Sponsors Link

Fungsi Autocad di Bidang Industri

Sponsors Link

Autocad merupakan sebuah perangkat lunak (software) CAD yang memiliki fungsi untuk menggambar atau mendesain sebuah objek 2 dimensi ataupun 3 dimensi dengan sistem CAD. Autocad merupakan salah satu software yang cukup populer dengan keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. Software ini diproduksi oleh Autodesk dimulai dari versi pertama 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1982. Seiring dengan perkembangan jaman yang ada, Autocad terus mengembangkan versi terbaru dengan fitur-fitur yang menarik. (baca juga: Penyebab Blue Screen Pada Laptop dan PC , Ciri-ciri VGA Rusak)

ads

Biasanya Autocad digunakan oleh Insinyur sipil, Arsitek, Listrik, Mesin dan beberapa pekerjaan sejenis lainnya. Di jaman modern seperti saat ini, Autocad sangat digemari terutama untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi dengan mudah. Selain cara penggunaannya yang mudah, keunggulan Autocad lainnya adalah dapat mengerjakan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat dan tentunya didukung dengan kualitas hasil gambar yang baik. Bagi anda yang belum mengetahui dengan jelas software Autocad dan fungsinya, berikut dibawah ini penjelasan mengenai software Autocad.

Baca juga:

Sejarah Autocad

Autocad merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh perusahaan desain otomatisasi terbesar di dunia yang memiliki kantor pusat di kota California, Sausalito yaitu Autodesk, Inc. Autocad pertama kali diluncurkan pada Desember 1982. Autocad menjadi produk andalan Autodesk dan telah menjadi program desain paling populer di dunia. Software Autocad berasal dari sebuah program yang disebut “Berinteraksi” yang ditulis dalam bahasan berpemilik(SPL) oleh penemunya yaitu Riddle Michael. Pada awal versinya, software ini dapat digunakan pada Sistem Marinchip 9900. (Baca juga : Fungsi Harddisk Pada Komputer , Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri)

Saat ini Autocad sudah dilengkapi dengan satu set lengkap permodelan solid dasar dan peralatan 3D. Autocad 2007 sudah memiliki permodelan 3D yang baik dan dapat digunakan untuk navigasi. Selain itu, juga dapat dengan mudah mengedit objek-objek 3D. Untuk Autocad 2010, sudah diperkenalkan dengan parametric fungsionalitas dan pemodelan mesh. Setelah merilis Autocad 2011 untuk Mac, untuk versi windows tidak memiliki fitur-fitur yang dapat ditemukan di Mac. Dan seiring dengan perkembangan teknologi yang baru Autocad meluncurkan versi-versi terbaru dengan dibekali fitur-fitur pendukung canggih lainnya. (baca juga: Jenis-Jenis Booting Komputer , Cara Mengatasi Notebook Lemot)

Fungsi Autocad

CAD merupakan singkatan dari Computer Aided Drafting and Design program. Bila dilihat dari hal tersebut, maka anda dapat menebak jika software ini digunakan dalam bidang menggambar atau desain. Software ini sering dimanfaatkan dalam bidang desain grafis, arsitektur, sipil, mekanikal, engginering dan berbagai bidang pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan desain objek-objek tertentu. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, anda akan lebih mudah menghasilkan objek yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Hasil gambar Autocad memiliki kualitas yang tinggi dan dapat dibuat menyerupai bentuk aslinya. Bahkan anda juga dapat menyesuaikan ukuran hasil desain. Menggunakan Autocad, dapat menghasilkan gambar desain dengan ketepatan tinggi, mudah dan dengan waktu yang sangat efisien. Beberapa fungsi Autocad sebagai alat bantu dalam rancang bangunan dan rekayasa industri antara lain adalah:

Sponsors Link

  • Rancangan design pesawat terbang
  • Rancangan bangunan rumah gedung atau jembatan
  • Rancangan design model industri mobil
  • Rancangan membuat baut, mur, palu, mesin dan masih banyak lainnya.

Baca juga:

Keunggulan Menggunakan Autocad

1. Proses design atau gambar relatif singkat

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendesign pekerjaan anda, Autocad menjadi program yang tepat. Menggambar menggunakan Autocad hanya akan membuat anda menjalankan program Autocad yang sudah terpesan pada sistem komputer anda. Pekerjaan IT Paling Diminati , Tips Membeli Kapasitas RAM Yang Sesuai Kebutuhan)

2. Presisi dan akurasi tinggi

Dengan menggunakan Autocad untuk mendesign suatu objek maka hasil yang didapatkan jauh lebih presisi bila dibandingkan dengan menggambarnya langsung.

3. Hasil gambar mudah didokumentasikan

Autocad memiliki fitur yang dapat memudahkan penggunanya untuk langsung mencetak atau plotting. Sehingga file gambar yang anda telah buat dapat anda langsung simpan dalam folder komputer dengan nama file yang anda inginkan. (Baca juga: Jenis-jenis Port Pada Komputer , Fungsi Transport Layer)

4. Mudah untuk editing

Software ini juga memudahkan anda untuk menyunting gambar yang telah anda buat tanpa harus menghapus atau menggambar nya kembali. Tentu hal ini berbeda bila anda menngambarnya dengan cara manual. Semua objek yang dikerjakan dalam Autocad dapat dengan mudah diedit seperti move, erase, copy, break, trim, extend, mirroe, array, rotate, dan masih banyak editing lainnya. (Baca Juga: Software Gratis Untuk Edit Video , Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit)

5. Layar gambar yang luas

Autocad juga telah didukung dengan area gambar untuk proses pencetakan maupun plotting.

baca juga:

Tips Menggunakan Autocad

1. Memahami alur kerja Autocad

Banyak buku-buku yang mengupas tentang penggunaan Atuocad, biasanya mereka akan menjabarkannya secara detail. Sehingga pengguna pemula dapat mengoperasikan Autocad dengan benar. Namun terkadang beberapa diantaranya terasa sangat sulit untuk dipahami. Jadi sebaiknya anda memahami alur kerja software ini.

Sponsors Link

Dasar dalam mengoperasikan Autocad adalah dengan mengaktifkan tool dan memperhatikan command line. Dengan cara tersebut anda dapat mudah memahami langkah apa yang seharusnya dilakukan. Command line memang menjadi panduan penting dalam pengoperasian Autocad. Tujuannya adalah untuk mempermudah menjalankan software ini. Semakin kompleks kebutuhan anda maka akan smekain banyak command line yang anda temui.

Baca juga:

2. Paham manajemen gambar Autocad

Software ini awalnya mengadopsi langkah gambar secara manual. Sehingga untuk memudahkannya, anda dapat mengoptimalkan fungsinya dengan menggunakan manajemen layar dengan pemanfaatm sheet sets dan beberapa fitur lainnya. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive , Cara Mengatasi Virtual Memory Low)

3. Mengoptimalkan kinerja F1 atau Help file

Bila anda mengalami kesulitan, anda dapat menggunakan fitur Help file walaupun tidak terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan fitur ini, maka sistem yang anda jalankan akan mencarikan bahasan relevan yang mudah anda cari. (Baca Juga: Cara Memperbaiki Mouse , Cara Merecovery Data Hilang)

4. Mengunjungi menu tentang Autocad

Anda dapat mengakses “tentang Autocad” dan mendapatkan informasi seputar berbagai fitur yang belum anda ketahui sebelumnya. Semakin banyak informasi yang anda ketahui, maka anda semakin mahir dalam mengoperasikan software tersebut.

Nah itu tadi beragam informasi mengenai fungsi Autocad hingga keunggulan fitur-fitur didalamnya. Semoga informasi diatas dapat membantu anda untuk menjalankan software design ini. Selamat mencoba.

Baca juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 05:33 Oleh :
Kategori : Software