14 Fungsi Keyboard Dan Mouse pada Komputer

Sponsors Link

Dalam perangkat keras (hardware) di komputer, kita mengenal dua nama yang tak asing di telinga kita, bahkan dua benda ini bisa jadi selalu bersinggungan ketika menjelajah komputer kita, dua alat itu yaitu keyboard dan mouse. Terdapat banyak jenis jenis keyboard komputer dari berbagai segi, tapi tentunya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat input ke dalam komputer. Begitu juga dengan macam macam mouse pada komputer yang banyak jenisnya, mulai dari mouse trackball dan mouse optic.

Sebagai perangkat keras komputer, dua benda ini bisa dikatakan benda paling banyak dibutuhkan. Karena memiliki fungsi yang sangat penting. Sudahkah kalian tau, apa itu keyboard dan mouse? Apa saja fungsi keyboard dan fungsi mouse itu sebagai alat input di komputer.

Keyboard

Dalam suatu pengolahan data di komputer, keyboard bisa jadi merupakan unit input yang paling penting. Karena keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, dan karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang sangat diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file dan lain sebagainya.

Keyboard sendiri ditemukan pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Sebenernya ada tiga jenis keyboard yang tercatat di dunia yaitu QWERTY, DVORAK dan KLOCKENBERG. Tetapi keyboard yang  yang menjadi acuan internasional sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization) adalah QWERTY yang diresmikan  pada tahun 1973.

Keyboard jenis ini juga yang sekarang beredar luas di toko-toko dan termasuk juga di komputer anda. Keyboard ini memiliki nama resmi QWERTY yang diambil dari enam huruf pertama pada “home row”.  Home row sendiri merupakan istilah untuk deretan alfabet kedua (posisinya di tengah) keyboard. Jika anda amati papan keyboard komputer Anda, maka akan ada teks sebelah kiri yang membentuk kalimat QWERTY. Itulah yang menjadi rujukan nama dari keyboard standar internasional ini.

(baca juga: sejarah keyboard QWERTY)

Fungsi Keyboard

Fungsi keyboard adalah sebagai alat magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan untuk mengontrol pengoperasian komputer. Tampilannya berwujud tombol yang berbentuk kotak yang disusun sedemikian rupa. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan.

Selain itu, bila anda menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus. Sistem serupa keyboard di beberapa alat telah diadopsi diantaranya yaitu handphone.

Sponsors Link

Adapun cara kerja dari keyboard tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Ketika tombol itu ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yang ada dibawah bantalan tombol tersebut.
  2. Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
  3. Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.
  4. Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer.
  5. Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf yang akan muncul pada layar monitor.

Keyboard yang cukup memiliki peran penting dalam jalannya sebuah komputer tentunya harus dijaga dan digunakan baik-baik. Cara menjaga keyboard agar tidak rusak salah satunya dengan tidak menekan tuts pada keyboard terlalu keras, dan menjaga keyboard dalam keadaan selalu bersih dari debu.

Mouse

Mouse merupakan perangkat keras yang termasuk dalam kategori alat input (masukan). Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug”, sebenarnya juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse inilah yang dipilih.

Fungsi Mouse

Mouse dapat berfungsi ketika terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer. (baca juga: Fungsi port pada komputer)

sponsored links

Setelah terhubung, penunjuk (pointer) ini dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah yang digerakan tangan kita pada bola kecil yang terdapat dalam mouse. Salah satu fungsinya adalah untuk mengatur jalannya kursor dengan cepat. Selain itu juga untuk memberikan perintah cepat pada komputer dengan hanya menekan tombol pada mouse.

lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi mouse dalam komputer :

  1. Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).
  2. Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
  3. Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click)
  4. Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
  5. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
  6. Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
  7. Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
  8. Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
  9. Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemproses.

Dan masih banyak lagi fungsi mouse sebagai alat input di komputer, kita kenal juga penggunaan istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain. Kemungkinan-kemungkinan lain dari fungsi mouse ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang sedang kita jalankan.

Itulah fungsi keyboard dan mouse sebagai alat input ke komputer. Semoga bermanfaat!

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 30th, January 2016 / 19:15 Oleh :
Kategori : Mouse