Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » 7 Fungsi Mikrotik Routerboard dalam Sebuah Jaringan

7 Fungsi Mikrotik Routerboard dalam Sebuah Jaringan

by Elang Hendy Subrata

Di dalam dunia jaringan komputer, pastinya membutuhkan sebuah kabel jaringan untuk menghubungkan antara satu komputer ke komputer lainnya. Nah, di dalam jaringan komputer yang membutuhkan internet, diperlukan sebuah alat untuk menghubungkannya. alat untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet bernama router.

Router berbeda dengan switch. Perbedaan router dan switch terletak pada fungsinya. Router sendiri ada banyak jenisnya. salah satu di antara router yang sering digunakan untuk perusahaan-perusahaan adalah routherboard. Mungkin kamu belum mengetahui apa itu routherboard. Routerboard berbeda dengan motherboard yang kamu kenal. Untuk itu kita harus mengetahui dulu apa itu routherboard.

Pengertian Routherboard

Routherboard merupakan salah satu jenis mikrotik yang sistem pemakaiannya terdapat hardware agar dapat menjalankan fungsi router mikrotik. Uniknya, di dalam routherboard sudah terdapat sistem operasi yang dapat digunakan layaknya sebuah komputer.

Cara menggunakan routherboard ini juga sama halnya ketika kita menggunakan CPU.  Ada prosesor, Memori ROM, memori RAM, dan juga sistem operasi. Untuk sistem operasi yang digunakan pada routherboard memiliki sistem operasi khusus. Nama sistem operasi yang digunakan adalah RouterOS.

Fungsi – fungsi Routheboard

1. Pengganti komputer sebagai router

Dengan adanya routherboard ini, maka komputer tidak perlu lagi dijadikan sebagai router. Jika pada biasanya jaringan server sangat begantung pada satu komputer saja, maka dengan adanya routherboard, pusat jaringan dapat dialihkan dari komputer ke routher. Dengan begitu, komputer server dapat menjalankan tugas lainnya selain sebagai router.

2. Menjalankan Wifi

Routherboard ini juga digunakan sebagai penghubung jaringan yang bersifat wireless atau dalam bahasa yang dikenal saat ini adalah Wifi. Dengan adanya Wifi ini, hubungan jaringan dari satu kompter ke komputer yang lain tidak perlu melalui kabel. Hal tersebut juga dapat mengurangi risiko jika kabel bisa terinjak-injak atau juga putus.

Akan tetapi, jaringan wifi hanya bisa digunakan dalam satu ruangan saja. JIka ingin digunakan dalam banyak ruangan, maka jumlah routherboard yang digunakan juga ikut bertambah banyak.

3. Memasang aplikasi firewall

Fungsi lainnya adalah dapat menjalankan aplikasi firewall. Dengan adanya aplikasi firewall, kita dapat mengatur siapa saja yang bebas menggunakan jaringan yang kita punya. Hal ini juga mengurangi adanya pencurian data yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Sebagai Hotspot Server

Jika dapat menggunakan jaringan Wifi, maka secara otomatis juga dapat digunakan sebagai tempat hotspot server dalam suatu ruangan. Seperti halnya pada poin kedua, hotspot ini dapat digunakan semua perangkat yang memiliki jaringan wifi. Bisa itu laptop, smartphone, dan juga perangkat-perangkat lainnya.

5. Menjalankan VPN

Routherboard juga dapat digunakan sebagai alat untuk menjalankan sebuah VPN. VPN sendiri adalah singkatan dari Virtual Private Network. fungsi VPN sendiri antara lain dapat menjalankan transaksi online yang lebih aman, membuka situs website yang diblokir oleh ISP, dan juga dapat meningkatkan kecepatan internet.

6. Pengatur Bandwidth

Routherboard dapa mengatur kecepatan internet yang diinginkan. Dengan pengaturan ini, semua komputer mendapatkan jaringan yang sama rata tanpa dibeda-bedakan. Hal ini juga menjaga arus kecepatan internet dalam suatu ruangan.

7. Alat penghubung internet

Salah satu fungsi peenting dengan menggunakan Routerboard adalah menjalankan internet pada komputer yang menggunakan kabel LAN. Meskipun sudah ada jaringan wireless seperti Wifi, akan tetapi dari segi keamanan dan juga kecepatan akses data, masih tetap lebih unggul menggunakan kabel LAN.

Kelebihan dan Kekurangan Routerboard

Setelah mengetahui fungsi routerboard, tidak ada salahnya jika kita mengetahui juga apa saja kelebihan dan kekurangan jika kita menggunakan routerboard.

Kelebihan Routerboard

  • Hemat biaya – Dibandingkan routerOS, harga routerboard bisa dibilang lebih murah. Hal ini dipengaruhi harga lisensinya.
  • Hemat Listrik – Penggunaan routerboard ini memiliki daya listrik yang tergolong kecil. Daya yang dibutuhkan sekitar 2,5 Watt saja.
  • Instalasi mudah – Cara untuk menginstal routerboard juga terbilang mudah, kita hanya mengatur router dan jaringan yang digunakan. Setelah itu, router langsung dapat digunakan.
  • Spesifikasi komputer yang tidak perlu tinggi – Spesifikasi komputer yang dibutuhkan pada router ini tidak harus tinggi, bahkan spesifikasi yang biasa-biasa saja cukup untuk menjalankan routerboard.

Kekurangan Routerboard

  • Komponennya jarang ada – Ketika routerboard mengalami kerusakan, maka susah untuk mencari suku cadangnya. Maka dari itu, solusi terbaik adalah mengganti dengan routerboard yang baru.
  • Terkadang suka hang – Apabila memori pada routerboard sudah penuh, maka routerboard akan cepat hang.

Itulah fungsi mikrotik routerboard dalam jaringan. setelah mengetahuinya, ditemukannya mikrotik routerboard sangat bermanfaat untuk dunia internet, khususnya dalam jaringan antar komputer. Pada dasarnya mikrotik ini lebih sering digunakan pada perusahaan-perusahaan serta tempat-tempat strategis yang banyak dikunjungi orang. Saat ini, kita sudah tidak heran lagi dengan adanya sebuah taman, rumah makan, kafe, sekolah, perpustakaaan bahkan sampai tempat ibadah pun juga terdapat area hotspot. Maka dari itu, dengan adanya mikrotik routerboard sangat bermanfaat untuk semua orang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

You may also like