Home » Kuliah IT » Teknologi Informasi » 5 Tujuan Mempelajari Arsitektur Komputer

5 Tujuan Mempelajari Arsitektur Komputer

by Dini S.Kom

Jangan kira bahwa arsitektur hanya mengacu pada dunia bangunan dan juga desain interior saja. Bidang ilmu komputer pun juga memiliki materi dan juga pembahasan mengenai arsitekur. Bidang bahasan tersebut dikenal dengan nama bidang arsitektur komputer. Arsitektur komputer sendiri merupakan sebuah konsep perancangan dan juga perencanaan dari sebuah struktur komputer. Arsitektur komputer ini meliputi dua hal utama, yaitu:

  • Rancangan dari hardware atau perangkat keras komputer yang akan dibangun
  • Deskripsi fungsional dari bagian perangkat keras yang akan dibangun

Jadi singkatnya, sebuah arsitektur komputer sangat berperang penting dalam perancangan sebuah sistem komputer secara utuh, mulai dari hardware hingga softwarenya.

Implementasi dan juga perancangan yang dilakukan pada arsitektur komputer lebih terfokus pada konsep bagaimana sebuah CPU atau processor dapat bekerja, dan juga bagaiamana sebuah komputer dapat melakukan pengaksesan alamat dan juga data dari memori. Saat ini, ada beberapa jenis arsitektur komputer yang banyak digunakan. Berikut ini adalah beberapa arsitektur komputer yang banyak digunakan saat ini:

  • Von Neumann
  • CISC
  • RISC
  • Blue Gene

Mengapa Mempelajari Arsitektur Komputer itu Penting?

Pada dasarnya mempelajari arsitektur komputer itu merupakan sesuatu yang penting, terutama bagi para programmer dan juga teknisi komputer. Berikut ini adalah beberapa tujan dan juga manfaat utama yang bisa kita peroleh dari mempelajari arsitektur komputer:

  1. Membangun sebuah sistem komputer yang sesuai dengan fungsinya

Tujuan pertama dari mempelajari arsitektur komputer adalah agar kita bisa merancang dan juga membangun sebuah sistem komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dengan tepat. Arsitektur komputer dapat diibaratkan sebagai sebuah blueprint dari komputer.

Dengan adanya blueprint ini, maka kita dapat melakukan analisis terhadap fungsi dan juga kegunaan dari komputer, sehingga kita dapat merancang dan juga membangun sebuah komputer yang memiliki fungsi dan juga kegunaan yang tepat sasaran, sesuai dengan keinginan setiap user.

  1. Mengetahui bagaimana alur dan pola dari proses pembacaan data yang digunakan komputer

Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan mengetahui pola dan juga alur yang dimiliki oleh sebuah komputer dalam melakukan proses pembacaan dan juga pengolahan data. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kita ingin mengembangakn komputer menjadi lebih cepat dan juga meningkatkan fungsionalitas dari komputer itu sendiri.

  1. Mampu melakukan perbaikan dan maintenance pada komputer

Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan menjadi lebih mudah dalam melakukan maintenance. Apabila kita sudah mengetahui arsitektur komputer yang digunakan, mak akita akan menjadi lebih mudah dalam mencari pemecahan masalah dari komputer tersebut.

  1. Dapat mengembangkan sistem komputer yang teritegrasi pada perangkat lunak atau perankat keras komputer

Sistem komputer pun juga bisa kita kembangkan menjadi lebih baik lagi, terutama apabila kita memahami arsitekturalnya. Kita akan mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari sistem komputer tersebut, sesuai dengan arsitektur yang digunakan. Karena itu, penting sekali untuk mempelajari arsitektural komputer untuk dapat mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan efisiensi dari sistem komputer

Dengan memahami arsitektural dari sebuah komputer, maka kita akan bisa melakukan peningkatan efisiensi dari sebuah sistem komputer. Hal ini sangat berpengaruh pada bagamaimana suatu sistem komputer bekerja. Berbeda arsitektur, maka berbeda pula kelebihan dan kekurangan komputer tersebut. Maka dari itu, kita pun harus paham mengenai arsitektur komputer yang digunakan.

Itulah beberapa tujuan dan juga manfaat yang akan kita peroleh apabila kita mempelajari arsitektur komputer.

You may also like