Contoh Penerapan Jaringan WPAN dalam Berbagai Bidang

Apakah anda tahu WPAN? Mungkin buat orang-orang yang tidak terlalu memahami dunia teknologi dan informasi akan kesulitan dalam memahami apa itu WPAN. Lalu apa kamu kenal dengan Bluetooth dan infrared? Jika kamu mengenalnya, kedua teknologi tersebut merupakan contoh dari penerapan jaringan WPAN.

ads

Wireles Personal Area Network atau WPAN secara garis besar adalah jenis jaringan komputer yang sifatnya pribadi atau sebuah perangkat yang memiliki konektivitas untuk kepentingan pribadi. Ciri khas dari WPAN sendiri adalah jarak jangkaunya yang tidak terlalu jauh atau sekitar beberapa meter saja. Untuk masalah jarak sendiri WPAN sebenarnya bisa saja melakukan jangkauan jarak yang lebih jauh, akan tetapi hal tersebut harus dilakukan dengan menggunakan jaringan global.

Jika kita lihat dari segi fungsi, jaringan WPAN sendiri memiliki keunggulan sebagai berikut.

  • Fleksibel

Dengan menggunakan jaringan WPAN, tentunya pengguna dapat membuat konektivitas jaringan lebih mudah tanpa harus repot-repot mengatur kabel.

  • Biaya yang lebih ekonomis

Dibandingkan jaringan nirkabel lainnya, harga alat yang menggunakan jaringan WPAN jauh lebih ekonomis.

  • Instalasi yang mudah

Karena tidak menggunakan kabel, instalasi menggunakan Jaringan WPAN jauh lebih mudah.

  • Konsumsi daya listrik cukup rendah

Salah satu keunggulan dalam penggunaan jaringan WPAN adalah daya listrik yang jauh lebih rendah sehingga dapat menghemat listrik.

Meskipun memiliki keunggulan yang cukup banyak, jaringan WPAN juga memiliki kelemahan diantaranya sebagai berikut.

  • Jarak yang cukup pendek

Seperti yang sudah dikemukakan di awal bahwa jarak konektivitas kedua perangkat yang menggunakan jaringan WPAN hanya beberapa meter saja. Bahkan, dalam kasus tertentu, jaringan akan terganggu jika ada penghalang.

  • Kecepatan transfer data yang rendah

Jika dibandingkan dengan jaringan nirkabel lainnya, kecepatan transfer data pada jaringan WPAN lebih rendah. Batas kecepatan pada jaringan WPAN adalah 1 Mbps saja.

Jaringan WPAN saat ini sudah banyak diterapkan pada beberapa alat komunikasi antar perangkat. Untuk mengetahuinya, berikut adalah contoh-contoh penerapan jaringan WPAN pada beberapa perangkat berikut ini.

1. Bluetooth

Seperti yang sudah disinggung di awal, Bluetooth merupakan salah satu contoh penerapan WPAN. Bahkan, Bluetooth adalah teknologi yang diunggulkan oleh jaringan WPAN saat ini. Kecepatan transfer data pada Bluetooth ini hingga 1 Mbps sedangkan jarak jangkauannya tidak lebih dari 30 meter.

Contoh alat-alat yang menggunakan Bluetooth sebagai jaringan koneksinya sudah cukup banyak digunakan saat ini. Mulai dari ponsel, smartphone, bluetooth portable, mouse, keyboard, headphone, speaker, dan masih banyak lagi. Untuk saat ini, perkembangan bluetooth sudah mencapai versi 5.1. Artinya perkembangan blutooth sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat.

2. HomeRF

Home Radio Frequency atau sering disingkat HomeRF merupakan salah satu jaringan WPAN yang dibuat oleh  sebuah kelompok. Kelompok tersebut terdiri dari para produsen-produsen komputer terkenal di dunia. Dari sisi kecepatan HomeRF, maksimal kecepatan yang digunakan pada jaringan ini adalah 10 Mbps. Jarak maksimal yang bisa dijangkau dengan jaringan ini adalah 100 meter. Akan tetapi, jaringan HomeRF sendiri sudah ditinggalkan sebab komputer, laptop, dan perangkat-perangkat komunikasi lainnya suda beralih ke jaringan Wifi.

3. Zigbee

Zigbee adalah gabungan dari dua kata yakni kata zigzag serta kata bee. Zigzag yang berarti gerakan ke segala arah sedagkan bee artinya lebah. Dalam penerapannya, prinsip jaringan komputer pada Zigbee banyak digunakan dalam koneksi jaringan di dalam industri maupun perusahaan. Dari sisi kecepatan, Zigbee lebih rendah dibandingkan dengan Bluetooth, yakni sekitar 250 Kbps saja. Sedangkan dari sisi jangkauannya, Zigbee lebih luas dibandingkan Bluetooth, yakni bisa mencapai 76 meter atau lebih. Contoh penerapannya adalah sebagai berikut

  • Bidang Industri – Dalam bidang industri dan juga manufaktur, jaringan Zigbee sangat diperlukan untuk memantau peralatan-peralatan yang digunakan.

  • Bidang rumah tangga – jangan salah loh, rumah yang dapat mengendalikan berbagai peralatan rumah seperti pagar otomatis, pintu otomatis, sistem pendingin seperti AC, bahkan sampai jendela merupakan contoh sistem yang menggunakan jaringan Zigbee.
  • Bidang mainan – mainan mobil, pesawat dan juga helikopter juga menggunakan sistem jaringan Zigbee untuk dapat menggerakannya.

4. Inframerah

Jaringan terakhir adalah inframerah. Infra merah adalah sebuah jaringan komunikasi nirkabel yang menggunakan sinar yang berawarna merah. Sinar tersebut tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, kamu harus menggunakan alat khusus untuk melihat sinar infra merah. Untuk jarak yang bisa dijangkau menggunakan inframerah sangat terbatas hanya beberapa meter saja atau bahkan kurang. Dari sisi kecepatan pun inframerah juga tidak terlalu besar. Jaringan ini hanya mencapai beberapa megabit saja dalam satu detik.

Contoh penerapannya yang saat ini masih digunakan adalah remote televisi, soun system, kipas angin, dan AC. Inframerah juga pernah digunakan pada ponsel yang diluncurkan sekitar 2000-an awal, akan tetapi sejak penggunaan bluetooth dan Wifi diterapkan pada ponsel dan smartphone, inframerah sudah tidak diterapkan lagi.

Itulah contoh penerapan jaringan WPAN dalam berbagai bidang. Perkembangan jaringan komputer saat ini masih akan terus mengalami perubahan mengingat manfaat jaringan komputer masih terus dibutuhkan oleh manusia. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh jika akan ada sistem baru dalam jaringan WPAN. Hal ini tentunya akan sangat membantu para pengguna dalam mengatur alat-alat yang digunakan. Semoga dapat memberikan pengetahuan pada kamu semua.

, , ,