Sponsors Link

Fungsi CPU Komputer : Sejarah, Video, dan Jenisnya

Komputer baik dalam bentuk PC maupun Laptop dan juga bentuk lainnya pastinya sudah bukan teknologi yang asing bagi anda saat ini. Ya, komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi siapa saja saat ini, terutama untuk melakukan dan juga mengerjakan berbagai macam tugas, ataupun hanya untuk sekedar mencari hiburan , seperti mendengarkan musik dan menonton film.

ads

Otak Komputer

Saat ini, perkembangan komputer yang pesat tidak lepas dari perkembangan otak dari komputer itu sendiri. Otak dari komputer kita kenal dengan nama CPU atau central processing unit, yang juga sering dikenal dengan nama processor. CPU, yang merupakan otak dari sebuat komputer ini sudah melewati berbagai macam perubahan dan transformasi hingga saat ini. Jika komputer sering hang artinya anda harus tahu bahwa otaknya sudah tidak kuat.

Perannya yang sangat vital membuat banyak pengembang dan juga perusahaan IT berani mengeluarkan modal yang tinggi untuk melakukan riset – riset yang dapat menciptakan CPU dengan teknologi terbaru. Saat ini, paling tidak ada dua pemain utama dalam persaingan perkembangan CPU di dunia, yaitu Intel dan AMD. Namun demikian, Intel yang sudah terlebih dahulu melakukan start, membuat CPU buatan Intel merupakan salah satu CPU yang paling laris dibandingkan AMD.


Jenis dan juga merk - merk CPU

Selain Intel dan juga AMD, masihada beberapa merk dan juga jenis CPU yang ada di pasaran, namun tidak terlalu banyak digunakan dan hampir jarang sekali digunakan untuk kepentingan user secara umum. Mereka adalah :

  • Via
  • Transmeta Processor
  • Cvtrix Processor
  • ARM Processor


Sejarah CPU

Mengapa Intel menjadi lebih terkenal dibandingkan dengan AMD? Hal ini tidak lain disebabkan karena cikal bakal pembuatan dan perkembangan dari sebuah CPU memang diawali oleh penemuan dari hasil riset Intel Corporation, yang menemukan apa yang disebut dengan nama microprocessor, yang dianggap sebagai CPU pertama. Microprocessor dengan seri 4004 ini pertama kali diluncurkan pada era 1971, yang digunakan untuk fungsi hitung dan tambah pada mesin hitung. Setahun berikutnya, Intel mengeluarkan lagi microprocessor dengan seri 8008 yang lebih cepat daripada 4004. Pada akhirnya, tahun 1974, Intel mengeluarkan seri 8008 sebagai sebuah processor, yang memiliki kecepatan lebih dari 10 kali lipat microprocessor. Masih berlanjut, riset dan penemuan dari Intel akhirny amenelurkan processor 16 bit pertama di dunia pada tahun 1978, yang kemudian disempurnakan pada tahun 1978.

Pada tahun 1982, Intel kemudian meluncurkan processor generasi keduanya, dengan nomor seri 80186, 80188 dan juga 801286. Processor in imerupakan jenis processor 16 bit yang mampu mendukung kapasitas memori sebesar 16 MB, dan mampu berlari dengan kecepatan 6MHz. Pengembangan dari processor ini adalah penambahan pada kecapatan, yang bertambah sebanyak 12.5 MHz.

Processor generasi kedua tersebut, yang dikenal juga dengan nama processor 286 kemudian diproduksi secara luas. Untuk memnuhi produksinya, maka Intel memberikan lisensi pembuatan processor tersebut kepada AMD, sehingga AMD pun berhak untuk ikut memproduksi processor tersebut. Disinlah pada akhirnya peran AMD mulai terlihat, yang kemudian menjadi pesaing dari Intel hingga saat ini.

Masuk ke generasi ketiga, CPU Intel dan AMD pun muncul dengan kemampuan yang relatif sama, dimana Intel mengeluarkan seri 386 32-bit dengan kecepatan 16 MHz hingga 33 MHz, sedangkan AMD mengeluarkan CPU dengan seri AM386 yang memiliki kecepatan 40 MHz. Setelah generasi ketiga berakhir, maka muncullah perkembangan processor generasi keempat, diaman Intel mengeluarkan CPU Intel 486 dengan kecepatan 50 MHz yang sudah menggunakan integrasi dengan SRAM sebesar 8 Kb. Mengikuti Intel, AMD pun kemudian mengeluarkan pula CPU yang diberi nama AMD486 . Saat ini perkembangan dari CPU sudah berkembang dengan sangat pesat, dimana Persaingan antara CPU besutan Intel dan juga AMD bersaing di pasaran komputer dunia.

Generasi kelima ditandai dengan dikembangkannya processor Intel Pentium yang kita ketahui mencapai Pentium 4, yang kemudian berkembang lagi menjadi Intel i3, i5, hingga i7 saat ini. Berikut ini adalah beberapa processor intel dan juga AMD modern yang saat ini banyak digunakan pada komputer dan juga laptop anda :

  • Intel Celeron G1820

Degan spesifikasi standard an juga fungsional, maka pantas apabila Intel Celeron merupakan salah satu CPU bagi anda pengguna komputer yang hanya membutuhkan fitur – fitur standar, seperti mengetik, mendengarkan lagu, dan menonton film dengan kualitas sedang.

  • Intel Pentium G3250

Merupakan pengembangan selanjutnya dari Intel Celeron, yang mana memiliki kecepatan pemrosesan informasi yang lebih tinggi dibandingkan Intel Celeron

CPU ini juga masih memiliki fungsi yang sama dengan Intel Celeron, hanya berbeda pada speed processornya saja. Sama seperti Intel Celeron, CPU ini juga sangat pas bagi anda yang hanya membutuhkan fungsionalitas dari komputer atau PC, namun dengan kecepatan yang lebih tinggi.

  • Intel Core i3 – 4160

Merupakan salah satu CPU yang cocok untuk digunakan oleh anda yang menginginkan komputer atau PC yang ekonomis, namun mampu untuk menghandle beban yang lebih berat, seperti bermain game ataupun mengedit foto secara simple. Selain itu, processor ini juga sangat ideal untuk digunakan sebagai CPU pada server, dengan budget yang minim alias rendah.

  • AMD FX-6300

Pesaing Intel, yaitu AMD mulai membuat tandingan dari Intel i3, yaitu AMD FX – 6300. CPU ini merupakan salah satu alternative pilihan dari Intel i3, CPU in memilki performa yang tidak kalah dengan i3.

  • AMD A10-7850K (APU)

Merupakan CPU yang memiliki performa dan kualitas yang baik, sehingga cocok untuk PC Gaming ataupun design dengan budget menengah atau mid end. Memiliki fitur turbo, dan mudah untuk dilakukan overclock, sehingga kecepatan CPU menjadi lebih cepat

  • AMD FX-8320

Merupakan salah satu best seller dari CPU milik AMD untuk keperluan gaming dan juga design. Memiliki performa yang tinggi dan juga dengan harga kelas menengah yang bersahabat. Bagi anda pecinta game dan juga design, namun dengan budget kelas menengah, anda dapat mencoba CPU ini.

Namun demikian, AMD FX-8320 memiliki konsumsi listrik yang cukup tinggi, sehingga kurang cocok untuk menjadi server, karena akan membengkakkan tagihan listrik rumah anda.

  • Intel Core i5 – 4590K

Merupakan pilihan CPU yang paling tepat bagi anda yang sudah biasa memegang komputer. Performa yang baik dan juga kecepatan yang mumpuni membuat processor ini sangat ideal untuk anda yang membutuhkan PC atau komputer yang dapat menghandle game – game kelas menengah, dengan sempurna.

  • Intel Core i7 – 4790K

Merupakan salah satu CPU terbaru dari Intel dengan performa yang sangat tinggi. Tentu saja CPU ini merupakan salah satu CPU tercepat yang pernah dibuat oleh intel, dengan kemampuan yang sangat mengagumkan, CPU inI sangat cocok bagi anda yang senang bermain games dengan spek yang tinggi, serta bagi anda yang sering melakukan desain dan juga editing video, ataupun foto, serta 3D graphic.

  • Intel i7 – 5960X

Merupakan salah satu pilihan CPU sempurna bagi anda yang membutuhkan PC atau komputer dengan spesifikasi menawan dan ganas. Meskipun memiliki performa terbaik dan tercepat, namun CPU ini memiliki konsumsi listrik yang ringan. Faktanya, Intel belum memiliki saingan terhadap processor terbaiknya sejauh ini.

Ke-10 daftar CPU tersebut merupakan 10 CPU yang umum digunakan secara komersil dan luas, dan memiliki performa yang luar biasa hingga saat ini. Itu adalah sejarah dari perkembangan CPU mulai dari pertama kali ditemukan hingga saat ini. Namun saat ini untuk kepentingan riset dan juga laboratorium serta pemerintahan, dikembangkan pula CPU – CPU dengan kecepatan dan juga spesifikasi yang luar biasa, yang biasa digunakan untuk mengakses database suatu laboratorium, database pertahanan negara, dan kepentingan penelitian laboratorium.


Setelah mengetahui sejarah panjang dari penemuan dan juga perkembangan dari processor mulai dari awal dibuat hingga perkembangannya hingga saat ini, maka mari kita lihat fungsi – fungsi penting dari processor. Ada beberapa fungsi penting dari penggunaan processor, atau CPU sebagai otak dari sebuah komputer ataupun laptop. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari CPU :

  1. Melakukan pemrosesan informasi berupa menerima dan juga melaksanakan perintah yang diberikan melalui input device

Fungsi utama dadari sebuah CPU pastilah melakuka tugas pemrosesan informasi di dalam komputer anda. Hal ini berhubungan erat dengan kecepatan respon dan juga output yang dihasilkan oleh CPU. Misalnya, ketika anda menggunakan CPU dengan spesifikasi tinggi, maka anda akan menjadi lebih cepat dalam bekerja, karena CPU dengan kecepatan tinggi mampu untuk merespon lebih cepat. CPU dapat melaksankan dan juga mengolah perintah yang anda berikan melalui input device, seperti keyboard, untuk kemudian diproses dan akhirnya menghasilkan suatu output.

Contoh :

Masuk ke dalam game. Anda akan mengklik icon game (merupakan perintah input yang dilakukan), kemudian CPU akan memproses outputnya (berupa game yang berjalan dan bisa dimainkan) dengan menintegrasikan software dan juga komponen hardware yang dibutuhkan oleh game tersebut akan bisa berjalan dengan baik.

  1. Mengatur sinkronisasi kinerja antar hardware dan juga software pada suatu komputer

Fungsi dari CPU selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi dan juga pengaturan antara kinerja dari hardware dan juga software. Semua software membutuhkan kinerja dari hardware agar dapat berjalan dengan baik. Karena itu, agar fungsi hardware dan juga software bisa berjalan dalam satu sinkronisasi yang pas dan juga tepat, CPU memgang peranan yang penting. CPU membantu mengkalkulasikan berapa besaran memory yang dibutuhkan oleh suatu software, atau apakah VGA dari sebuah komputer sanggup untuk menjalankan software.

  1. Menggunakan dan juga mengolah perhitungan algoritma untuk menjalankan suatu perintah

Dalam menggunakan sebuah komputer, kita sebagai user akan memberikan perintah kepada komputer melalui apa yang kita sebut dengan istilah input device. Perintah – perintah tersebut, kemudian akan diolah dengan menggunakan perhitungan algoritma dan jga bahasa komputer untuk kemudian dijalankan oleh komputer tersebut. Semua fungsi itu dijalankan oleh CPU, yang nantinya akan membuat komputer anda dapat bekerja dengan baik sesuai dengan kemauan anda.

  1. Mengambil dan juga memproses data

Sesuai dengan namanya, CPU memiliki fungsi yang sangat penting untuk membantu pemrosesan data. Tanpa adanya teknologi CPU yang mumpuni, maka pemrosesan data akan menjadi sangat lambat dan terhambat.

  1. CPU dengan spesifikasi yang tinggi dapat membantu mendukung kebutuhan spesifik dari pengguna, seperti desain atau pun bermain game

Kebutuhan khusus dari sebuah komputer, seperti bermain game dan juga membuat design berbasi 3d merupakan salah satu fungsi dari CPU. CPU dengan spesifikasi yang tinggi akan sangat tepat untuk mendukung penggunaannya dalam bermain game ataupun pembuatan design berbasis 3D. Jadi, bagi anda yang memang sangat senang bermain game ataupun membuat design 3D, CPU pastinya memilki peran yang sangat vital disamping RAM komputer dan juga fungsi VGA card.

Video Fungsi CPU

Pada dasarnya, sebuah CPU memang memiliki fungsi yang sangat vital di dalam sebuah sistem komputer. Hal ini sama seperti kondisi otak manusia, dimana hampir semua pekerjaan yang mampu dilakukan oleh manusia berasal dari otak. Begitu pula dengan CPU. Semua pekerjaan yang bisa dilakukan oleh komputer berawal dari kinerja sempurna yang dimiliki CPU. Karena itu, bagi sebagian orang yang senang dengan perkembangan komputer, CPu seringkali dianggap segala – galanya oleh mereka, meskipun kenyataannya, masih ada hardware lainnya yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kinerja dari komputer, seperti RAM, VGA, Harddisk dan sebagainya. (baca juga : Cara agar laptop tidak lemot)


Karena fungsinya yang sangat penting dan juga vital, maka dari itu, CPU juga menjadi salah satu komponen komputer yang paling mahal. Untuk kelas terendah saat ini anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih dari 2 juta rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa CPU benar – benar menjadi sebuah sentral di dalam sistem komputer. Demikian artikel mengenai fungsi CPU komputer. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 07th, September 2015 / 07:55 Oleh :
Kategori : CPU