Home » Software » Mobile Software » Inilah 4 Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Video Call pada Android

Inilah 4 Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Video Call pada Android

by Elang Hendy Subrata

Aplikasi pesan instan saat ini menjadi salah satu aplikasi wajib yang ada di dalam smartphone. Salah satu aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia sendiri adalah Whatsapp. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang membuatnya langsung diminati oleh masyarakat Indonesia, salah satu fitur unggulannya adlaha video call.

Namun dalam beberapa hal, video call pada whatsapp terkadang tidak bisa dilakukan. Untuk mengetahui apa saja penyebab whatsapp tidak bisa melakukan video call, berikut ulasannya.

1. Whatsapp tidak diberikan izin mengakses kamera dan mic

Perlu Anda ketahui bahwa untuk dapat menjalankan fungsi aplikasi smartphone, Anda harus melakukan izin pada aplikasi tersebut agar dapat diakses dengan mudah. Hal ini juga berlaku pada Whatsapp. Ketika Anda ingin mencoba video call, pastikan kamera dan micropone telah diberikan izin.

Jika kamera dan mic tidak diberikan izin, maka video call tidak dapat dilakukan. Untuk bisa mengatur perizinan aplikasi, masuklah ke bagian setelan atau setting pada Android. Perlu diperhatikan jika setiap Android memiliki sistem setting sendiri. Setelah masuk ke bagian setelan atau setting, selanjutnya masuk ke dalam aplikasi dan cari aplikasi Whatsapp. Jika sudah menemukannya, tekan saja maka Anda akan masuk ke dalam setting aplikasi Whatsapp. Di sana, Anda tinggal tekan tombol “Izin Aplikasi” maka anda akan banyak menemukan berbagai macam izin yang harus dihidupkan. Silakan geser ke kanan pada bagian “Kamera” dan “Mikrofon” atau sampai tombol berubah warna. Jika sudah, maka Anda sudah mengizinkan Whatsapp untuk melakukan Video Call.

2. Aplikasi Whatsapp tidak pernah dilakukan update

Update pada suatu aplikasi perlu dilakukan agar aplikasi tersebut mendapatkan pembaharuan baik dari sisi perbaikan bug atau error ataupun penambahan fitur-fitur tertentu. Beitu juga dengan aplikasi Whatsapp ini. Apabila fitur video call tidak dapat dilakukan, maka bisa jadi aplikasi Whatsapp tidak pernah dilakukan update secara berkala.

Cobalah Anda cek aplikasi Whatsapp di Play Store dan pilihlah bagian “Aplikasi dan game Saya”. Di sana Anda dapat menemukan aplikasi maupun game mana saja yang harus dilakukan pembaharuan. Jika Anda menemukan Whatsapp di dalam daftar aplikasi yang perlu diperbaharui, segera lakukan pembaharuan. Caranya adalah dengan menekan tombol “update”, maka secara otomatis aplikasi Whatsapp akan diperbaharui. Namun peru catatan dalam pembaharuan suatu aplikasi, yakni jaringan internet harus stabil dan kuota internet cukup jika Anda menggunakan kuota. Setelah Whatsapp sudah diperbaharui, silakan dicoba aplikasinya dan lakukan vidoe call.

3. Jaringan internet bermasalah

Aplikasi pesan instan sangat berbeda dengan aplikasi pesan biasa seperti SMA ataupun telepon karena sistem jaringan yang digunakan pada pesan instan adalah menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu, jaringan internet sangat berpengaruh terhadap aplikasi pesan instan seperti Whatsapp ini. jika sebelumnya Anda tidak bisa melakukan video call menggunakan cobalah cek jaingan internet pada smartphone Anda.

Untuk mengetahui jaringan internet smartphone bermalah atau tidak adalah dengan mengecek langsung simbol pada samping ikon jaringan bar. Jika jaringan internet aktif, biasanya akan muncul  ikon berdasarkan jaringan yang digunakan. Contohnya, jika jaringan yang digunakan adalah 4G, maka secara otomatis simbol yang akan muncul adalah “4G”. Begitu juga dengan jaringan lainnya seperti “H”, “H+”, dan lainnya.

Jika simbol seperti yang sudah disebutkan diatas tidak muncul, maka bisa dipastikan internet pada smartphone tidak aktif. Untuk bagian ini bisa jadi ada dua kemungkinan. Pertama jaringan internet Anda bermasalah di daerah tersebut. Kedua, kemungkinan smartphone Anda bermasalah. Ketiga kartu sim Anda bermasalah.

Untuk mengatasi hal ini cukup rumit karena Anda harus mengecek satu-satu sampai ketemu masalah utamanya. Akan tetapi, masalah ini bisa sedikit diketahui jika Anda memiliki jaringan internet menggunakan Wifi. Jika smartphonedpaat menggunakan jaringan internet menggunakan Wifi, maka permasalahannya ada pada jaringan operator yang digunakan. cobalah ganti kartu SIM operator lama dengan yang baru dan silakan coba kembali.

4. Akun Anda telah diblokir

Kemungkinan terakhir yang bisa terjadi adalah akun Anda telah diblokir. Seperti yang telah diketahui jika Whatsapp bisa didaftarkan dengan menggunakan dua cara, yakni menggunakan nomor telepon dan akun email yang berbasis Google. Oleh sebab itu, katakan saja nomor telepon anda telah diblokir karena masa aktifnya sudah habis, namun Anda tetap dapat melakukan kontak pada nomor lain karena akun Anda masih aktif. Akan tetapi, akan menjadi berbeda jika akun Google Anda telah diblokir, Anda tidak akan bisa melakukan konta ke nomor manapun. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah mengganti nomor telepon dan akun Google. Silakan pelajari cara mendaftar Whatsapp baru  dan cara membuka Whatsapp yang diblokir teman dari berbagai sumber.

Itulah penyebab Whatsapp tidak bisa Video Call pada Android. Anda pun bisa baca fitur-fitur tersembunyi Whatsapp yang jarang diketahui oleh beberapa orang. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like