6 Fungsi Komputer pada Mesin CNC dalam Bidang Industri

Perkembangan komputer saat ini sudah semakin maju. Banyak bidang yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan berpengaruh dengan komputer sekarang mulai terlihat manfaatnya. Contohnya saja di bidang pendidikan, saat ini, ujian sekolah sudah menggunakan sistem komputer untuk melaksanakan ujian sekolah. Sedangkan di tingkat perguruan tinggi, para mahasiswa dapat mengambil mata kuliah yang dibutuhkan hanya melalui komputer tanpa perlu datang ke ruang administrasi.

ads

Begitu juga dengan dunia pemasaran. Saat ini, dengan semakin berembangnya internet dan juga media sosial, teknis pemasaran pun sedikit berbeda. Cukup dengan melakukan pemasaran dari media sosial, seseorang sudah dapat melakukan pemasaran dengan ongkos yang lebih murah dibandingkan metode pemasaran lainnya.

Nah, saat ini manfaat komputer dalam bidang industri manufaktur pun juga tidak ketinggalan saat memproduksi barangnya. Karena mesin-mesin yang digunakan untuk keperluan manufaktur adalah mesin CNC. Apa itu mesin CNC. Berikut sedikit penjelasannya.

Pengertian mesin CNC

Mesin CNC sendiri adalah singkatan dari Computer Numerical Control. Pada dasarnya mesin CNC ini hanyalah mengubah sistem yang sebelumnya menggunakan sistem manusia menjadi sistem komputer. Jika pada versi konvensional otak yang menggerakan semua mesin-mesin adalah manusia, maka pada mesin ini, komputerlah yang menjadi otaknya.

Fungsi CNC

Dengan perbedaan otak yang menggerakan mesin, tentu saja fungsi mesin CNC sangat berhubungan erat dengan mesin-mesin yang digunakan pada bidang industri. Fungsi-fungsinya sebagai berikut.

1. Mengatur mesin-mesin

Seperti yang sudah disinggung di awal, fungsi komputer yang digunakan pada mesin CNC adalah untuk mengatur mesin-mesin sesuai dengan perntah yang diberikan. Contohnya saja mengatur pergerakan mesin sampai pada keadaan siap memotong. Pemotongan benda, dan gerakan untuk sampai kembali ke posisi semula. Jika pada mesin manual, hal tersebut diatur oleh operator yang merupakan manusia.

2. Mengatur data yang masuk

Berikutnya adalah dengan menggunakan komputer, maka data yang masuk akan diolah oleh komputer yang nantinya menjadi “perintah” kepada setiap mesin seperti kapan mesin A mulai memasukan barang, kapan mesin B memotong barang, dan kapan mesin C mulai mengemasi barang. Operator di sini tugasnya hanyalah merapikan barang yang semua proses produksinya sudah diatur sedemikian rupa oelh komputer.

3. Penyelesaian yang lebih cepat

Penggunaan komputer dalam mesin CNC dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu barang. Jika dulu menggunakan mesin konvensional yang menggunakan tenaga manusia perlu berjam-jam dalam membuat satu barang, maka dengan menggunakan CNC ini hanya dalam beberapa menit saja. Tentunya hal ini sangat mengunungkan dari sisi waktu.

4. Kualitas yang merata

Contohnya saja ada konsumen yang meminta barang yang harus selesai dalam waktu singkat dengan jumlah yang sangat banyak. Hal tersebut akan sulit dilakukan jika menggunakan mesin konvensional. Sebab seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menggunakan tenaga manusia memerlukan waktu yang lama. Ditambah lagi, hasil barang yang dihasilkan belum tentu akan sama persis secara kualitasnya.


Namun, hal ini akan berbeda dengan komputer. Karena komputer sudah disetting dengan tingkat keakuratan dan kecepatan yang sama, maka tingkat kesalahan barang yang sudah dibuat akan lebih kecil. Selain itu, kulaitasnya pun juga terjaga.

5. Mengurangi sampah produksi

Dalam pembuatan suatu barang manufaktur, pastinya ada sisa-sisa barang hasil dari produksi. Nah, Jika kita melihat produksi barang manufaktur yang menggunakan mesin konvensional, maka tingkat sampah produksi yang dihasilkan sangat banyak. Bayangkan sampah-sampah tersebut sebetulnya jangan sampai terlalu banyak. Jika sampah yang dihasilkan perusahaan manufaktur terlau banyak, selain kerugian yang didapat, smpah tersebut juga mengotori lingkungan.

Maka dari itu, dengan penggunaan komputer yang disematkan pada mesin CNC, Hasil produksi yang dihasilkan berhasil mengurangi sampah produksi yang dihasilkan. Hal tersebut bisa terjadi karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa komputer sudah memperhitungkan panjang, lebar, dan tinggi barang yang diproduksi. Selain dari sisi perusahaan tidak terlalu rugi dalam membuat barang, lingkungan pun juga tidak banyak tercemar.

6. Dapat memproduksi barang yang rumit

Ada kalanya para konsumen menginginkan barang-barang yang memiliki bentuk tersendiri atau barang-barang yang dibuat khusus. Dengan menggunakan mesin CNC ini, barang yang memiliki kerumitan yang tinggi dapat di produksi dengan kualitas yang baik. Contohnya saja pada beberapa mesin CNC memiliki fungsi Autocad yang berguna dalam bidang industri. Hal ini akan berbeda jika menggunakan mesin konvensional. Sebab, untuk membuat barang dengan tinkat kerumitan yang tinggi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Itulah fungsi komputer pada mesin CNC dalam bidang industri. Meskipun kelihatannya penggunaan komputer sangat unggul jauh dibandingkan versi konvensional, tapi tetap saja ada kekurangan dan juga kelebihan dalam menggunakan  komputer CNC. Sama halnya dengan menggunakan mesin konvensional juga terdapat kekurangan dan kelebihan. Pada akhirnya tetap tergantung bagaimana kebijakan perusahaan tersebut apakah lebih memilih mesin CNC atau mesin konvensional yang menggunakan tenaga manusia. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hardware