Inilah 6 Software Pembuat Aplikasi Desktop yang Paling Mudah Digunakan

Aplikasi di dalam sebuah komputer sangatlah penting. Tanpa adanya sebuaha apliksi, sebuha komputer akan sulit menjalankan fungsinya. Untuk dapat membuat sebuah aplikasi, tentunya dibutuhkan sebuah software yang tepat.

ads

Tidak semua software dapat membuat aplikasi untuk deskop. Sebab software yag dibutuhkan termasuk khusus. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada juga software-software yang mudah digunakan untuk membuat sebuah aplikasi desktop. Berikut di antaranya.

1. TideSDK

Mungkin kamu cukup asing dengan software ini. Namun, TideSDK termasuk software yang cocok untukmu dalam pembuatan aplikasi untuk komputer. TideSDK sendiri kepanjangan dari Titanium Desktop Software Developmen Kit.

Keunggulan paling menonjol dari software ini adalah para programmer mudah membuat dua mode ketika membuat sebuah aplikasi. Dua mode tersebut adalah aplikasi untuk web dan aplikasi untuk desktop. Pada dasarnya, TideSDK merupakan open source. Dengan begitu, kamu dapat menggunakannya dengan cuma-cuma. Keunggulan lain dari software ini antara lain sangat mendukung tiga bahasa pemrograman yag cukup populer. Tiga bahasa pemrograman itu antara lain Ruby, PHP, dan juga Python.

2. Electron

Software Electron sedikit lebihb unik diandingkan dengan software yang lain. Hal tersebut dikarenakan software ini menggabungkan kemudahan dalam membuat website dengan membuat aplikasi komputer. Contohnya seperti ini, Kamu membuat sebuah aplikasi web dengan nama “BETA”. Pada saat kamu membuat aplikasi versi komputernya, maka kamu tinggal meneruskan saja source code yang ada di dalam aplikasi “BETA” tersebut. Dengan begitu, kamu idak perlu membuat source code yang baru untuk versi desktopnya.

Hebatnya lagi, software ini juga dapat membuat aplikasi yang tidak hanya untuk jenis sistem operasi Windows saja. Linux dan juga MacOS pun juga dapat dibuat dengan menggunakan Electron ini. Maka dari itu, jika kamu membutuhkan software yang cukup lengkap, Electron bisa menjadi solusi bagimu.

3. Code Lobster PHP Edition

Apabila kamu membutuhkan software yang memiliki segudang plugin yang lengkap dan juga sederhana. Maka Software Code Lobster PHP Edition adalah jawabannya. Software ini memiliki plugin yang cukup banyak. Di antara plugin yang populer adalah Codeigniter, Joomla, WordPress, Facebook, dan fitur-fitur lainnya.

Selain banyaknya pugin yang dipakai, software ini juga minimalis sehingga dapat memudahkan para programmer untuk dapat membuat aplikasi desktop. Pada dasarnya software ini menggunakan PHP. Meskipun seperti itu, Code Lobster PHP Edition juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti CSS, HTML, dan juga javascript.

4.Intellij IDEA

Bagaimana jika ingin software yang menggunakan bahasa pemrograman Java? Tenang saja. Untuk masalah itu, kamu bisa mengandalkan Intellik IDEA. Software tersebut memang lebih fokus pada platform yang berbasi Java. Hal tersebut bisa terjadi karena developer Intellij IDEA sendiri dibuat oleh JetBrains.

Selain keunggulannya yang pada pembuatan aplikasi berbasis Java, software ini juga bisa disebut paling cerdas integrasinya. Oleh sebab itu, Intellij IDEA sangat populer digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi, terutama dekstop. Intellij IDEA sendiri memiliki dua macam versi, yakni versi gratis dan juga berbayar. Sama halnya dengan software-software lainnya, versi berbayar jauh lebih lengkap dibandingkan versi gratisnya.


5. Cloud Motion

Ada tidak ya software yang sangat lengkap dalam pembuatan semua aplikasi? Jika itu yang kamu cari, maka Cloud Motion menjadi pilihanmu. Software ini bisa dibilang adalah salah satu software yang cukup lengkap. Disebut lengkap karena  mampu memberikan layanan dalam pembuatan aplikasi untuk desktop, mobile, dan juga website.

Hebatnya lagi, software ini juga mempunyai fitur yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Contohnya saja, fitur pengembangan website, fitur untuk dapat mengatur website, fitur untuk memantau media sosial baik yang untuk versi website itu sendiri maupun versi smartphone.

6. Oxagile

Kamu ingin membuat aplikasi desktop dengan gaya kamu sendiri? Oxagile bisa menjadi harapanmu. Oxagile adalah sebuah software yang memiliki keunggulan cukup unik. Keunikan tersebut ada pada kostumisasinya. Dengan fitur tersebut, kamu dapat berkreasi sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Kostumisasi pada Software Oxagile ini memiliki levelnya sendiri. Dari yang paling kecil sampai level kostum yang paling profesional. Tentu saja pada level profesional, maaka kamu dapat mengubah banyak fitur yang terbilang rumit dibandingkan level kecil. Sama halnya dengan Cloud motion, software ini juga tidak hanya melayani pembuatan aplikasi desktop saja. Aplikasi untuk smartphone juga dapat dilakukan. Hebatnya lagi, tidak hanya support Android saja, Balckberry, iOS, bahkan sampai Windows Phone juga bisa sangat didukung oleh software ini.

Itulah 6 software pembuat aplikasi desktop yang mudah digunakan. Setelah melihat keenam software tersebut bisa disimpulkan jika semua software memiliki keunggulan dan juga kelemahannya masing-masing. Sekarang tinggal kamu saja lebih memilih software seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Satu hal lagi, jangan sampai kamu sampai tidak bisa mengetahui perbedaan software dan aplikasi. Sebab hal tersebut bisa menjadi kesalahan persepsi yang tidak pernah selesai sampai kapanpun.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software