16 Kelebihan Android Lollipop 5.1 dan 5.0.2

Sistem operasi Android merupakan salah satu jenis sistem operasi gawai yang saat ini telah mendunia. Berbagai gawai yang diproduksi oleh banyak pabrik terkenal seperti Google, Asus, Oppo, Xiaomi, dan lain sebagainya, menggunakan sistem operasi Android sebagai basis dasar sistem operasi gawainya. Hal itu menunjukkan bahwa banyak sekali keunggulan yang terdapat di dalam sistem operasi Android sehingga menghasilkan keuntungan baik untuk pengguna ataupun produsen dari gawai dengan sistem operasi Android tersebut. .

ads

Banyak hal yang menjadi ciri khas dari sistem operasi ini. Salah satu ciri khas dari sistem operasi Android adalah penamaan versi sistem operasi yang urut dengan huruf abjad sekaligus menyimbolkan nama makanan tertentu. Versi awal sistem operasi ini, yang pertama kali dirilis kurang lebih pada tahun 2008, memiliki codename Apple Pie alias Android 1.0. Berturut-turut setelah itu, terdapat android versi Banana Bread (1.1), Cupcake (1.5), hingga pada akhirnya sampai pada versi Android Nougat (7.x). Sampai saat artikel ini ditulis, Android Nougat masih menjadi versi Android yang paling baru. Secara kronologis, versi Android yang muncul di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Android 1.0
  • Android 1.1+
  • Cupcake (1.5)
  • Donut (1.6)
  • Eclair (2.0–2.1)
  • Froyo (2.2–2.2.3)
  • Gingerbread (2.3–2.3.7)
  • Honeycomb (3.0–3.2.6)
  • Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  • Jelly Bean (4.1–4.3)
  • KitKat (4.4+)
  • Lollipop (5.0+)
  • Marshmallow (6.0+)
  • Nougat (7.0+)

Walaupun sistem operasi Android yang dirilis sudah sampai pada versi Nougat, akan tetapi sistem operasi Android yang banyak digunakan oleh para pengguna gawai sampai saat ini rupanya bukanlah Nougat, melainkan versi Android yang ada di bawahnya, salah satunya adalah Lollipop. Kejadian ini tentunya bukan terjadi tanpa alasan. Selain karena keputusan pabrik yang tidak merilis update untuk gawai lama yang menggunakan Android Lollipop, ada pula penyebab lain yang patut kita telusuri, yaitu keunggulan seperti apakah yang ditawarkan dan dirasakan oleh para pengguna Lollipop sehingga mereka masih betah bertahan pada sistem operasi tersebut. Dengan demikian, kita akan mengetahui apa saja keunggulan Lollipop secara umum. Manfaat lainnya yang bisa kamu raih adalah, buat kamu yang masih menggunakan Android Lollipop, tidak perlu terburu-buru pindah ke versi android yang lebih mutakhir bila Lollipop sebenarnya sudah mencukupi kebutuhanmu.

Baca juga:

Nah, dari berbagai sumber, telah kami rangkum bahwa beberapa kelebihan Android Lollipop adalah sebagai berikut:

1. Antarmuka dengan tampilan grafis yang menyejukkan mata

Android Lollipop memiliki antarmuka yang lebih modern dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Material design, salah satu jenis desain antarmuka digunakan oleh Android sejak versi Lollipop ini. Dengan material design ini, kamu akan melihat antarmuka yang lebih cantik, indah, dan juga nyaman untuk dilihat oleh mata kita. Berbagai pilihan tema juga tersedia bila kamu sudah bosan dengan yang itu-itu saja.

2.. Support semua ukuran screen gawai

Android Lollipop juga menghadirkan fitur baru, yakni dukungan untuk multiple screen resolution, yang mungkin lebih tepatnya disebut sebagai dukungan all-screen resolution. Artinya, berapapun ukuran gawaimu, Lollipop akan menyesuaikan tampilannya agar sesuai dengan ukuran layar yang tersedia pada gawai tempat kamu menginstall Android Lollipop tersebut.


3. Fleksibilitas dalam mengatur notifikasi

Sejak Lollipop, Android juga menghadirkan fitur untuk dapat mengatur notifikasi yang kamu miliki. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur notifikasi yang mana yang akan ditampilkan atau akan disembunyikan, bahkan di blokir. Dengan demikian, notifikasi yang ditampilkan oleh Lollipop akan benar-benar sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Dengan sistem notifikasi ini, kamu juga melihat notifikasi yang muncul dari aplikasi tertentu tanpa harus keluar dari aplikasi tertentu yang sedang kamu jalankan.

4. Memiliki 64-bit ART compiler

Fitur berikutnya yang terdapat pada Android Lollipop, dan cukup memberikan kontribusi lebih besar pada kecepatan Android adalah adanya 64-bit ART compiler yang lebih efisien dibandingkan dengan Dalvik compiler. Penerapan hal ini juga membuat Android benar-benar menjadi cross-platform, yaitu dapat digunakan pada processor ARM, x86, atau MIPS. Adanya ART compiler akan membuat kerja memori lebih optimal sehingga aplikasi dapat berjalan dengan lebih cepat serta loading pun juga akan berkurang cukup drastis bila dibandingkan dengan Android versi sebelumnya.

5. Memiliki Proyek Volta sebagai fitur untuk meningkatkan daya tahan baterai

Optimalisasi juga dilakukan tidak hanya pada segi memori saja. Lollipop juga menghadirkan Proyek Volta, yaitu sebuah alat kontrol yang dapat membuat penggunaan baterai lebih efisien dibandingkan dengan versi sebelumnya. Proyek Volta dapat mematikan gawaimu apabila daya benar-benar sudah menipis sehingga umur baterai bisa lebih panjang. Selain itu, Proyek Volta juga dapat memberikan catatan yang terperinci tentang penggunaan daya baterai baik dari aplikasi atau fitur apapun yang sedang kamu gunakan.

Adanya pengatur pekerjaan atau API Job Scheduler juga dapat memastikan bahwa Lollipopmu akan menjalankan aplikasi atau tugas-tugas yang berat hanya pada saat baterai mengisi atau sedang dalam kondisi yang cukup. Selain itu, Proyek Volta juga membut Android Lollipopmu dapat menghemat baterai dengan cara menurunkan kecerahan layar, kerja CPU, interval update background, dan lain sebagainya. Intinya, Android Lollipop lebih efisien dalam memanfaatkan energi dari baterai.

6. Memiliki recents app yang lebih informatif

Pada Lollipop terdapat recents tab terbaru yang lebih informatif bila dibandingkan dengan recents app sebelumnya.

7. Mekanisme unlock dengan perangkat keras lain yang terhubung denganmu

Salah satu fitur yang keren dan sudah ada sejak Android Lollipop adalah kemampuan untuk melakukan unlock gawai Androidmu ketika terdapat perangkat keras milikmu sendiri yang sudah kamu sinkronkan sebelumnya terdeteksi pada jarak tertentu. Dengan demikian, kamu tidak perlu melakukan unlock berkali-kali apabila kamu memakai smartwatch yang sebelumnya sudah kamu sinkronkan dengan gawai Androidmu. Dengan demikian, lebih udah bukan?

Baca juga:

8. Memiliki fitur penggunaan work and play

Android Lollipop memberikan kemudahan bagimu untuk bisa mengoperasikan gawamu dalam dua jenis penggunaan yang berbeda, yaitu antara work and play alias bekerja dan bermain. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir saat bekerja resource akan banyak terbuang percuma, sementara saat kamu nge-game malah sumber daya gawaimu tidak beraksi dengan maksimal.

9. Peningkatan pada kemampuan pencarian

Android Lollipop juga hadir dengan meknisme search yang lebih efektif dan lebih akurat. Kamu bisa mencari hal tertentu dan menemukan temuan yang paling relevan dengan apa yang sebenarnya sedang kamu cari. Tentunya akan sangat memudahkan, terutama apabila kamu banyak berurusan dengan file-file yang sering kali terlupa kamu simpan di mana.

10. Keamanan yang lebih tinggi

Android Lollipop memiliki enkripsi otomatis untuk membantu melindungi data pada perangkat jika gawaimu hilang atau dicuri. SELinux juga akan berjalan pada semua aplikasi, sehingga perlindungan terhadap kerentanan dan malware juga akan menjadi lebih baik lagi. Bila kamu ingin lebih aman lagi, nyalakan fitu smartlock di mana Androidmu tidak akan terbuka kecuali bila kamu membawa perangkat lain yang sudah kamu sinkronkan sebelumnya untuk membuka gawaimu.

11. Tersedia device sharing

Dengan adanya device sharing, kamu bisa membagi akses internet dari gawaimu atau sebaliknya, serta akses-akses yang lain dengan perangkat yang dimiliki keluarga atau teman-temanmu.

12. Quick Settings lebih efisien

Quick settings atau setting cepat adalah salah satu menu pengaturan yang muncul bila kamu menarik ke bawah pada status bar gawaimu. Dengan akses ini, kamu bisa mengubah pengaturan telepon dengan cepat tanpa harus masuk ke menu seting utama. Beberapa pengaturan seperti akses data, Wifi, Bluetooth, atau lokasi dapat kamu nyalakan atau matikan dengan lebih cepat dan juga mudah. Dengan demikian kamu tidak akan membuang banyak waktu untuk melakukan navigasi ke tempat pengaturan utama.

13. Konektivitas lebih baik

Android Lollipop juga hadir dengan meningkatkan kemampuan konektivitas gawaimu. Akses internet yang lebih baik dan serta kemampuan koneksi bluetooth yang lebih kuat tetapi tetap hemat baterai. Pada Lollipop, Android tidak akan memutus koneksi kita jika kita berpindah dari jaringan Wi-fi ke jaringan paket data atau sebaliknya. Terdapat pula fitur khusus yang membuat internet hanya akan berjalan jika ada Wi-fi sehingga tidak akan memotong pulsa reguler.


Artikel lain yang bisa kamu baca:

14. Multimedia lebih asik

Adanya Android Lollipop membuat kualitas audio, video, dan kemampuan kamera kita akan berjalan lebih baik. Apalagi jika pabrik sudah menanamkan spesifikasi hardware yang bagus tentu hasilnya akan lebih keren.

15. OK Google

Pengen punya asisten pribadi di gawaimu? Di Lollipop, kamu sudah bisa mendapatkannya karena tersedia fitur OK Google, yang akan melakukan apa yang kamu inginkan dengan merekam terlebih dahulu perintah yang kamu berikan dengan suaramu.

16. Dukungan Xposed Framework

Buat yang satu ini, mungkin sudah familier di kalangan modder Android yang tidak suka bila Androidnya hanya berfungsi itu-itu saja. Salah satu aplikasi atau mungkin lebih tepatnya framework yang memungkinkan kamu melakukan modifikasi software Android dengan lebih advanced adalah Xposed Framework yang dibuat oleh salah satu developer berpengalaman yang aktif di forum xda.

Itulah beberapa kelebihan Android Lollipop yang mungkin membuat banyak orang betah untuk bertahan dengan Lollipop kesayangannya. Kamu bagaimana?

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, August 2017 / 08:24 Oleh :
Kategori : Andoid