Home » Tutorial » 7 Cara Mengetahui/Lacak Identitas Nomor HP Tidak dikenal

7 Cara Mengetahui/Lacak Identitas Nomor HP Tidak dikenal

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak berkembangnya perangkat seluler & di temukannya kartu SIM pada tahun 90’an membuat kini semua orang dapat berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh dengan cukup membuka perangkat smartphone yang dimiliki. Baik untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan singkat (sms), mengirim pesan online (whatsapp) dan juga melakukan video call.

Di dalam kartu SIM sendiri terdapat beberapa komponen agar proses panggilan telepon bisa dilakukan seperti komponen ICCID (Intergrated Circuit Card Identifier), IMSI (International Mobile Subscriber Identity), dan juga MSISDN (Mobile Subscriber Integrate Service Digital Network Number) atau biasa di sebut nomor telepon. Yang nantinya kartu SIM akan mendeteksi sinyal BTS terdekat sehingga smartphone dapat digunakan sebagai alat komunikasi.

Dengan kecanggihan teknologi yang di miliki tentunya membuat pengguna semakin terbantu dengan keberadaan Kartu SIM pada perangkat smartphone. Namun sayangnya dengan segala kemudahan yang di dapatkan namun masih ada saja pihak yang melakukan tindakan merugikan orang lain menggunakan nomor tak dikenal baik hanya untuk sekedar iseng semata maupun melakukan tindak kejahatan seperti penipuan.

Tentunya hal itu sangat merugikan pengguna, terutama bagi kalangan yang masih gaptek terhadap perangkat gadget seperti kalangan orang tua contohnya. Tak ayal banyak orang tua yang tertipu dengan modus undian berhadiah. Tentunya kita tak ingin hal itu menimpa keluarga kita. Selain dengan melaporkan ke pihak berwajib terkait masalah penipuan. Ternyata kita juga bisa melacak nomor sang penipu menggunakan beberapa aplikasi. Sebelum kami menjelaskan caranya, pada kali ini kami akan membahas apa itu nomor telepon beserta fungsinya.

Lalu Apa itu Nomor Telepon?

Nomor Telepon adalah deretan angka yang digunakan untuk memanggil satu sambungan telepon ke sambungan lain dalam jaringan komunikasi telepon yang terpasang pada kartu SIM dimana di setiap kartu SIM memiliki Nomor Telepon yang berbeda yang digunakan sebagai identitas pengguna smartphone.

Pada awal pembuatannya nomor telepon masih pendek dan di minta secara oral (langsung) kepada operator. Namun kini nomor telepon semakin panjang hingga sebanyak 12 Digit seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna perangkat smartphone. Selain itu kini nomor telepon juga bisa menghubungkan tidak hanya dengan perangkat smartphone lain, tapi juga dapat menghubungkan perangkat lain seperti komputer dan mesin fax menggunakan jaringan internet yang di hubungkan melalui kabel LAN dan Modem.

Setelah kita mengetahui apa itu nomor telepon. Pada kali ini kami akan membahas Jenis Kartu berdasarkan Nomor Telepon Operator. Hal ini di karenakan banyak pengguna smartphone masih belum mengetahui jenis dan nama operator kartu yang digunakan orang lain saat ingin melakukan panggilan.

Padahal kita bisa mengetahui nama operator kartu yang digunakan orang lain dengan melihat 4 digit nomor awalannya. Adapun Jenis dan nama Kartu Operator berdasarkan Nomor HP akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Jenis Kartu Operator Indonesia Berdasarkan Nomor Ponsel

  1. Telkomsel. Kartu Simpati memiliki 4 produk (1 Pasca Bayar dan 3 Prabayar) yang dapat diketahui dengan 4 digit angka di depannya. Yaitu Kartu Halo (0811), Kartu Simpati & Loop (0812, 0813, 0821 dan 0822) dan Kartu AS (0823, 0852 & 0853)
  2. XL Axiata. Walaupun Axis sudah diakuisi oleh perusahaan XL namun nomor pengguna Axis dan XL masih sama seperti dahulu dalam hal 4 digit nomor di depannya yaitu XL (0817, 0818, 0819, 0877, 0878 dan 0859). Dan pengguna axis memiliki nomor awalan (0831, 0832 dan 0838)
  3. Indosat. Indosat memiliki 3 Produk (1 Pasca Bayar dan 2 Prabayar) yaitu Matrix (0814, 0815, 0816 dan 0855), Mentari (0815, 0816 dan 0858) dan juga Im3 (0856 & 0857)
  4. Tri. Katu Tri memiliki 2 Produk (1 Pasca Bayar dan 1 Prabayar) dan keduanya memiliki 4 digit nomor awalan yang sama yaitu (0898 dan 0899)
  5. Smartfen. Kartu smartfren juga memiliki 2 produk (1 pasca bayar & 1 prabayar). Kartu smartfren memiliki nomor awalan (0881, 0888 dan 0889)

Setelah kita mengetahui 4 digit nomer awalan ponsel yang digunakan di setiap operator seluler. Pada kali ini kami akan membahas cara mengetahui & melacak identitas nomor Hp tak di kenal. Hal ini berguna bila kita ingin mengecek nomor yang telah meneror kita atau mencoba melakukan penipuan sehingga nantinya bisa kita tindak lanjuti. Adapun cara nya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

7 Cara Mengetahui/Melacak Identitas Pemilik Nomor HP (Telepon) Tidak di Kenal

Menggunakan Aplikasi Whoscall

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengetahui & melacak identitas pemilik nomor Hp tak dikenal adalah menggunakan aplikasi bernama whoscall. Dengan menggunakan beberapa fitur pada aplikasi ini maka kita bisa mengetahui siapa yang telah menelpon kita, memblokir telepon mengganggu, dan pencarian nomor telepon.

Hal ini  dikarenakan aplikasi ini memiliki database online yang menyimpan 1 miliar nomor pengguna dari seluruh dunia. Selain itu layanan aplikasi ini juga telah bekerja sama dengan pihak kepolisian Taiwan. Adapun cara mengetahui informasi pemilik dari nomor ponsel menggunakan aplikasi whoscall akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui Informasi Pemilik Nomor Ponsel Menggunakan Aplikasi Whoscall

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplkasi Whoscall di Playstore atau melalui link berikut ini https://global.whoscall.com/en-MY/download/android
  2. Selesai di Instal Buka Aplikasi Whoscall
  3. Lalu akan Muncul Notifikasi seputar Fitur dan Kemampuan yang di miliki aplikasi whoscall. Kita bisa Klik Menu Tutorial Guide untuk mendapatkan informasi lebih.
  4. Namun bila tak ingin maka kita langsung Pilih Opsi Done
  5. Setelah itu kita lakukan Pengaturan Aplikasi Whoscall dengan cara Klik Tombol Tiga Titik Vertikal di Pojok Kanan Atas layar
  6. Lalu kita Pilih Opsi Setting
  7. Kemudian kita Pilih Beberapa Opsi yang di butuhkan untuk mengetahui identitas dari pemilik nomor ponsel tak dikenal. Lalu Klik OK/Simpan
  8. Setelah itu kembali ke Home Screen. Lalu Pilih Menu Bericon Bintang
  9. Kemudian kita Klik Identity Carrier
  10. Setelah itu Aplikasi Whoscall akan meminta kita untuk Mengimpor Nomor Kontak dari semua data yang ada di Phonebook Smartphone kita
  11. Setelah berhasil di Impor maka kita akan mendapatkan seluruh daftar kontak yang terintegrasi dengan Database milik whoscall secara online
  12. Selesai. Kini setiap ada panggilan telepon atau sms masuk ke smartphone kita maka secara otomatis aplikasi whoscall akan memberi tahu siapa nama pemilik nomor tersebut dan informasi terkait nomor telepon tersebut
  13. Selain itu kita juga bisa melihat semua informasi si penelepon dari menu History pada aplikasi whoscall

Aplikasi ini memiliki nilai rating 4.3 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi whoscall maka kita di haruskan memiliki smartphone android versi 5.0 ke atas. Aplikasi whoscall memiliki ukuran file sebesar 38 MB dan telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Menggunakan Aplikasi Truecaller

Cara kedua yang akan kami jelaskan untuk mengetahui identitas pemilik nomor Hp tak di kenal adalah melalui aplikasi bernama truecaller. Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengidentifikasi penelpon, memblokir panggilan dan pesan singkat, dan merekam panggilan (obrolan dan suara) menggunakan internet.

Aplikasi Truecaller pertama kali dirilis pada tanggal 1 Juli 2009 oleh perusahaan bernama True Software Scandinavia AB. Adapun cara mengetahui dan melacak identitas pemilik nomor Hp tak dikenal menggunakan aplikasi truecaller akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui dan Melacak Identitas Nomor Hp Tak dikenal Menggunakan Aplikasi Truecaller

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Treucaller di Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller
  2. Selesai di Instal. Lalu kita Buka Aplikasi Truecaller dan Klik Tombol Mulai
  3. Kemudian kita Klik Tombol Register untuk melakukan Pendaftaran.
  4. Lalu Masukan Nomor Telepon yang kita gunakan
  5. Setelah itu Tunggu Beberapa detik hingga muncul Kode Verifikasi melalui kotak masuk SMS
  6. Setelah Kode verifikasi di dapat. Lalu kita Masukan Kode Verifikasi tersebut pada Kolom yang tersedia
  7. Selesai. Kini aplikasi Truecaller bisa kita gunakan
  8. Untuk menggunakan sendiri adalah Masukan Nomor tak dikenal ke Menu Search yang ada pada aplikasi. Sehingga nantinya aplikasi akan secara otomatis melacak identitas pemilik nomor telepon tak dikenal tersebut menggunakan database yang dimiliki secara online

Aplikasi ini memiliki rating 4.5 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi Truecaller kita diharuskan untuk menggunakan smartphone android versi 5.1 ke atas. Aplikasi Truecaller memiliki ukuran file sebesar 89 MB dan telah di download oleh lebih 500 Juta pengguna.

Menggunakan Aplikasi TrapCall

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk mengetahui dan melacak identitas pemilik nomor Hp yang tak dikenal adalah menggunakan aplikasi bernama TrapCall. Dengan menggunakan fitur pada aplikasi ini maka kita bisa melakukan banyak hal seperti melacak dan memblokir nomer telepon yang tidak dikenal, merekam panggilan masuk dan memblokir semua nomor telemarketing dengan lebih 100 ribu nomor sehingga nomor tersebut tidak bisa menghubungi kita lagi. Adapun cara melacak identitas pemilik nomor telepon tak dikenal menggunakan aplikasi trapcall akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melacak Identitas Pemilik Nomor HP Tak dikenal Menggunakan Aplikasi TrapCall

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi TrapCall melalui Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.teltechcorp.trapcall
  2. Setelah aplikasi terpasang. Maka kita tinggal Tunggu panggilan masuk dari nomor tak dikenal
  3. Setelah Panggilan dari nomor tak di kenal Masuk ke Smartphone kita, maka aplikasi trapcall secara otomatis akan Menampilkan secara lengkap Informasi dari penelepon gelap tersebut mulai dari Detail Nomor, Nama Pemilik Nomor hingga Alamat Pemilik Nomor
  4. Selesai. Setelah kita mengetahui identitas dari penelepon gelap tersebut. Lalu kita bisa melakukan tindakan selanjutnya seperti menelepon balik, memblokirnya atau bahkan melaporkannya ke pihak berwajib karena datanya sudah kita miliki

Aplikasi Trapcall memiliki nilai rating sebesar 2.6 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini maka kita di haruskan menggunakan smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi trapcall memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan aplikasi sejenis yaitu hanya sebesar 17 MB dan telah diunduh oleh lebih 1 Juta pengguna.

Menggunakan Aplikasi Du Caller

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengetahui dan melacak identitas pemilik nomor telepon tak di kenal adalah menggunakan aplikasi bernama Du Caller. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kita bisa melacak panggilan masuk dari nomor tak di kenal ke smartphone kita. Baik itu berupa Identitas Nama Pemilik Nomor dan juga Lokasi dia berada. Dengan cara menemukan kode STD dan Kode ISD dari pemilik nomor telepon gelap tersebut. 

Selain itu dengan aplikasi ini kita juga bisa memblokir nomor yang sering melakukan sms spam kepada smartphone kita. Contohnya saja sms promo dari telemarketing yang tekadang membuat kita merasa terganggu. Adapun cara melacak identitas dari pemilik nomor ponsel tak menggunakan Aplikasi Du Caller akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui dan Melacak Identitas Nomor HP Tak Di kenal Menggunakan Aplikasi Du Caller

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Du Caller di Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DUcalleradress.trackerlocation.callerid
  2. Selesai di Install. Lalu kita Buka Aplikasi Du Caller. Bila Muncul Notif maka kita Klik Tombol Izinkan
  3. Kemudian Aplikasi Du Caller akan Menampilkan Slide yang berisi Informasi mengenai fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi Du Caller dan bisa digunakan oleh pengguna
  4. Kemudian kita Klik Tombol Next Terus hingga muncul tombol Use Du Caller
  5. Lalu kita Klik Tombol Use Du Caller tersebut
  6. Setelah itu Aplikasi Du Caller akan melakukan Pemindaian terhadap nomor tak di kenal melalui Daftar Panggilan Masuk di Smartphone kita.
  7. Setelah di temukan maka aplikasi Du Caller akan Melacak Nomor tak di kenal tersebut menggunakan Database yang mereka miliki
  8. Setelah Pemindaian selesai. Maka aplikasi Du Caller akan Menampilkan Kontak yang sebelumnya tanpa nama (tak dikenal), namun kini di lengkapi dengan Nama Pemilik Nomor HP tersebut
  9. Selesai. Dengan bantuan Database yang dimiliki aplikasi Du Caller maka kini kita bisa mengetahui pemilik nomor tak dikenal tersebut

Aplikasi Du Caller memiliki nilai rating sebesar 3.1 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi Du Caller kita harus menggunakan smartphone android versi 4.2 ke atas. Aplikasi ini memiliki ukuran file yang sangat kecil yakni hanya sebesar 4.5 MB dan telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna.

Menggunakan Aplikasi Show Caller

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk mengetahui dan melacak identitas pemilik nomor Hp tak dikenal adalah menggunakan aplikasi bernama Show Caller. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan bernama Showcaller Caller ID Studio yang mengkhususkan diri dalam layanan mengidentifikasi nama ID penelepon, memblokir sms spam dan memblokir nomor panggilan penipuan.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur merekam panggilan dan melacak lokasi dari sang penelpon gelap. Adapun cara melacak identitas pemilik nomor telepon tak di kenal menggunakan aplikasi showcaller akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui dan Melacak Identitas Nomor Hp Tak Dikenal Menggunakan Aplikasi ShowCaller

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Show Caller di Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.allinone.callerid
  2. Setelah di Instal. Lalu kita Buka Aplikasi Show Caller dan Klik Tombol Mulai
  3. Kemudian Muncul Jendela Pop Up yang berisi Tulisan”Mengizinkan Showcaller Melakukan dan Mengelola Panggilan telepon”
  4. Lalu kita Klik Tombol Paham dan Izinkan
  5. Setelah itu Muncul Pilihan “Apakah kita akan Mengaktifkan Fitur Merekam Panggilan Otomatis pada Aplikasi ini”. Bila kita Ingin maka Klik Tombol Aktifkan. Namun bila kita Tak Ingin maka kita Klik Tombol X (silang) di Pojok Kanan Atas Layar
  6. Lalu Muncul Jendela Pop Up untuk “Mengaktifkan ID Pemanggil pada Aplikasi”. Lalu kita Klik Tombol OK
  7. Setelah itu kita di Arahkan ke Halaman Pengaturan Sistem Android. Lalu kita Geser Slider ke Kanan pada Opsi “Izinkan di Tampilkan di atas Aplikasi Lain”
  8. Selesai. Kini Aplikasi Show Caller secara otomatis akan Menampilkan Nama Pemilik Nomor Hp yang tak di kenal. Nomor telepon ini di dapat dari menu daftar panggilan di smartphone kita

Aplikasi Showcaller memiliki rating 4.3 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi Show Caller maka pengguna harus memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi Show Caller memiliki ukuran file sebesar 9 MB dan telah di unduh lebih dari 10 juta pengguna

6.Melalui Website Truecaller.com

Cara Ke enam yang akan kami jelaskan untuk melacak identitas pemilik nomor telepon tak di kenal adalah melalu website truecaller.com. Hampir sama dengan versi aplikasinya. Situs truecaller.com juga dapat di gunakan untuk melakukan pelacakan lokasi dan nama pemilik dari nomor telepon yang tak dikenal.

Namun kelebihan dengan cara ini kita tak perlu repot lagi untuk mengunduh aplikasinya sehingga mampu mengirit kuota internet kita. Adapun cara melacak identitas pemilik nomor telepon tak dikenal melalui situs truecaleer.com akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui dan Melacak Identitas Pemilik Nomor Hp Tak Di kenal Melalui Situs Truecaller.com

  1. Pertama-tama kita Buka Situs https://www.truecaller.com melalui browser di Laptop / Smartphone kita (Chrome)
  2. Setelah berhasil masuk ke Home Page. Lalu kita Klik Menu Drop Down dan Pilih Negara Indonesia (+62)
  3. Kemudian kita Ketik Nomor Telepon yang tak di kenal pada Kolom Pencarian dan Klik Tombol Search
  4. Setelah itu kita di haruskan Daftar telebih dahulu untuk melanjutkan Proses Pencarian Identitas Nomor Hp menggunakan layanan web tersebut. Daftarnya sendiri bisa menggunakan Akun Google (Gmail) yang kita miliki atau menggunakan Akun Microsoft
  5. Bila kita Pilih Akun Google. Maka silahkan Masukan Nama Akun Gmail kita beserta Passwordnya sehingga Proses Pendaftaran berhasil
  6. Setelah Proses Pendaftaran Berhasil maka situs akan Menampilkan Hasil dari pencarian berupa Informasi terkait pemilik nomor telepon tak di kenal tersebut seperti Nama Pemilik Nomor, Operator Seluler dan Negara Asal Pemilik Nomor tersebut. Selanjutnya kita Bisa Klik Tombol Save Contact bila ingin menyimpan kontak tersebut
  7. Selesai. Kini Identitas Pemilik Nomor telepon tak di kenal telah diketahui

Melalui Menu Dial Up

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk mengetahui dan melacak identitas pemilik nomor Hp tak di kenal adalah melalui menu Dial Up. Untuk menggunakan cara ini tentuya kita diharuskan mengetahui kode dial up pada masing-masing operator seluler yang kita gunakan. Hal ini di karenakan tiap operator seluler memiliki kode dial up yang berbeda-beda. Adapun cara melacak identitas pemilik nomor telepon tak di kenal melalui menu dial up akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melacak Identitas Pemilik Nomor Hp Tak di kenal Melalui Menu Dial Up

Kartu Telkomsel

  1. Pertama-tama Buka Menu Dial Up di Hp Android kita
  2. Kemudian Pada Kolom Dial Up kita Ketik *250#
  3. Setelah itu kita Tekan Tombol Panggil/Call
  4. Kemudian kita Pilih Menu Lacak Telkomsel
  5. Selesai. Kini Hp Telkomsel kita akan melacak lokasi pemilik nomor tak dikenal tersebut

Kartu XL Axiata

  1. Pertama-tama kita Buka menu Dial Up di Hp Android kita
  2. Kemudian pada Kolom Dialup kita Ketik *818# dan Tekan OK
  3. Selanjutnya *67*62818444800# dan Klik OK
  4. Selesai. Kini XL Axiata melakukan pelacakan pada nomor Axis dan XL tersebut

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu nomor telepon, jenis nama kartu berdasarkan nomor telepon dan 7 cara mengetahui dan melacak identitas pemilik nomor telepon tak dikenal seperti menggunakan aplikasi Whoscall, Truecaller, Trapcall, Du Caller dan aplikasi Showcall. Selain itu bisa juga melalui situs truecaller.com dan melalui menu dial up.

Dengan membaca penjalasan di atas tentunya kini kita lebih mengenal apa itu nomor telepon dan mengetahui cara membedakan nama operator dengan melihat 4 digit angka di depannya. Selain itu kini kita bisa mengetahui siapa saja pihak yang sering mengganggu kita melalui sms spam dan melakukan panggilan dengan private number. Sehingga kita bisa melakukan tindakan selanjutnya baik memblokir nomor tersebut maupun menelepon balik.

You may also like