Home » Software » Mobile Software » Inilah 5 Cara Mengatasi Shadowban Twitter Mudah Dilakukan

Inilah 5 Cara Mengatasi Shadowban Twitter Mudah Dilakukan

by Elang Hendy Subrata

Secara garis besar, shadowban adalah pembatasan aktivitas user dalam menggunakan akun media sosialnya karena telah melanggar peraturan tertentu. Contoh akun yang terkena shadowban adalah user tidak bisa dideteks oleh akun lain ketika dia melakukan posting, hashtag, like, ataupun aktivitas lainnya.

Namun dari sisi user, dia tidak akan menyadari jika akunnya sudah terkena shadowban. User baru menyadari akunnya terkena shadowban pada saat postingan dia tidak digubris akun lain. Beberapa cara yang bisa user lakukan ketika akunnya terkena shadowban adalah sebagai berikut.

1. Tidak melakukan posting dalam beberapa hari

Akun yang terkena shadowban memang masih belum jelas penyebabnya. Namun, kita bisa menerka beberapa kemungkinan mengapa akun Twitter kita terkena shadowban. Kemungkinan pertama adalah akun Anda melakukan posting yang dianggap melanggar aturan Twitter. Meskipun maksud kita posting tidak menyinggung siapapun atau menggunakan kata-kata terlarang, namun sistem algoritma Twitter tetap menganggap postingan tersebut melanggar aturan.

Oleh sebab itu, untuk menjaga-jaga akun Anda terkena shadowban yang terlalu lama, akan jauh lebih baik jika Anda tidak melakukan posting apapun minimal 3 hari. Dengan melakukan hal tersebut, kemungkinan akun Anda dibanned oleh Twitter bisa lepas. Bahkan cara ini juga sering digunakan sebagai langkah untuk reset atau refresh akun.

2. Tidak memberikan hashtag untuk postingan baru

Setelah beberapa hari tidak melakukan postingan apapun, Anda bisa coba melakukan postingan baru tanpa menggunakan hashtag apapun. Pemakaian hashtag pada Twitter memiliki aturannya sendiri. Jika suatu akun menggunakan hashtag yang terlalu banyak ataupun sering dilakukan, maka akun tersebut dianggap spamming.

Selain hashtag postingan dalam bentuk tulisan, postingan dalam bentuk video dan foto pun harus diperhatikan. Hal tersebut bisa terjadi karena hashtag pada foto dipakai menganfandung unsur negatif atau provokasi pada beberapa orang sehingga foto tersebut dilaporkan oleh user lain.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin upload suatu foto maupun video, jangalah terlalu banyak menggunakan hashtag atau menggunakan hashtag yang mengandung kontroversial. Gunakanlah hashtag yang biasa-biasa saja atau menggunakan hashtag yang berhubungan dengan foto tersebut. Ditambah lagi, Anda pun jangan memakai hashtag yang sama berturut-turut karena postingan tersebut akan dianggap spamming oleh Twitter.

3. Tidak melakukan postingan yang dianggap melanggar

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jika pada poin sebelumnya kita tidak boleh melakukan postingan gambar yang dianggap spamming, maka pada poin ini, kita juga tidak boleh memosting hal-hal yang dianggap melanggar oleh Twitter. Contohnya saja adalah postingan yang menggunakan kata-kata kasar, pornografi, pelecahan RAS, dan postingan negatif lainnya.

Pihak Twitter berhak untuk menutup akun Anda jika terbukti melanggar peraturan tersebut. Bisanya hukuman pertama yang dilakukan adalah shadowban. Jadi, shadowban bisa dianggap sebagai hukuman penalti pada akun tersebut. Meskipun begitu, akun Anda masih bisa dikembalikan lagi jika bersedia melakukan beberapa aturan yang sudah ditetapkan.

4. Tidak melakukan balasan Twit yang melebihi kapasitas

Perlu Anda ketahui bahwa setiap akun memiliki batasan dalam berinteraksi dalam media sosial. Contohnya saja akun Anda melakukan balasan yang terlalu banyak. Memang dari sistem Twitter maupun media sosial lainnya kita dapat membuat postingan ataupun balasan sesuka hati. Akan tetapi, tetap saja kita harus tahu juga batasannya.

Jika kita melakukan balasan pesan dengan jumlah yang banyak, maka sistem algoritma Twitter akan melacak bahwa akun kita melakukan spamming seperti pada poin kedua. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membalas twit yang dilayangkan pada akun Anda seperlunya saja. Jika nantinya Anda ingin melakukan komunikasi lebih lama bisa dilanjutkan lagi keesokan harinya.

5. Melakukan laporan pada pihak Twitter

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan laporan pada pihak Twitter secara langsung, hal ini bisa dilakukan apabila akun Anda tidak dapat dipulihkan dari shadowban yang terlalu lama. Caranya sendiri Anda masuk ke pengaturan di dalam Twitter lalu pilihlah bantuan. Di dalamnya, Anda bisa melakukan banding terhadap akun Anda yang sudah dikenakan shadowban. Memang prosesnya sendiri sangat tergantung pada keberuntungan. Sebab, pelaporan akun twitter sendiri sangat banyak sehingga hanya beberapa akun yang beruntunglah yang dapat dipulihkan kembali.

Itulah cara mengatasi shadowban Twitter yang mudah dilakukan. Dari penjelasan di atas sebetulnya bukan berarti seratus persen sangat berhasil. Sebab, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa akun yang telah terkena shadowban perlu waktu untuk dapat dipulihkan kembali.

Jika Akun sebelumnya tetap tidak bisa dipulihkan lagi, sebaiknya membuat akun Twitter baru dan menghapus akun lama Anda. Silakan coba cara menghapus akun Twitter tanda login atau cara menghapus akun Twitter secara permanen menggunakan HP dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat.

You may also like