11 Kelebihan dan Kekurangan Komputer Rakitan Sendiri

Banyak dari kalangan masyarakat indonesia menyukai hal – hal yang berbau tentang teknologi. Hampir setiap orang di indonesia ini memiliki komputer sendiri. Pada dasarnya komputer termasuk kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat indonesia. Bagi anak – anak sebagai sumber edukasi, pelajar untuk mencari tugas atau mengerjakan tugas, bahkan orang dewasa untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

ads

Ada juga orang yang sangat menyukai game, hingga disebut gamers. Untuk para gamers pasti sudah mengetahui tentang seluk beluk mengenai komputer dan spesifikasi komputer yang tepat. Biasanya untuk para gamers, memiliki komputernya masing – masing, alias rakitan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama – sama.

Jenis – Jenis komputer

Selain jenis komputer berdasarkan data yang di olah, komputer juga dapat kita bagi menjadi 2 jenis berdasarkan proses pembuatannya.


1. Komputer Build up

Komputer build up adalah komputer yang sudah dibuat langsung di pabrik / hasil produksi asli dari pabrikan. contohnya seperti dell, asus, hp,  lenovo. Komputer ini memiliki komponen bawaan yang sudah ada dari pabrikan dan settingan dalam dari komputernya pun adalah setinggan pabrikan. Selain itu, komponen – komponen pada komputer build up biasanya baru dan sudah diuji sebelum dijual belikan. Pembeli yang akan membeli komputer tidak bisa menentukan komponen dalam komputer karena sudah satu paket, dan biasanya harganya relatif lebih mahal.

Kelebihan :

  1. Komputer Build Up, memiliki komponen yang bagus dan berkualitas karena telah diuji sesuai dengan standar pabrikan. Biasanya diuji dengan teliti dan maksimal.
  2. Komputer Build Up memiliki jangka waktu yang lama untuk masa garansi, karena pabrikan sangat melihat kepuasan dari pembeli. Biasanya garansi untuk komputer Build Up berkisar antara 1 – 3 Tahun.
  3. Kita tidak perlu memikirkan komponen apa yang kita butuhkan karena komponen sudah langsung satu paket dengan komputernya. Setiap paket komputer memiliki komponen yang berbeda – beda.
  4. Kita tidak perlu memikirkan perkiraan biaya karena sudah ada biaya tetap yang harus dikeluarkan. Misal : 1 paket komputer dengan komponen tertentu memiliki harga 5 juta, maka uang yang kita keluarkan juga 5 juta.
  5. Dalam pembelian komputer build up, biasanya sudah terpercaya dan aman karena langsung dari pabrikan dan kita bisa melihat komputer build up yang kita pesan.
  6. Untuk masalah OS atau system, sudah bawaan dari pabrikan sehingga tidak ada biaya tambahan dan tidak perlu repot menginstal OS kembali.

Kekurangan :

  1. Komputer Build Up kita tidak bisa memilih komponen – komponen karena sudah lengkap dan satu paket dengan komputernya.
  2. Harga dari komputer build up relatif lebih mahal karena merk yang sudah terkenal dan memiliki garansi yang relatif lama waktunya.
  3. Jika ingin mengupgrade komponen atau system seperti BIOS, harus datang ke service centernya karena ada beberpa merk yang jika membukan segel komponen atau update BIOS sendiri, maka garansi akan hangus.
  4. Dari segi komponen yang ditampilkan saat membeli, hanya komponen umum yang ditampilkan. Seperti RAM, VGA, Processor.
  5. Tidak bisa melakukan modif tambahan karena komponen yang ada harus sesuai dengan pabrikan. Misal : kita ingin mengganti VGA kita ke VGA yang lebih bagus, namun motherboard tidak mendukung, maka tidak bisa melakukan upgrade / harus membeli motherboard baru.


2. Komputer Rakitan

Komputer rakitan adalah komputer yang dirakit oleh pribadi, bisa dengan teknisi yang ahli dalam komputer, atau juga bisa kita rakit komputer kita sendiri sesuai keinginan. Namun, disarankan bagi yang belum terlalu mengetahui tentang komputer, lebih baik meminta bantuan ahli komputer (teknisi) untuk membuatkan komputernya, dan komponen dalamnya kita yang menentukan. Untuk komputer rakitan, kita bebas dalam menentukan termasuk beban biaya yang bisa kita keluarkan. Kita bisa merakit komputer menggunakan komponen yang murah ataupun yang mahal, jadi harga komputer rakitan pada dasarnya lebih murah timbang komputer build up.


Setiap jenis komputer, baik build up maupun rakitan, pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Semua itu tergantung kita merawat dan penggunaannya. Kelebihan dan kekurangan komputer rakitan sendiri memang layak kita pertimbangkan dengan hati hati agar tidak salah pilih.

Kelebihan Komputer Rakitan

  1. Dalam pemilihan komponen, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Bisa untuk gaming atau yang low profile khusus untuk pekerja kantoran saja (Baca : Cara memilih komputer server).
  2. Harga relatif lebih murah, karena kita bisa memilih komponen apa saja yang akan digunakan secara mendetail. Misal kita membutuhkan untuk gaming, maka akan menggunakan komponen yang cukup mahal. Namun jika keadaan keuangan tidak mencukupi, bisa menggunakan komponen yang lebih murah.
  3. Komputer rakitan juga mudah untuk direparasi karena komponennya adalah komponen yang dibuat supaya kompatibel dengan banyak komponen lain, cukup dengan mengganti bagian yang rusak saja.
  4. Jika kita telah membuat komputer rakitan melalui bantuan ahli, kita juga bisa melakukan editing sendiri terhadap komputer kita, misal dengan menambah / mengganti kapasitas dari RAM / HDD. Hal tersebut tidak akan menghilangkan garansi dari komputer rakitan tersebut.
  5. Garansi dari komputer rakitan biasanya terpisah. Artinya setiap komponen memiliki garansinya sendiri. contoh : Garansi RAM 6 bulan, Garansi Processor 1 tahun.
  6. Untuk perawatan komponen dalam biasanya lebih mudah karena bisa di bongkar pasang sendiri.

Kekurangan Komputer Rakitan

  1. Sangat rumit dalam pemilihan komponen, karena diperlukan pengetahuan yang luas mengenai komputer itu sendiri. Untuk memilih komponen diperlukan ketelitian karena setiap komponen memiliki kompatibilitas yang berbeda / memiliki pasangannya sendiri – sendiri. Misal : untuk RAM DDR 3 tidak bisa dimasukan ke slot RAM DDR2, harus antara RAM DDR 3 dengan slot RAM DDR 3.
  2. Jika komponen yang kita pilih tidak sesuai, maka akan terjadi kemungkinan komputer yang kita inginkan tidak sesuai setelah komputer jadi. Jadi harus memiliki pengetahuan yang luas.
  3. Untuk masalah harga dari toko satu ke toko yang lainnya memiliki ukuran harga yang berbeda walaupun sama spesifikasinya.
  4. Lumayan ribet untuk digunakan karena penuh dengan kabel dan lain – lain.
  5. Pemilihan komponen yang salah bisa berakibat harga menjadi diluar perkiraan kita. Sebaiknya dalam memilih komponen, carilah informasi yang tepat atau tanya kepada teman / sodara / ke teknisi komputer untuk menanyakan harga.

Tips Memilih Build Up atau Rakitan

Untuk itu, bagi yang masih bingung dalam memilih komputer yang diperlukan, mau build up atau rakitan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Untuk Gaming / para Gamers

Jika kita memiliki uang yang cukup untuk merakit komponen komputer yang high end atau berspesifikasi tinggi, maka bukan menjadi masalah. Namun jika segi keuangan tidak mencukupi, kita bisa merakit komputer gaming dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi / masih dalam batas wajar untuk gaming, dan tidak mudah rusak untuk melakukan game yang cukup berat. Disarankan menggunakan komputer rakitan. Karena untuk bermain game yang cukup berat, memerlukan komponen yang baik untuk gaming, hampir di setiap komponen. Selain itu dengan merakit sendiri, kita bisa memilih komponen yang awet, karena gaming bisa mengurangi umur pakai laptop, akibat pemakaian yang berat.

Untuk Home Office

Khusus yang satu ini mungkin cocok bagi yang memiliki keuangan yang minim atau komputer yang hanya diperlukan untuk sekedar searching, atau tugas – tugas rumah. Home Office tidak cocok jika digunakan untuk gaming karena komponen yang kurang mendukung pastinya. Disarankan untuk menggunakan Built Up, karena sudah cukup untuk sekedar home office, dan juga untuk menghemat keuangan.


Untuk kantoran

Untuk perusahaan atau pekerja kantoran, sebaiknya menggunakan komponen yang memadai dari segi jaringan atau memiliki jaringan yang baik dan terkoneksi dengan network. disarankan menggunakan komputer built up karena lebih awet dan terjamin mutunya, dan memiliki garansi yang cukup lama.

Untuk Desain grafis / visual editing

Untuk yang satu ini memerlukan komponen yang kuat dari segi processor dan VGA karena proses editing membutuhkan graphic card yang tinggi serta processor yang tepat. Sering juga digunakan untuk rendering. untuk itu lebih baik jika menggunakan komputer rakitan sehingga biaya bisa dihemat.

Demikian informasi mengenai Kelemahan dan Kelebihan Komputer rakitan sendiri beserta informasi – informasi tambahannya. Memang setiao orang memerlukan kebutuhan yang berbeda – beda dengan tujuan yang berbeda – beda. Jadi sedikit tips untuk membeli komputer, telitilah memilih komputer dan harga komputer karena bisa saja dengan komponen komputer yang sama, harga yang ditampilkan berbeda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 02nd, October 2015 / 04:12 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar