Home » Software » Mobile Software » 5 Ciri Ciri Instagram Kena Shadowban yang tidak Disadari

5 Ciri Ciri Instagram Kena Shadowban yang tidak Disadari

by Elang Hendy Subrata

Penggunaan Instagram merupakan salah satu media sosial populer di Dunia. Ha itu juga tidak terkecuali di Indonesia. Meskipun dianggap populer, Instagram memiliki peraturan tersendiri agar pengguna tidak menyalahgunakan Instagram seenaknya. Slaah satunya adalah shadowban.

Shadowban tindakan memblokir user dari komunitas online namun pengguna tidak menyadarinya. Shadowban juga merupakan salah satu upaya Instagram agar tidak ada penyalahgunaan Instagram. Salah satu hukuman yang diberikan pada akun yang terkena Shadowban adalah adalah sulit mendapatkan follower baru atau akun Anda sulit ditemukan di mesin pencarian. Untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri Instagram yang terkena shadowban adalah sebagai berikut.

1. Cek postingan melalui instagram orang lain

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba periksa akun Anda menggunakan akun instagram orang lain. Untuk langkah-langkahnya, cobalah Anda lakukan postingan baru di Instagram. Jika sudah, selanjutnya adalah masukan beberapa hashtag namun janganlah terlalu banyak. Misalnya saja Anda menambahkan hashtag sebanyak dua sampai tiga hashtag yang tidak begitu populer.

Jika Anda sudah menggunakan hashtag pertama, selanjutnya tambahkan hashtag kedua yang jumlahnya dua sampai tiga buah namun dengan kata yang tidak umum. Setelah itu, cobalah cek menggunakan akun Instagram milik temanmu. Jika pos yang Anda lakukan muncul di bawah hashtag baik itu pada Top Post atau Recent Posts, maka akun Instagram Anda aman. Sebaliknya jika postingan tadi tidak muncul pada akun teman Anda, maka bisa dipastikan akun Instagram Anda sudah terkena shadowban.

2. Memakai Instagram Shadowban Analyzer

Jika Anda merasa terlalu ribet menggunakan akun Instagram teman Anda, maka langkah selanjutnya bisa menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi tersebut bernama Instagram Shadowban Analyzer. Dengan menggunakan Aplikasi ini, Anda bisa mengetahui apakah akun Anda terkena shadowban atau tidak.

Caranya sendiri sangat mudah. Pertama Anda masuk terlebih dahulu ke aplikasi  tersebut yang dapat di cari pada Google. Setelah masuk, Anda tinggal masukan usernam atau postingan Anda sendiri pada Instagram dan paste-kan di dalamnya. Setelah itu, Anda bisa melihat hasilnya. Akan tetapi, dari segi keakuratannya, aplikasi ini masih dipertanyakan tingkat keakuratannya.

3. Follower terus menurun

Followers merupakan fitur penting di dalam Instagram. Dengan adanya Followers ini, akun Annda akan semakin eksis dan juga semakin dikenal luas oleh orang lain, bertambahnya follower ini tidak hanya dari sisi eksistensi saja, tetapi juga sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda jika menggunakan akun bisnis Intstagram.

Nah, jika Anda memperhatikan beberapa followers akun Anda mengalami penurunan dalam berhari-hari, maka hal tersebut patut dicurigakan. Sebab, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa akun Instagram Anda bisa jadi terkena shadowban. Jika hal ini dibiarkan terus menerus,  akun Anda bisa hilang begitu saja dan Anda akan sangat rugi, khususnya dalam bisnis.

4. Akun Anda “mati suri”

Maksud dari mati suri ini adalah akun Anda seperti sudah mati namun masih aktif di dalam Instagram. Contohnya saja Akun Instagram Anda tetap bisa digunakan seperti biasanya. Akan tetapi, tidak ada yang follow maupun like postingan Anda dama beberapa menit, jam, atau bahkan beberapa hari. Bahkan yang paling parah, tidak ada yang memberi komentar maupun memberikan balasan mengenai posting yang telah dipublikasikan. Hal tersebut tentunya sudah menandakan bahwa akun Instagram Anda sudah terkena shadowban.

Maka dari itu, salah satu ciri akun Instagram Anda yang sudah terkena shadowban adalah akun masuh aktif dan bisa melakukan postingan seperti biasa namun tidka dapat berinteraksi dengan akun lain. Dengan kata lain, akun Instagram Anda telah terisolasi dari dunia luar.

5. Anda tidak bisa memberikan komentar pada postingan orang lain

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya bahwa selian Anda tidak mendapatkan follower, like, dan balasan, Anda juga tdak bisa melakukan follow, like dan balasan pada akun lainnya. Contohnya saja, Anda menemukan sebuah akun merik dan ingin coba follow. Meskipun Anda berhasil melakukan follow, tetapi saat Anda coba cek akun, ternyata halaman akun yang sudah Anda follow tidak ada.

Begitu juga ketika Anda ingin membalas postingan orang lain ataupun memberikan like, Anda juga tidak akan bisa melakukannya. Oleh sebab itu, jika beberapa aktivitas di Instagram seperti terisolasi, akun Instagram Anda bisa dipastikan terkena shadowban.

Itulah ciri ciri Instagram kena shadowban yang tidak disadari. Shadowban ini juga bisa menjadi penyebab fitur teman dekat di Instagram tidak muncul. Salah satu tujuan Instagram menggunakan fitur shadowban ini adalah mebncegah akun instagram melakukan spam dan juga penyalahgunaan akun yang tidak bertanggung jawab.

Jika Anda berencana untuk membuka akun instagram baru, sebaiknya pelajari terlebih dahulub cara menghapus akun Instagram yang lama. Setelah itu lakukanlah cara mendaftar Instagram baru dengan mudah. Jika sudah, Anda bisa pelajari kembali fitur tersembunyi IG yang belum banyak diketahui orang. Semoga bisa bermanfaat.

You may also like