jaringan wireless. Dengan satu set perangkat wireless, kita dapat membelinya dengan berbagai macam harga. Mulai dari puluhan ribu hingga mencapai ratusan ribu.

8.Tidak dibatasi ruang gerak untuk pengguna

Jika menggunakan kabel LAN, pastinya kita harus berhati-hati dalam melangkah. Sebab, semakin banyak perangkat komputer atau laptop yang digunakan, semakin banyak kabel yang harus dipasang. Hal itu tentunya membuat kita susah bergerak agar jangan sampai menginjak kabelnya. Berbeda halnya jika kita menggunakan jaringan wireless. Kita bisa bebas bergerak dan memindahkan perangkat di amnapun selama masih dalam jangkauan. Dengan begitu, kita pun khawatir jaringan akan terputus karena menginjak kabel.

Melihat berbagai fungsi yang diberikan, tidaklah mengherankan jika sistem wireless mulai banyak digunakan di beberapa tempat. Akan tetapi, layaknya dua mata pisau, kelebihan dan kekurangan jaringan wireless juga tetap dapat terlihat.

Salah satu kelemahan menggunakan jaringan wireless ini adalah faktor cuaca dan faktor lingkungan. Jika cuaca sedang bagus dalam arti tidak terjadi hujan atau badai, maka jaringan akan sangat kuat. Sebaliknya, jika cuaca buruk, maka jaringannya pun akan semakin lemah. Begitu juga dengan faktor lingkungan seperti daerah berbukit atau banyak dinding, maka jaringannya pun akan semakin lemah. Oleh sebab itu penggunaan jaringan wireless harus sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca.

You may also like