10 Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat

Sponsors Link

Pada era jaman sekarang, teknologi memang sangat berkembang bahkan berkembang sangat cepat. Teknologi dari berbagai bidang semakin modern dari masa ke masa. Teknologi pangan, industri, otomotif, kuliner, transportasi, dan yang sedang hangat dibicarakan adalah perkembangan teknologi komputer yang berkembang pesat.

Komputer hampir menjadi makanan sehari-hari bagi beberapa orang. Teknologi komputer memang yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat umum, karena komputer bisa dibilang mencakup hampir semua bidang. Bidang pangan, kita bisa menggunakan komputer, termasuk otomotif, transportasi, hampir semua berkaitan dengan komputer.

Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi saat ini cukup menjadi penting bagi hampir seluruh orang. Karena dengan menggunakan teknologi yang berkembang pesat saat ini berkomunikasi dengan semua orang di dunia menjadi lebih mudah. Hal ini juga melandasi perkembangan jaringan komputer yang juga semakin meluas. Ini menandakan manfaat jaringan komputer semakin banyak digunakan setiap orang, tidak hanya untuk berkomunikasi namun juga mengakses informasi penting lainnya.

Teknologi Komputer

Mulai dari pengertian teknologi komputer itu dulu. Apa sih teknologi komputer itu? Teknologi komputer adalah teknologi yang membantu pekerjaan manusia yang berorientasi pada komputer. Jadi maksudnya adalah, teknologi yang bisa membantu pekerjaan manusia melalui komputer. (baca juga: pengertian teknologi menurut para ahli)

Komputer memang akan selalu berkembang dari waktu ke waktu karena tuntutan masyarakat yang semakin banyak. Masyarakat pada jaman sekarang memiliki pekerjaan yang semakin kompleks yang tidak bisa lepas dari teknologi komputer.

Faktor – Faktor Teknologi Berkembang Pesat

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan teknologi komputer pada jaman sekarang. Faktor ini tak lepas dari kebutuhan masyrakat yang semakin kompleks dari waktu ke waktu.

1. Kebutuhan Waktu

Faktor ini mungkin menjadi faktor yang paling penting. Karena masyarakat pada jaman sekarang menginginkan segalanya serba cepat bahkan instan.

Contoh : Orang ingin membeli suatu barang, dengan adanya teknologi, maka barang yang diinginkan akan cepat tersampaikan.

2. Kebutuhan Fasilitas yang Canggih

Fasilitas yang canggih memang diperlukan pada jaman sekarang. Fasilitas yang canggih diharapkan masyarakat dapat membantu pekerjaannya supaya lebih cepat. Tuntutan aktivitas pada jaman sekarang memang membutuhkan fasilitas yang canggih. Ini bisa didapatkan dan dirasakan dari adanya manfaat mempelajari ilmu komputer untuk menunjang kemampuan dalam dunia kerja.

Contoh : Jaman sekarang pekerjaan orang semakin banyak, sehingga dalam mengerjakan tugasnya diharapkan dapat dikerjakan di berbagai tempat. Dalam mengerjakan tugasnya bisa menggunakan android yang bisa dibawa kemanapun.

3. Kebutuhan Karena Usaha atau Bisnis

Dalam jaman sekarang, teknologi membantu dalam perkembangan usaha atau bisnis. Teknologi komputer dapat membantu pemasaran, produksi, distribusi suatu usaha atau bisnis. Selain itu teknologi komputer juga bisa mempermudah komunikasi antara pihak usaha dengan pihak konsumen. Seperti pada bidang usaha keuangan, manfaat internet bagi perbankan sangat membantu pada nasabah dalam melakukan transaksi yang dapat dilakukan dimanapun.

Contoh : Usahawan dapat membuat aplikasi untuk mempermudah konsumennya belanja tanpa harus datang ke tokonya langsung. Dalam hal ini peranan teknologi termasuk dalam website e-commerce yang memudahkan customer berbelanja secara online. 

sponsored links

4. Kebutuhan akan Tingginya Permintaan dan Penawaran

Hal ini mungkin hampir sama dengan nomor tiga, namun sedikit berbeda. Permintaan akan penawaran pada jaman sekarang sudah sangat besar. Hampir setiap hari bahkan jam, ada permintaan dan juga penawaran. Dengan teknologi, kita dapat melakukan permintaan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi langsung, dan untuk penawaran, kita juga bisa menawarkan barang atau jasa langsung lewat internet tanpa harus menemui konsumen

Contoh : Iklan di internet dalam menawarkan barang atau jasa. Para konsumen dapat memanfaatkan internet untuk meminta penawaran tersebut.

5. Kebutuhan akan Hobi

Hobi adalah hal yang penting bagi sebagian orang, contohnya Gamers. Para gamers yang sangat suka dengan game pastinya akan selalu update dengan teknologi game yang lebih canggih. Maka dari itu perusahaan industri game atau komponen game bersaing supaya produknya diminati oleh para kalangan gamers.

Contoh : Persaingan antara NVidia dengan AMD dalam mengeluarkan VGA untuk game yang lebih canggih. VGA akan selalu update setiap bulan.

6. Kebutuhan akan Informasi

Masyarakat pada jaman sekarang tidak terlalu memerlukan koran atau majalah lagi, karena pada jaman sekarang sudah serba digital. Koran bisa diakses langsung diinternet secara gratis, untuk membaca novel, kita bisa beli lewat internet, termasuk majalah, juga gratis. Masyarakat bisa mendapatkan informasi dimana saja.

Contoh : Untuk mengetahui berita – berita terkini, tidak perlu membeli koran terlebih dahulu, melainkan bisa menggunakan internet dan mengakses koran digital.

7. Kebutuhan Ilmu

Untuk jaman sekarang, ilmu bisa didapat dimana saja termasuk dari internet. Dengan teknologi komputer yang berkembang, banyak buku-buku pelajaran bagi siswa atau pelajar yang dapat dilihat secara online. Selain itu, pelajar jaman sekarang sudah mulai dibiasakan menggunakan sistem online dalam pembelajarannya. Dengan adanya teknologi yang mendukung, peran internet terhadap prestasi belajar siswa juga dapat menjadi salah satu alasannya. Karena informasi yang sangat luas pelajar bisa mengakses pelajaran secara online juga.

Contoh : e-book pelajaran bagi para pelajar dapat mempermudah pelajar dalam belajar, tanpa harus membeli buku.

8. Kebutuhan akan Dunia Hiburan

Untuk faktor yang satu ini memang cukup banyak pengaruhnya bagi masyarakat, terutama bagi para remaja. Dengan teknologi yang berkembang, kita bisa memesan tiket bioskop secara online. Selain itu, sekarang sudah banyak game-game online yang bisa dimainkan gratis maupun berbayar.

Contoh : Game android makin marak karena kebutuhan akan hiburan yang semakin banyak di kalangan masyarakat.

9. Kebutuhan akan Industri Musik

sponsored links
Musik mengalami perkembangan mengikuti dengan perkembangan teknologi komputer juga. Untuk rekaman atau recording, pasti membutuhkan komputer, entah proses editing atau yang lainnya. Selain itu dengan adanya teknologi yang makin maju, mendorong perkembangan musik yang lebih maju lagi

Contoh : pada jaman dahulu, musik yang dikenal adalah musik klasik, pada jaman sekarang karena adanya teknologi mampu membuat musik tanpa instrumen musik itu sendiri atau electronic, yaitu genre yang menggunakan komputer dalam membuat nadanya.

10. Kebutuhan akan Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi semua masyarakat. Sekarang, untuk berkomunikasi tidak perlu harus bertatap muka langsung. Kita bisa berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun tanpa bertatap muka, bahkan juga bisa bertatap muka walaupun dengan jarak yang jauh (video call). Selain itu juga muncul chat jarak jauh yang mempermudah komunikasi.

Contoh : Adanya aplikasi sosial media seperti Line, BBM, YM, dll.

Manfaat Perkembangan Teknologi Komputer


Bidang Informasi dan Komunikasi

  • Semakin mudah mendapatkan informasi dari dalam negeri maupun luar negeri.
  • Informasi yang kita dapat akan lebih akurat walaupun dengan jarak yang jauh.
  • Dalam komunikasi akan semakin mudah karena adanya handphone yang memudahkan kita dalam berkomunikasi.
  • Mempermudah dalam mendapatkan informasi dari luar.


Bidang Ekonomi dan Industri

  • Produktivitas suatu industri semakin meningkat karena adanya alat – alat canggih.
  • Pertumbuhan ekonomi global yang meningkat membuat ekonomi masyarakat juga meningkat
  • Membuat pekerja untuk bersaing dalam meningkatkan skillnya, karena akan ada persaingan ketat akibat teknologi komputer yang masuk ke industri, menyebabkan akan adanya manusia yang tersingkir


Bidang Sosial dan Budaya

  • Meningkatkan rasa percaya diri dengan menunjukkan kepada dunia luar melalui teknologi bahwa negaranya memiliki kebudayaan yang baik
  • Meningkatkan pariwisata dan kebudayaan suatu negara
  • Bisa menularkan budaya suatu negara ke negara lain melalui teknologi komputer yang semakin canggih
  • Meningkatkan persaingan akan sosial dan budaya suatu negara dengan negara lain


Bidang Ilmu Pendidikan

  • Memudahkan sistem pendidikan untuk para pelajar dan masyarakat
  • Mempermudah pengajaran suatu pelajaran kepada pelajar
  • Munculnya metode – metode pembelajaran yang baru supaya pelajar tidak merasa bosan.
  • Sistem pendidikan yang bisa dimana saja atau tidak harus bertatap muka (online)
  • Muncul media massa elektronik membuat para pelajar lebih mudah dalam mencari referensi tentang informasi


Bidang politik dan negara

  • Kampanye suatu partai politik bisa melalui internet dengan menggunakan teknologi komputer
  • Dalam proses penghitungan suara saat pemilihan umum, bisa menggunakan teknologi komputer supaya mendapat hasil yang akurat dan juga cepat.
  • Membuat suatu negara menjadi mudah dalam menjalin kerjasama dengan negara lain


Dampak Perkembangan Teknologi Komputer Bagi Kehidupan Manusia


  1. Terjadinya peningkatan mutu pendidikan yang ada di negara tersebut
  2. Adanya peningkatan di bidang ekonomi
  3. Informasi dapat tersalurkan dengan baik walaupun dengan jarak yang jauh
  4. Komunikasi dapat terjalin dengan baik meski terhalang oleh jarak yang jauh
  5. Efisiensi dalam waktu pekerjaan atau pembelajaran
  6. Adanya E-banking, E-Book membuat kebutuhan manusia dapat mudah terpenuhi
  7. Mempermudah dalam pengelolaan suatu pekerjaan yang besar karena komputer dapat mempermudah pengerjaannya


  1. Adanya pasar bebas yang membuat barang – barang yang sepatutnya tidak dijual, malah dijual secara ilegal
  2. Persaingan yang tidak sehat bisa saja muncul antar sesama bisnis atau usaha
  3. Informasi bisa saja di manipulasi dan bisa membuat banyak orang salah paham dengan informasi tersebut karena seluruh dunia bisa melihat informasi tersebut
  4. Terjadinya trik – trik hacking oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Contoh : Penyadapan telepon seseorang yang melanggar hak privasi seseorang
  5. Bisa menyebabkan hilangnya rasa nasionalisme terhadap suatu bangsa karena pengaruh dari bangsa lain
  6. Tingkat kriminalitas bisa saja meningkat karena seseorang bisa melihat kelemahan suatu jaringan seperti E-Banking.


Nah itulah mengenai perkembangan teknologi komputer. Memang perkembangan teknologi komputer perlu kita beri acungan jempol karena memudahkan pekerjaan kita. Namun, kita perlu bijak dalam menggunakannya karena bisa saja kita gunakan dengan hal-hal yang merugikan orang lain.

Teknologi memang tidak bisa kita hindari dan sudah seharusnya kita bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Selain itu kita juga butuh bersikap dewasa dalam bertindak karena jika kita ceroboh di dalam menerima teknologi komputer, bisa saja orang lain menerima imbasnya dan termasuk kita sendiri akan terkena imbasnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 20th, October 2015 / 09:04 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar