Sponsors Link

Bahaya Kecanduan Internet bagi Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal internet? Internet saat ini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi hampir seluruh masyarakat, apalagi masyarakat perkotaan. Pada dasarnya internet merupakan suatu bentuk jaringan komputer yang mendunia, biasa dikenal dengan kepanjangan international network ataupun Interconnection Network.

Internet memungkinan jutaan, bahkan miliaran komputer saling teerhubung satu sama lain dengan menggunakan sebuah protocol khusus yang dikenal dengan istilah TCP/IP atau Transmission Control Protocol / Internet Protocol. Dengan adanya internet, maka kita dapat melihat dunia dan dunia pun bisa melihat kita hanya dengan menggunakan serangkat sistem komputer saja.

Bukan rahasia lagi jika menggunakan komputer terlalu lama tanpa beranjak dari tempat akan membahayakan kesehatan. Bahaya main komputer terlalu lama ini akan berdapak pada gangguan otak, kesehatan mata hingga menyebabkan penyakit yang lebih serius jika tidak di benahi dengan benar.

Apa saja yang bisa dilakukan dengan internet?

Pada dasarnya mungkin hampir semua hal bisa dilakukan dengan menggunakan internet, mulai dari hal yang kecil dan simpel hingga hal-hal yang besar. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dengan menggunaan koneksi internet:

  • Chatting dan juga berkomunikasi dengan teman dan kerabat
  • Melakukan proses transaksi jual beli pada situs website e-commerce
  • Media sosial dan juga blogging
  • Bermain games online
  • Mencari bahan dalam mata pelajaran dan juga tugas sekolah
  • Sebagai media hiburan
  • Membantu mencari video-video yang berhubungan dengan tutorial dan pengembangan diri
  • Sebagai media menyatakan pendapat
  • Berkomunikasi dengan public figure
  • Komunikasi tanpa mengenal jarak
  • Memperluas bisnis dan juga omset penjualan

Itu adalah beberapa hal positif dan juga beberapa manfaat penting yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Selain manfaat diatas, masih banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet dari berbagai aspek kehidupan seperti sosial, budaya, ekonomi dan juga aspek individu itu sendiri.

Kecanduan Internet

Namun demikian, meskipun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa damapk yang cukup buuk akibat internet. Dampak tersebut adalah kecanduan akan intenet. Saat ini kata kecanduan tidak hanya terbatas pada NAPZA saja seperti rokok dan juga obat-obatan terlarang tapi juga teknologi, salah satunya adalah internet.

Biasanya kecanduan akan internet dapat ditunjukkan oleh beberapa indikator nyata, seperti:

  • Terlalu sering menghabiskan waktu di depan komputer dan juga gadget
  • Sering pergi ke warnet
  • Dan juga kecanduan akan game online (Baca juga: bahaya main game online di laptop)

Salah satu hal yang paling menunjukkan kecanduan internet pada masyarakat Indonesia pada khususnya, dan juga dunia apda umumnya adalah perilaku masyarakat yang terlalu terpaku pada gadgetnya masing-masing, hanya untuk melakukan browsing dan juga chatting, tanpa peduli keadaan sekitar.

Akibat kecanduan internet ini juga dapat berakibat pada anak-anak, ini sangat membahayakan bagi moral-moral anak bangsa di generasi berikutnya. Terutama bahaya internet bagi anak sekolah yang dapat menurunkan prestasi mereka di sekolah. Meski internet memiliki peran penting dalam pelajaran sekolah, akan tetapi penggunaan internet  ini harus tetap di kelola dengan baik agar tidak berdampak butuk bagi keperibadian tiap individu. Peran internet terhadap prestasi belajar siswa inilah yang harus dikembangkan, sehingga internet dapat menunjang pendidikan yang lebih baik di masa mendatang.

Dampak Kecanduan Akan Internet

sponsored links
Kecanduan internet sendiri tentu saja dapat membawa dampak buruk dan juga bahaya bagi kehidupan manusia, baik bagi individu maupun orang lain. Dampak positif dan negatif internet tentunya harus digunakan secara bijak agar penggunaan internet itu sendiri menjadi lebih bermanfaat dalam kehidupan sehari-harinya.

Berikut ini adalah beberapa bahaya dan dampak dari kecanduan internet:

  1. Meiningkatkan kriminalitas dan juga cyber crime
  2. Menyebabkan terjadinya cyber bullying
  3. Banyak orang menjadi lupa waktu, karena terlalu asik bermain dengan internet
  4. Tugas-tugas yang terbengkalai
  5. Bagi para siswa, dapat berpotensi untuk menurunkan prestasi akademik
  6. Cenderung acuh terhadap lingkungan sekitar
  7. Dapat menghabiskan uang
  8. Merusak kesehatan mata
  9. Faktor kesehatan dan juga asupan nutrisi pada tubuh yang cenderung tidak teratur
  10. Menjauhkan yang dekat
  11. Cenderung mengabaikan tugas dan juga kewajiban
  12. Membolos dari pekerjaan dan juga sekolah (terutama bagi mreka yang kecanduan internet dan juga game online)
  13. Dapat merusak mental, karena tidak semua konten internet baik untuk dibuka dan diakses
  14. Meningkatkan resiko terjadinya gangguan sosial, seperti saling cela dan juga saling tuduh di dalam internet
  15. Menyia-nyiakan waktu yang berharga
  16. Menyebabkan seseorang merasa tdak diterima di dunia nyata, sehingga menganggap bahwa internet adalah dunianya
  17. “Menghilang” dari dunia nyata
  18. Aspek emosi dan juga sosial yan gmenjadi rendah, terutama terhadap sesama
  19. Pola berpikir yang dapat menjadi menurun
  20. Menurunkan konsentrasi
  21. Dapat menyebabkan insomnia dan juga kesulitan tidur
  22. Mengganggu kesehatan individu
  23. Bermain internet saat mengemudi dapat menyebabkan kecelakaan yang berbahaya

Selain bahaya praktis yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa penelitian yang mendukung bahwa kecanduan internet itu merupakan salah satu hal yang dapat berbahaya dan juga berdampak negative, seperti:

  • Menyebabkan diri sendiri dan orang lain berada dalam bahaya

Merupakan salah satu hal yang cukup berbahaya. Ketika seseorang kecanduan akan internet, maka orang-orang cenderung tidak peduli dengan keadaan sekitarnya, hal ini akan menyebabkan mereka yang mengalami kecanduan internet menjadi tidak awas dan juga aware, sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan yang membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

  • Menyebabkan individu menjadi terhambat perkembangan sosial

Beberapa penelitian mengenai hubungan antara kecanduan internet dan juga kepribadian seseorang juga banyak mengatakan bahwa mereka yang kecanduan internet bisa saja mengalami hambatan dalam kecerdasan sosialnya. Hal ini berhubungan dengan kondiisi kognisi seseorang yang terlalu terpaku pada dunia internet. Sehingga cenderung melupakan tugas yang seharusnya, yaitu berinteraksi dan juga bersosialisasi secara nyata dengan sesama manusia di dunia nyata bukan di dalam dunia internet saja.

Penyebab Kecanduan Internet

Pada dasarnya, ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi kecanduan internet. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan internet:

1. Faktor Teknologi

Faktor teknologi itu sendiri mengacu pada kondisi perkembangan teknologi yang begitu pesat, sehingga sangat memudahkan seseorang dan juga siapapun bisa mengakses internet tanpa repot. Hal ini semakin menjadi, dengan berkembangnya kecepatan jaringan dan juga gadget yang mudah untuk dibawa kemanapun, sehingga banyak orang merasa nyaman dan juga mudah dalam berinternet ria.

2. Faktor dari Individu dan Kepribadian

Pada dasarnya ada beberapa orang, yang secara khusus memiliki kepribadian yang mudah dipengaruhi oleh internet dan juga teknologi, sehingga menjadi kecanduan internet. Kepribadian yang lebih banyak pendiam, ataupun terlalu aktif mungkin saja bisa menjadi penyebab mengapa seseorang kecanduan terhadap internet. Kepribadian individu yang cenderung ingin melakukan show off ataupun pamer juga memiliki potensi untuk meningkatkan tingginya angka kecanduan internet di dunia.

sponsored links

Bagaimana Mencegah Kecanduan Internet?

Apabila dilihat dari bahaya dan juga dampak buruk dari kecanduan internet, maka sudah pasti kita harus bisa mencegah lebih banyak kasus kecanduan internet agar tidak bermunculan dampak negative dari kecanduan internet. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin efektif dalam mencegah terjadinya kasus kecanduan internet:

  • Melakukan pembatasan koneksi internet
  • Menambah jam bermain di luar ruangan bagi anak-anak
  • Tidak membiarkan anak-anak berdiam diri seharian di dalam kamar saja
  • Melakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang dianggap tidak relevan dengan user
  • Bagi keluarga, diharapkan untuk lebih banyak meluangkan waktu bersama untuk berekreasi dan juga berjalan-jalan sekeluarga
  • Sediakan waktu luang paling tidak 30 menit sehari untuk bersantai dan juga berbincang-bincang bersama dengan keluarga

Bagi anda ataupun kerabat anda yang mungkin sudah mengalami kecanduan internet, maka ada baiknya aharus segera disembuhkan. Cara paling mudah adalah dengan cara aversif, yaitu dengan cara mencabut hak mereka yang kecanduan internet untuk melakukan akses internet. Hal ini akan menyebabkan mereka tidak bisa berinternet ria.

Ketika mereka tidak bisa berinternet ria, maka disinal saat yang tepat untuk melakukan restrukturisasi koginitif. Dimana pecandu internet tersebut diberikan berbagai macam penjelasan mengenai kecanduan internet. Dan ada baiknya pada saat ini orang terdekat seperti keluarga dan juga teman-teman pecandu internet diikut sertakan. Untuk memunculkan kesan aman dan juga nyaman, sehingga pecandu internet bisa kembali bersosialisasi dengan dunia nyata.

Itulah beberapa dampak dan juga bahaya kecanduan internet, dan juga beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah dan juga mengobati pecandu internet. semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 05th, October 2015 / 09:25 Oleh :
Kategori : Internet