Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Inilah 4 Aplikasi Android untuk Motor Injeksi yang bermanfaat

Inilah 4 Aplikasi Android untuk Motor Injeksi yang bermanfaat

by Elang Hendy Subrata

Kecanggihan teknologi komputer saat ini telah memberikan perubahan yang signifikan dalam beberapa bidang. Dulu sebelum teknologi secanggih sekarang, banyak hal yang dilakukan harus secara tertulis dan manual. Contohnya saja dalam mengisi pendaftaran, dulu harus melalui prosedur yang cukup rumit dengan mengisi kertas pendaftaran, lalu setelah itu harus diantarkan ke tempat yang dituju.

Sekarang, dengan perkembangan jaringan komputer, pengisian formulir dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pengiriman pun juga dapat dilakukan di mana pun selama ada jaringan internet yakni melaui email, pesan instan, dan media pengiriman online lainnya. Nah ternyata perkembangan teknologi ini juga dimanfaatkan dalam bidang otomotif.

Memang peran teknologi pada kendaraan bermotor sudah lama digunakan seperti pembuatan speedometer digital, GPS, bahkan teknologi autopilot di dalam mobil yang masih terus dikembangkan sampai saat ini. Selain tenologi yang digunakan di dalam kendaran bermotor, saat ini juga teknologi yang melibatkan smartphone pada kendaraan bermotor kembali dilakukan.

Kendaraan motor sendiri merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena lebih cepat sampai tujuan, harganya pun lebih murah dibandingkan kendaraan lain. Saat ini selain adanya cara mengecek denda tilang online dan cara mengecek pajak motor online, ternyata masih ada aplikasi lain yang berhubungan dengan motor, yakni aplikasi untuk mengetahui kondisi motor injeksi. Seperti apa aplikasinya? Berikut 4 aplikasi Android untuk motor injeksi.

1. HD Scanner

Aplikasi yang pertama adalah HD Scanner. Mungkin kamu mengira aplikasi ini digunakan untuk scanner kertas dalam bentuk High Definition atau HD. Padahal aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi yang akurat tentang keadaan motor terutama untuk motor Honda karena aplikasi ini hanya khusus digunakan pada motor Honda.

Sistem kerja aplikasi ini adalah menghubungkan perangkat keras jaringan komputer yang ditanamkan pada motor Honda lalu dihubungkan ke smartphone. Nantinya semua informasi yang ada di dalam motor akan dihubungkan ke dalam smartphone melalui bluetooth. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui keadaan motor yang kamu gunakan apakah perlu dilakuka service atau tidak. Ditambah lagi di dalam aplikasi ini, kamu akan diberitahu tempat servis motor Honda terdekat.

2. RevTranslator

Aplikasi berikutnya adalah RevTransalator. Aplikasi ini khusus digunakan untuk motor Yamaha. Aplikasi ini dirancang untuk mengetahui seberapa baik mesin motor yang kamu punya, tentunya khusus untuk motor Yamaha. Tentunya hal ini sama dengan poin pertama mengenai aplikasi khusus motor Honda.

Sistem kerja aplikasi ini berbeda dengan poin pertama yang harus menggunakan sebuah perangkat keras jaringan komputer yang harus ditanam pada mesin motor. Untuk menggunakan aplikasi ini, cukup dekatkan pada motor yang sedang menyala untuk diambil suara mesin motornya. Setelah itu, nantinya akan muncul statistik mengenai kondisi mesin motor yang kamu punya apakah masih dalam keadaan baik atau ada masalah.

3. Yamaha Diagnostic Tools (YTD)

Masih dari motor Yamaha, namun dengan menggunakan aplikasi yang berbeda. Aplikasi satu ini dinamakan Yamaha Diagnostic Tools atau disingkat YTD. YTD ini merupakan aplikasi yang juga dikembangkan oleh pihak Yamaha dalam memberikan pelayanan dalam bentuk digital. Dengan menggunakan aplikasi ini diklaim dapat memberikan fitur-fitur yang lebih lengkap seperti sistem injeksi secara langsung, konformasi penyelesaian perbaikan, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kendaraan bermotor.

4. Y-TRAC

Aplikasi berikutnya masih dari buatan Yamaha. Aplikasi ini bernama Y-TRAC. Sayangnya, Untuk aplikasi ini hanya dapat digunakan pada motor Yamaha tipikal YZF-R1M 2015. Fungsi dari aplikasi ini adalah pengguna dapat memantau fungsi-fungsi yang ada pada motor Yamaha tersebut. Mulai dari sistem YRC-nya sampai ke sistem keselamatan yang disematkan pada aplikasi tersebut.

Selain itu, fungsi lain dengan menggunakan aplikasi Y-TRAC ini mampu merekam data-data motor dalam bentuk statistik layaknya statistik motor balap. Bahkan di dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan GPS sehingga memungkinkan motormu akan terus dipantau melalui GPS layaknya aplikasi transporasi online.

Jika kita bisa melihat kesimpulan dalam artikel ini sudah membuktikan bahwa manfaat jaringan komputer saat ini sudah sangat membantu umat manusia. Bahkan untuk para pengguna motor pun sudah tidak perlu harus pergi ke tempat bengkel hanya untuk mengetahui kondisi motornya. Dengan menggunakan aplikasi yang terintegrasi antara mesin dan smartphone, para pengguna sudah mengetahui bagaimana kondisi kendaraannya.

Akan tetapi, sayangnya aplikasi hanya berjalan di dua brand kendaraan motor saja, yakni Honda dan Yamaha. Sedangkan untuk motor dengan brand yang lain masih belum dibuat. Semoga saja suatu saat nanti akan muncul aplikasi kendaraan motor injeksi yang dapat digunakan untuk semua motor dalam berbagai jenis brand sehingga semua pengguna dapat menikmati fitur ini. Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kamu semua.

You may also like