6 Kelebihan Ubuntu yang Perlu Diketahui

Ada banyak jenis sistem operasi komputer sekarang ini. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis sampai opensource, kita bisa mendapatkannya di mana-mana. Saking banyaknya sistem operasi yang ada di luar sana, kadang kala kita sebagai user juga akan bingung sendiri. OS apa yang perlu dipilih untuk laptopmu? Pertimbangan apa yang perlu kamu pikirkan?

ads

Dalam memilih sistem operasi, ada banyak hal yang perlu kamu pikirkan. Salah satunya adalah untuk apa laptopmu akan kamu gunakan. Apakah untuk bekerja kantoran, atau untuk membuat desain grafis, apakah untuk koding web atau koding pemrograman, dan lain sebagainya. Tujuan-tujuan itu akan menentukan OS apa yang perlu kamu install di laptopmu. Tapi tidak hanya itu saja, kamu juga perlu tau apa kelebihan atau keunggulan sebuah sistem operasi agar kamu dapat memutuskan mana yang paling baik untuk kebutuhanmu.

Ubuntu adalah salah satu jenis sistem operasi yang populer baik di Indonesia ataupun di dunia. Sistem operasi ini merupakan varian dari Linux yang sudah lama digunakan oleh banyak pengguna komputer jinjing ataupun komputer rumahan. Sistem operasi Ubuntu resmi didukung oleh Canonical Ltd., sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan bernama Mark Shuttleworth. Tujuan dari penyebaran sistem operasi Linux Ubuntu adalah untuk membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia software. Sebagai sistem operasi lengkap berbasis Linux, Ubuntu tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan yang cukup banyak baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Mengapa Ubuntu begitu populer? Tentu tidak terlepas dari kelebihan yang ada pada sistem operasi ini. Apa saja kelebihan Ubuntu bila dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya? Simak di bawah ini ya?

Baca juga:

1. Mekanisme Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi Terpusat

Salah satu keunggulan dari sistem operasi Ubuntu adalah adanya pusat pembaruan yang dapat memudahkanmu melakukan pembaruan sistem operasi ataupun aplikasi dengan mudah dan cepat. Hal yang sama tidak akan kamu dapatkan pada sistem operasi populer lain seperti Windows. Pada sistem operasi Windows, saat akan melakukan pembaruan maka akan muncul popup yang meminta Windows untuk diperbarui. Bila kamu memilih iya maka akan dilakukan restart untuk menginstall pembaruan aplikasi di Windowsmu.

Setelah di restart maka proses installasi juga akan membutuhkan waktu relatif lama, tergantung spesifikasi komputer yang kamu miliki. Pastinya hal ini sangat menggangu kan? Jangan khawatir, karena di Ubuntu hal tersebut tidak akan kamu temui. Bahkan, kamu bisa mengupdate tidak hanya sistem operasinya saja, tetapi sekaligus dengan aplikasi-aplikasi lain yang kamu install di dalam Ubuntu yang kamu miliki. Sementara pada Windows untuk melakukan pembaruan pada aplikasi yang terinstall, dibutuhkan waktu yang cukup lama sekaligus mekanisme yang terpisah-pisah karena tidak ada pusat pembaruan yang tersedia.

Pada Ubuntu. Semuanya dilakukan melalui repositori dan menggunakan update manager yang didedikasikan untuk memperbarui kedua sistem operasi dan semua aplikasi yang terinstal. Jadi kamu hanya harus mengatur update di satu tempat. Hal ini membuat proses jauh lebih efisien.

Baca juga:

2. Keamanan Lebih Kuat

Apabila kamu adalah salah satu orang yang cukup paranoid terhadap masalah keamanan, maka Ubuntu bisa menjadi salah satu alternatif sistem operasi untukmu. Ada banyak hal yang membuatmu Ubuntu secara teoritis ataupun praktikal menjadi lebih aman daripada sistem operasi Windows. Pertama, pengguna awalan dalam Ubuntu memiliki lebih sedikit perizinan dibandingkan dengan Windows. Di Ubuntu, kamu perlu mengubah akses akunmu menjadi super-user atau dengan mengetik sudo di terminal lalu mengisi password. Hal ini akan menghambat aplikasi yang berbahaya terinstall secara otomatis karena setiap hendak menginstall aplikasi diharuskan untuk memasukkan password pengguna terlebih dahulu.


Walaupun Ubuntu di Indonesia masih belum terlalu populer, akan tetapi kemungkinan virus menyerang Ubuntu juga tetap ada. Hanya saja akan lebih sulit untuk membuat virus di Ubuntu karena banyaknya requirements yang perlu dimiliki oleh komputer pengguna sebelum virus dapat berjalan dengan baik. Terlebih lagi, ada pula fitur antivirus di dalam sistem operasi Ubuntu yang kamu miliki.

Baca juga:

3. Mengubah Tampilan Desktop lebih Leluasa

Salah satu hal yang membuat pengguna komputer betah dalam menggunakan sistem operasi tertentu adalah masalah antarmuka yang cantik dan menarik. Di dalam sistem operasi Ubuntu, ada banyak sekali kostumisasi yang membuatmu leluasa mengubah tampilan komputermu sesuka hati. Hal yang sama tidak akan ditemui pada sistem operasi lain seperti Windows. Memang ada banyak kostumisasi yang dapat dilakukan pada Windows sekarang ini, akan tetapi hal itu masih sangat jauh bila dibandingkan dengan keleluasaan yang diberikan Ubuntu.

Pada sistem operasi Ubuntu, setiap aspek antarmuka dapat dengan mudah diubah. Ingin tombol jendela di sebelah kanan? Silakan saja. Bosan dengan ikon yang itu-itu saja? Bisa dirubah. Tampilan tulisannya terlalu kaku? Silakan dicari yang lebih sesuai dengan selera Anda.

Screenshot di bawah ini adalah Desktop Ubuntu 16.04. Hanya dibutuhkan sekitar 5 menit untuk menerapkan tampilan seperti dibawah ini saat pertama kali instalasi Ubuntu selesai.

Baca juga:

4. Penggunaan RAM Lebih Efektif

RAM yang terbatas adalah salah satu hambatan apabila kamu ingin bekerja dengan multitasking. Tidak selamanya pula kamu bisa membeli RAM tambahan karena masalah keuangan juga perlu dipikirkan masak-masak bukan? Nah, maka salah satu solusi yang tepat apabila kamu tetap ingin bekerja dengan lebih efektif dan efisien tanpa perlu merogoh kocek yang cukup dalam adalah dengan menggunakan sistem operasi yang memiliki penggunaan RAM lebih efisien.

Pada Ubuntu secara relatif memiliki penggunaan RAM yang lebih baik bila dibandingkan Windows yang memiliki banyak background process dan semacamnya yang bisa jadi akan menghambat pekerjaanmu. Sementara pada Ubuntu, background process tidak terlalu banyak dan hanya dipilih yang prinsip-prinsip saja sehingga kamu masih dapat memanfaatkan banyak ruang RAAM untu menjalankan aplikasi yang ingin kamu jalankan. Salah satu benchmark menunjukkan bahwa Ubuntu menggunakan kapasistas RAM sekitar 40% lebih sedikit bila dibandingkan dengan Windows.

Bila komputer kamu speknya di bawah rata-rata, maka juga tersedia versi Ubuntu yang lebih light dan tentunya memiliki kemampuan pengelolaan sumber daya RAM yang lebih efektif.

Artikel lain yang bisa kamu baca:

5. Adanya Live Environment

Di Ubuntu dan banyak sistem operasi berbasis Linux lainnya, kita bisa melakukan boot up Ubuntu langsung dari media USB/CD/atau hardisk eksternal yang kamu miliki. Dengan fitur ini kita bisa menjalankan sistem operasi Ubuntu tanpa perlu melakukan installasi terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna apabila kamu ingin mencoba-coba terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan akan menggunakan OS Ubuntu tanpa perlu kehilangan data atau memindah-mindah data penting dari laptop.

6. Gratis!

Yup, Ubuntu itu gratis! Bagi orang-orang yang punya duit terbatas seperti kita, apalagi yang lebih menarik dibandingkan dengan sesuatu yang gratis?

Itulah beberapa kelebihan Ubuntu yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui kelebihan di atas, apakah kamu berniat menggunakan Ubuntu?

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, August 2017 / 08:51 Oleh :
Kategori : Sistem Operasi