Sponsors Link

Fungsi Mouse Pada Perangkat Komputer Secara Teknis dan Praktis

Sponsors Link

Mouse saat ini sudah menjadi salah satu perangkat input standar pada sebuah komputer dan menjadi bagian dari perangkat keras komputer yang utama keberadaannya. Hal ini disebabkan kaena mouse merupakan salah satu alat yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Karena banyaknya macam-macam mouse pada komputer, menjadikan mouse cukup memiliki peran penting bagian komputer sebagai pendamping screen monitor dan keyboard.

ads

Untuk lebih memahami mengenai mouse, maka berikut ini akan dibahas mengenai beberapa fungsi dari mouse yang terbagi dalam dua fungsi, yaitu fungsi secara teknis dan fungsi secara praktis.

Fungsi Secara Teknis

  1. Menggerakkan pointer atau kursor ke area atau file yang diinginkan

Secara teknis, mouse dirangcang untuk berfungsi sebagai penggerak dari pointer atau kursor di dalam sebuah komputer. Apapun sistem operasi yang digunakan oleh sebuah komputer, fungsi mouse yang satu ini tetaplah sama dan sangat penting peranannya dalam menggerakkan pointer dan juga kursor.

  1. Menginput perintah kepada komputer

Mouse secara teknis juga berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer. Hal ini sesuai dengan fungsi dari sebuah mouse sebagai alat input device di sebuah komputer.

  1. Menscrolling halaman pada website, word processor, dan sebagainya

Saat ini, fitur scrolling sudah menjadi standar tersendiri pada sebuah mouse, terutama yang mendukung sistem operasi Windows. Scrolling merupakan tombol berupa roller yang berada pada bagian tengah mouse, diantara kedua tombol kiri dan juga kanan. Fungsi dari tombol scrolling ini adalah untuk melakukan scrolling atau menaik turunkan halaman, baik pada File Explorer, pada halaman website, pada office, dan sebagainya.

  1. Pengganti tombol enter dalam membuka file exe dan juga folder

Mouse secara teknis juga dapat berfungsi sebagai pengganti tombol enter, terutama dalam hal membuka dan juga mengeksekusi file. Yang bisa dilakukan untuk membuka file ataupun mengeksekus sebuah file adalah degnan cara melakukan double click pada file atau folder yang akan di eksekusi.

  1. Melakukan Copy ataupun Move Item

Copy Paste dan Move Item merupakan salah satu perintah yang paling sering dan umum digunakan hampir di seluruh komputer. Untuk mempermudah Copy Paste dan Move Item ini bisa dilakukan dengan menggunakan mouse. Caranya adalah seleksi terlebih dahulu item atau objek yang akan di Copy dan di Move. Setelah itu tahan dengan menggunakan mouse, lalu drag dan drop item serta objek tersebut pada lokasi yang diinginkan seperti folder baru, drive baru, ataupun lembar kerja baru.

Sponsors Link

  1. Memunculkan option dan properties terhadap Item pilihan

Salah satu fungsi dari mose yang digunakan pada sistem operasi Windows adalah memunculkan dan juga menampilkan menu dan juga properties dari sebuah item dan juga objek. Caranya adalah melakukan klik kanan pada item atau objek yang akan dicari menu propertiesnya, maka akan muncul tampilan pilihan menu dari objek atau item yang dipilih tadi.

  1. Zoom in dan juga Zoom out pada gambar dan juga worksheet

User juga bisa melakukan pembesaran dan pengecilan terhadap objek, terutama objek berupa gambar dan lembar kerja. Fitur ini juga merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi usernya, terutama user yang menggunakan sistem operasi Windows. Cara melakukan zooming ini adalah dengan men-scroll pada objek ataupun item tertentu.

  1. Memperbesar volume suara

Scrolling yang terdapat pada mouse tidak hanya berfungsi untuk melakukan zooming ataupun sekedar melakukan scrolling ke atas dan ke bawah pada sebua halaman. Scroll pada mouse juga berfungsi untuk menurunkan dan meningkatkan volume suara dari komputer. Ketika user sedang menjalankan software media player, maka user bisa mengatur volume suara dengan melakukan scrolling.

  1. Beberapa mouse dilengkapi tombol tambahan berupa tombol next dan previous

Saat ini, sudah cukup banyak mouse standar yang memiliki tambahan 2 tombol lagi. Yaitu tombol next dan juga tombol previous. Kedua tombol ini merupakan tombol tambahan, yang tidak dimilki semua mouse, namun fungsinya cukup membantu, karena kita tidak perlu mengarahkan kursor kita ke pilihan next ataupun previous page.

  1. Melakukan seleksi terhadap item atau objek

Fungsi dari mouse lainnya secara teknis adalah untuk melakukan seleksi terhadap sebuah objek ataupun item. Seleksi bisa dilakukan per item atau objek, dan bisa dilakukan terhadap seluruh objek yang ada di dalam satu halaman tersebut.

Sponsors Link

Fungsi Secara Praktis

  1. Mempermudah pekerjaan user

Pekerjaan user terutama yang berhubungan dengan desain dan editing sangat akrab dengan keberadaan mouse. Dengan adanya mouse proses editing dan desain, baik itu sebuah gambar, dokumen, ataupun video dan file lainnya akan menjadi jauh lebih mudah apabila dibandingkan dengan tidak adanya mouse.

  1. Menjaga agar beberapa tombol di keyboard tidak mudah rusak

Terkadang kita sering kesal dengan tombol keyboard yang rusak dan tidak responsive. Mouse data menggantikan beberapa fungsi dari tombol keyboard, sehingga dapat menjaga agat tombol keyboard tidak cepat rusak. Beberapa fombol keyboard seperti tombol enter, tombol arrow dan beberapa tombol lainnya akan menjadi lebih jarang digunakan.

  1. Mempercepat pekerjaan

Melakukan seleksi item dan objek dengan menggunakan mouse akan sangat membantu dalam mempercepat pekerjaan usernya. Bayangkan ketika anda akan menyeleksi beberapa kata dan kalimat di dalam lembar kerja, tapi tidak ada mouse. Pasti user akan sangat kerepotan dan tentu saja akan sangat memakan waktu apabila harus melakukan seleksi item dengan menggunakan keyboard, ataupun menggunakan touchpad.

  1. Memberikan informasi singkat mengenai sebuah item atau objek atau file

Mouse juga dapat membantu kita sebagai user untuk dapat mengetahui informasi mengenai obejk ataupun file yang kita pilih. Cukup dengan mengarahkan kursor ke item atau objek yang diinginkan, maka akan muncul pop up berupa keterangan dari file atau item tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 23rd, November 2015 / 10:02 Oleh :
Kategori : Mouse