Fungsi Monitor LCD Komputer dan Jenisnya

Sponsors Link

Komputer tidak  akan pernah lepas dari keseharian kita dimana sebagian besar aktivitas kita bergantung padanya. Setiap saat kita menggunakan komputer, tentu mata kita akan tertuju pada sebuah perangkat yang bernama monitor. Monitor merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media output data yang dikelolanya secara grafis yang di hasilkan oleh CPU. Biasanya kita menyebut monitor sebagai layar komputer ketimbang monitor. Terlepas dari itu semua, monitor memiliki fungsi yang amat signifikan sebagai salah satu perangkat keras komputer. Dalam artikel ini kami akan menguraikan fungsi monitor komputer beserta jenis-jenisnya.

(Baca juga Penyebab Monitor No Signal Detected)

Fungsi Monitor LCD Komputer

Sebagaimana kita ketahui, perkembangan teknologi kini telah berkembang begitu pesatnya sehingga perangkat-perangkat canggih  nan inovatif bertebaran. Tentu ini berpengaruh pada meningkatnya fungsi monitor sebuah komputer dimana kita bisa memetik manfaat karenanya. Sebagai salah satu perangkat keras komputer, monitor berfungsi menampilkan output secara generik pada sebuah komputer. Hasil pengolahan tersebut bisa hadir berupa tampilan gambar, video dan sebagainya. (Baca juga Fungsi LCD Proyektor )

Sebagaimana telah disinggung, monitor merupakan salah hardware komputer yang fungsinya untuk menampilkan hasil kerja atau olahan komputer. Olahan tersebut dapat berbentuk gambar diam ataupun gambar bergerak. Olahan dapat juga berupa video yang diproses dan dijalankan oleh hardware pendukung lainnya. (Baca juga Penyebab Kerusakan Prosesor)

Dalam pemakaiannya, monitor memiliki beraneka jenis. Jenis-jenis tersebut secara umum memiliki tugas dan fungsi yang sama. Kini, beberapa jenis dari monitor komputer bisa dijumpai dalam  beraneka pilihan. Sebagaimana telah diketahui, kemajuan teknologi semakin nyata yang imbasnya pada sebuah monitor. Monitor berfungsi merubah frekwensi elektronik suatu proses olahan dari CPU. Hasilnya dapat berupa gambar pada sebuah komputer maupun laptop yang mana frekwensi digital dirubah menjadi analog. Perubahan tersebut diproses dalam beberapa langkah sampai akhirnya ditampilkan pada layar monitor. (Baca juga Fungsi Keyboard dan Mouse)

Singkatnya, monitor komputer berfungsi menampilkan gambar dari komputer maupun laptop. Monitor atau layar komputer memiliki  ukuran yang bervariasi, biasanya dalam inch. Ukurannya tergantung dari merk, jenis dan resolusi monitor komputer.

sponsored links

Jenis-jenis Monitor yang Paling Popular

Hingga saat ini monitor PC atau komputer yang cukup populer ada empat. Keempatnya antara lain monitor monokrom, monitor datar, monitor warna dan monitor LED. Tiap-tiap jenis yang telah disebutkan tersebut memiliki sejarah, karakteristik serta keunggulannya sendiri-sendiri. Jika ingin melihat jenis-jenis monitor komputer, kami menyediakan ulasannya di bawah ini.

  • CRT (Cathode Ray Tube)

Jenis monitor ini kita kenal dengan monitor tua dan biasanya banyak kita jumpai pada komputer lama. Kini monitor usang tersebut sudah tidak begitu banyak dipakai mengingat telah hadirnya monitor berteknologi baru seperti Plasma dan LCD yang kemampuan dan kualitasnya jauh lebih mumpuni. Cathode Ray Tub yang biasa disingkat dengan CRT cara kerjanya yaitu dengan menghasilkan sinar katoda yang terpancar dengan kecepatan tinggi melalui tabung hampa udara. Kemudian, pancaran sinar katoda yang demikian akan memantulkan tampilan layar yang sifatnya flouroscent (berpendar saat terkena cahaya). (Baca juga : Ciri ciri RAM Komputer Rusak)

Pantulan katoda atau elektron akan menghasilkan pola pada tampilan layar sedangkan sinar katoda secara terus menerus tetap memantulkan layar berdasarkan pada input yang telah dirubah ke dalam suatu satuan gelombang elektromagnetik. Keuntungan yang akan didapatkan dari penggunaan layar jenis ini yaitu harga yang lebih ekonomis ketimbang jenis lainnya. Adapun kerugian yang akan didapatkan berupa penggunaan listrik yang lumayan tinggi yang mana mencapai 300-400 watt. Alhasil, kerap kali jenis layar yang demikian terasa kurang nyaman untuk mata penggunanya, terlebih penggunaan dalam durasi waktu yang lama. (Baca juga : Ciri ciri Hardisk Rusak)

  • LCD (Liquid Crystal Dysplay)

Jenis berikutnya kita kenal dengan singkatan LCD. Kepanjangan LCD itu sendiri yaitu Liquid Crystal Display yang mana merupakan jenis monitor yang tersusun dengan memanfaatkan cairan cristal untuk menghadirkan kualitas display yang mana warna yang ditampilkannya jauh lebih keren ketimbang jenis CRT. (Baca juga : Penyebab Kerusakan Hardisk)

Teknologi yang digunakan pada LCD memiliki lebih banyak jumlah cahaya atau piksel yang tersusun dari sebuah kristal cair untuk titik cahayanya. Meskipun disebut dengan titik cahaya, ternyata kristal cair tersebut tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri. Adapun sumber cahaya yang terkandung dalam LCD merupakan lampu neon yang warnanya putih pada bagian belakang dari susunan kristal tadi. Piksel atau titik cahaya dengan jumlahnya yang mencapai puluhan ribu hingga jutaan tersebut nantinya membentuk sebuah tampilan citra. Sementara itu, kutub kristal yang cair tersebut menjadi jalan untuk arus listrik yang melewatinya sehingga kutub kristal tersebut akan berubah sebagai akibat dari polarisasi dari atas medan magnetik. Hal ini akan membiarkan warna-warna tertentu diteruskan sementara yang lainnya tersaring.

Sponsors Link

  • LED (Light Emitting Diode)

Baik LED maupun LCD menggunakan teknologi yang nyaris sama di antara keduanya. LED adalah pengembangan dari LCD dengan efek display pada warna mengalami peningkatan dalam hal kualitas warna dan variasinya yang memang lebih banyak.Beberapa jenis LED dibekali dengan fitur dan fungsi yang lebih mutakhir dan canggih ketimbang jeins LCD, misalnya saja TV tuner digital, TV internet digital dan teknologi layar sentuh (touchscreen). Monitor LED pun dianggap mumpuni dalam efisiensi daya sampai 40%-70% daripada LCD dengan kualitas gambar yang begitu tajam. (Baca juga : Penyebab kerusakan motherboard)

  • Plasma

Yang tak boleh ketinggalan untuk disimak yaitu monitor plasma yang mana jenis ini berasal dari gabungan teknologi CRT – LCD. Adanya monitor plasma dapat membuat layar tipis seperti LCD ditambah sudut panda yang selebar CRT. Monitor plasma merupkan layar datar yang emisif dimana pancaran cahaya tercipta dari posfor yang telah terdeteksi dari pelepasan suatu muatan plasma yang terjadi antara dua buah layar datar. Gas yang dihasilkan tersebut tidak akan melepaskan merkuri. Sebagai tambahan, jenis monitor ini menampilkan warna yang penuh akan panel datar dari fosfor guna menampilkan penampakan gambar-gambar sehingga reproduksi dan kombinasi warna yang diperoleh sangat interaktif dan berkualitas baik. (Baca juga Fungsi Port pada Komputer)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 05:30 Oleh :
Kategori : Hardware