Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan

Sponsors Link

Berbicara tentang teknologi informasi sebagai salah satu bentuk komunikasi manusia modern saat ini, maka tidak lepas dari peran komputer dan proses evolusinya selama ini. Dalam proses perkembangannya, semakin kekinian maka semakin efisien dan efektif untuk menopang kebutuhan zaman yang semakin serba cepat. Namun seperti apakah rangkaian proses dalam perkembangan teknologi informasi ini? Mari kita ulas segala hal yang berkaitan dengan ini.

Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Istilah komputer sendiri merupakan asal kata dari bahasa latin yaitu computare, yang artinya adalah menghitung. Kemudian kata komputer sendiri diserap kedalam bahasa inggris untuk awal pertama kalinya ditahun 1646 untuk penggunaan kata “orang yang menghitung”. Lalu di tahun 1897 diartikan sebagai penyebutan mesin yang dapat menghitung. Kemudian pendefinisian ini mengalami penyempurnaan di kemudian hari menjadi istilah “mesin pengolah data”. Hingga artinya sekarang komputer sendiri tidak hanya digunakan sebagai alat penghitung, namun yang berhubungan dengan pengolahan data.

Sejak kemunculannya pada tahun 1940 ini, kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama terus di kembangkan hingga saat ini, yang kemudian menjelma menjadi komputer yang cukup canggih dalam melakukan banyak hal. Tentunya hal ini akan memberikan perkembangan sejarah komputer yang cukup meningkat.

Teknologi Informasi dan Komputer

Istilah teknologi informasi sendiri merupakan bagian dari salah satu rantai perkembangan istilah yang digunakan oleh komputer. Lalu berkembang pula sistem teknologi informasi. Yang intinya sendiri masih berhubungan dengan teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri lebih mudahnya dipahami secara umum sebagai bentuk pengolahan terhadap informasi yang berdasar kepada teknologi komputer yang berhubungan dengan teknologi lain namun masih terkoneksi dengan komputer.

Dari sinilah tercipta pembelajaran untuk tau lebih dalam mengenai teknologi informasi. Bahkan di berbagai universitasdan sekolah-sekolah telah menyediakan bagi murid-muridnya untuk belajar teknologi informasi ini dengan mengambil study pada jurusan teknik informatika. Keuntungan kuliah jurusan teknik informatika ini nantinya akan sangat berguna dalam kehidupan yang akan datang, pasalnya mengikuti perkembangan jaman tentu saja semua teknologi yang ada akan lebih canggih dari sebelumnya.

Dengan begitu manfaat mempelajari ilmu komputer ini dapat menjadikan passion bagi para pelajar bahkan menjadikan kegiatan memperdalam pengetahuan akan komputer sebagai hobi yang dapat menciptakan suatu karya yang menarik.

Apa Saja Fungsi dari Teknologi Informasi?

1. Berkomunikasi Lewat Internet

Pengertian internet menurut para ahli memiliki arti yang berbeda-beda namun secara teknis, internet maupun cyberspace adalah salah satu sarana yang digunakan pada sistem teknologi informasi. Internet sendiri bagai dua buah sisi mata uang logam, dimana memiliki sisi positif dan negatif.  Internet merupakan media yang menggunakan saluran telekomunikasi sama hal nya dengan telepon umum yang memerlukan terminal telefon.

sponsored links
Meskipun pada prinsipnya sama, namun internet memiliki keunggulan tersendiri misalnya dalam permasalahan biaya lebih murah meski tidak terbatas pada jarak yang sangat jauh, tentunya berbeda dengan telefon yang memiliki patokan harga berdasarkan jarak yang digunakan.

Keuntungan Menggunakan Internet dalam Berkomunikasi:

  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan telepon konvensional.
  • Lebih efisien dalam berkomunikasi tanpa terbatas tempat, menggunakan internet bisa berkomunikasi dimanapun.
  • Kualitas sinyal lebih jernih dibanding telepon biasa yang terkadang sering terganggu.

Jika dalam telefon biaya terhitung melalui berapa banyak dan berapa panjang terminal yang dilewati maka internet menggunakan biaya koneksi ISP (Internet Service Provider) saja. Umumya memang ISP ini berada di dalam kota tempat kita berdomisili, meskipun jangkauannya lebih dari lokal seperti interlokal namun biaya yang kita keluarkan hanyalah biaya lokal saja.

2. Fasilitas Komunikasi via Internet Lebih murah

Internet memang mewakili teknologi komunikasi yang ada secara umum dipelukan. Diantaranya sebagai berikut melalui pemaparan pengajar Jurusan TIK UPN ‘Veteran’ Jawa Timur, Akhmad Fauzi (2008).

  • Mengirimkan tulisan (Text).
  • Mengirimkan gambar (Video).
  • Mengirimkan suara (Audio)
  • Mengeluarkan siaran real time (Broadcast Live) seperti televisi maupun audio yang dionlinekan.
  • Teleconference, misalnya pembelajaran jarak jauh (distance learning).
  • Dapat menelepon SLI dengan tariff lokal menggunakan teknologi VoIP.
  • Dapat sms langsung dengan pemegang handphone secara praktis.
  • Aplikasi standar internet seperti email, mailing, browsing, search engine, chating, news dan berbagai aplikasi multimedia lainnya.

3. Mengakses Informasi Kesehatan dengan Mudah

Cakupan internet yang cukup luas ini membuat para user menggunakan internet untuk menggali informasi apapun dengan lebih mudah. Seperti informasi berita, hiburan, event, liburan, olahraga, hingga kesehatan. Hal ini tentu saja menjadi dampak yang baik untuk user dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih fleksibel. Terlebih untuk informasi mengenai kesehatan yang lebih banyak orang pergunakan.

Seperti kegiatan untuk olahraga dan para atlit, dengan menggunakan smartphone yang sudah pasti setiap orang memilikinya saat ini sudah banyak beredar aplikasi yang membantu user lebih mudah mengakses informasi. Memonitor para atlet dan juga latihannya, jadawal kegiatan olahraga kebugaran, hingga mengecek kesehatan tubuh semua mampu dilakukan dengan hanya mengunduh aplikasi dalam smartphone.

Selain aplikasi yang dalam bentuk gelang, saat ini juga ada dalam bentuk kaos untuk pemain basket. Meskipun hanya seperti kaos basket biasa namun ternyata kaos yang dirancang khusus ini oleh pengembang Gilbert Reveillon dari Prancis, dimana kaos tersebut secara langsung dan terintegrasi mengirimkan data berisikan pergerakan yang dilakukan perdetik dan juga denyut jantung si penggunanya. Kaos ini dapat mengumpulkan data tanpa menganggu karena menggunakan sensor dimana tidak mengganggu sang pemain dalam beraktivitas.

4. Memudahkan Pekerjaan

Berbagai alat teknologi informasi seperti smratphone dan alat elektronik digital lainnya dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas pegawai.  Jika kantor memberikan fasilitas berupa handphone, laptop dan komputer dari kantor mereka, akan tetapi ternyata hal tersebut menyebabkan kurangnya efektivitas saat menjalankan bisnis, sehingga banyak yang menggunakan alat teknologi dan komunikasi pribadinya untuk mendapatkan fleksibilitas lebih tinggi karena lebih nyaman.

Hal tersebut juga tidak dilarang. Sebanyak 40% lebih masyarakat Jerman memakai hanphone pribadi dalam menyelesaikan urusan kerjanya dan ternyata hal ini juga terjadi di Amerika serikat dimana 50% dari seluruh pegawai Amerika menggunakan smartphone pribadinya. Tentunya hal ini lebih menguntungkan bagi perusahaan yang menaunginya.

Karena dampak penggunaan teknologi yang semakin meluas ini, tentunya akan sangat terasa manfaat mempelajari ilmu komputer dalam dunia kerja. Karena banyak pekerjaan yang menggunakan teknologi informasi baik komputer, laptop maupun smartphone dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Sisi Negatif Komunikasi Teknologi Informasi Masa Kini

Negara Amerika serikat merupakan salah satu negara dengan tingkat kecanduan yang tinggi terhadap smartphone, dimana orang dewasa Amerika memiliki smartphone sebanyak 50% dan 30% nya menggunakan tablet. Mereka menggunakan komunikasi digital tersebut dengan terhubung internet terus menerus dan bagi mereka hal ini adalah cara untuk menikmati hidup.

sponsored links

Hingga solusi ditemukan bagi para pecandu digital ini diantaranya adalah terbitnya wallpaper khusus untuk para pecandu agar dapat memblokir jaringan internet melalui wifi, hal ini ditemukan oleh peneliti Prancis melalui perusahaan Ahlstrom. Dikemudian hari aplikasi ini akan digunakan untuk anak-anak usia sekolah agar tak menghabiskan banyak waktu terbuang karena internet melalui komunikasi digital yang mereka miliki.

Tak hanya Amerika, Perancis juga mengalami hal serupa terkait dengan kecanduan digital ini. Kebiasaan ini membuat sekitar 54 % warga perancis enggan atau sangat sedikit berkomunikasi secara langsung antar manusia. Jumlah ini pun terus mengalami peningkatan.

Untuk mengurangi kecanduan ini dibangun juga progam detox digital, misalnya salah satu hotel memberikan para pengunjungnya pengganti permainan dengan permaninan virtual dengan gadget yang biasa dipakai menjadi tradisional nyata dan menyita alat komunikasi teknologi informasi para pengunjung tersebut, dimana untuk mengikuti progam ini tidak murah, sekitar 2 juta rupiah sehari. Inilah yang dilakukan Hotel Westin yang berada di Dublin.

Sisi Negatif Lainya yang Berdampak Malas Akibat Gadget

Ada survey yang dilakukan kepada anak-anak Amerika dimana survey dilakukan oleh lembaga The Joan Ganz Cooney Center (lembaga yang menyiarkan acara terkenal untuk anak-anak sesame the street) pada 1500-an anak tersebut, menghasilkan survey bahwa 62% nya menggunakan akses ke tablet dan sebanyak 49% nya menggunakannya untuk membaca. Baik untuk diri sendiri ataupun dengan orang tua, namun waktu yang digunakan untuk membaca sangat sedikit yaitu 5 menit sehari dibanding membaca buku percetakkan yaitu sekitar 30 menit.

Ciri-ciri Kecanduan Media Digital

Dari universitas Iowa melakukan penelitian terhadap orang-orang yang mengalami nomophobia (takut jika tidak memegang handphone) memberikan ciri-ciri seseorang yang mengalami nomophobia.

  1. Rasa takut dan khawatir jika baterai mulai low bat.
  2. Sering memeriksa jaringan WIFI yang ada di handphone.
  3. Merasa tersesat jika tidak membawa handphone ketika dilokasi yang tak dikenal.
  4. Jika tidak show up di media sosial akan merasa tidak nyaman.
  5. Merasa tertekan dan stress jika tidak dihubungi baik lewat telephone maupun lewat sms.
  6. Merasa terganggu jika tidak mendapatkan informasi dari aplikasi yang diunduh dari smartphone.
  7. Merasa terganggu jika pulsa habis atau penggunaan pulsa melebihi target bulanan.
  8. Tak dapat hidup tanpa handphone sampai sampai dibawa tidur.
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 17th, September 2015 / 04:44 Oleh :
Kategori : Teknologi Informasi