14 Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar Termudah

Printer adalah alat untuk mencetak segala jenis pekerjaan anda pada kertas. Tidak diragukan lagi pentingnya printer bagi kehidupan perkantoran, mahasiswa, dan sebagainya. Ada jenis jenis printer yang oleh banyak orang. Seperti Epson, HP, Canon, dan lainnya.

ads

Namun bagaimana jika printer yang harus bekerja setiap hari, mengalami masalah? Masalah pada printer merupakan hal biasa. Kita hanya perlu menambah pengetahuan untuk merawat printer agar selalu siap digunakan setiap saat. Masalah yang sering terjadi adalah hasil print yang tidak rata, tinta printer yang tidak mau keluar, kertas sobek pada saat printing, bahkan printer not responding.

Kali ini kami akan menguraikan cara memperbaiki printer Canon IP2770 tinta hitam tidak keluar. Kami membahas untuk salah satu jenis printer yang paling sering digunakan, yaitu Canon IP2770. Printer ini lumayan terjangkau harganya sehingga banyak sekali yang menggunakan printer jenis ini. Karena banyak peminat, printer ini terus diproduksi. Printer jenis ini sering digunakan pada kantor, tepat fotokopi dan print, warnet, toko, rumah, dan sebagainya.

Perawatan yang mudah, kinerja yang maksimal, dan harga yang terjangkau membuat printer ini berada di mana-mana. Tapi tahukah anda, jika printer Canon IP2770 kurang tepat penggunaannya akan menimbulkan masalah. Masalah pada printer ini kadang tidak cukup hanya memberikan action Cleaning Printer Canon IP2770. Misalnya tinta hitam yang tidak keluar.

Sebelum menguraikan tentang cara mengatasi masalah tinta hitam yang tidak keluar, ada baiknya kami uraikan dahulu tentang penyebabnya. Tinta hitam yang tidak keluar dari printer Canon IP2770 bisa disebabkan oleh :

  1. Terlalu banyak mencetak. Ternyata printer yang terlalu banyak mencetak cukup menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya adalah tidak keluarnya tinta hitam pada printer. Batas cetak printer Canon IP2770 sekitar 50 lembar dalam 1 kali cetak. Jika anda menginginkan mencetak ratusan kertas, hendaknya anda mencetak per 50 lembar. Bahkan disarankan kurang dari 50 lembar setiap kali cetak.
  2. Terlalu lama tidak dipakai. Jika anda memiliki printer, begitulah perawatannya. Printer yang sering digunakan dengan berlebihan, maupun yang tidak pernah digunakan, akan sama-sama menimbulkan masalah. Masalah yang terjadi para printer yang karang digunakan adalah tinta mengering. Ini menyebabkan tinta pada printer tidak keluar saat digunakan untuk mencetak. Jika anda memiliki printer, gunakanlah printer anda setiap hari. Print lah minimal 1 lembar perhari agar tinta printer anda tidak mengering.

Itulah dua penyebab mengapa printer Canon IP2770 tidak keluar tinta warna hitam. Jika sudah mengetahui sebabnya, anda harus melakukan hal-hal yang bisa mencegah kerusakan pada printer. Namun jika printer anda sudah terlanjur mengalaminya, maka solusinya adalah mengatasinya.

Pada dasarnya masalah tinta pada printer sebagian besar terletak pada keadaan catridgenya. Jika ada yang mengatakan catridege canon tidak awet, pernyataan itu sebenarnya belum terbukti. Kerusakan catridge umumnya disebabkan oleh pengguna yang kurang dalam melakukan perawatan. Jika diandaikan, catridge adalah jantung sebuah printer. Jika catridge bermasalah, tentu saja anda tidak bisa mencetak dokumen penting anda.


Inilah cara memperbaiki printer Canon IP2770 tinta hitam tidak keluar :

Cara Pertama

  1. Lepaskan catridge printer anda. Perhatikan cara melepas catridge anda, harus berhati-hati. Karena catridge adalah bagian terpenting dari printer anda.
  2. Siapkan tisu, tempelkan tisu pada ujung head catridge anda. Ini adalah langkah untuk memeriksa apakah tinta hitam printer benar-benar tidak keluar.
  3. Jika memang benar-benar tidak keluar, bersihkan head dengan head cleaner.
  4. Teteskan head cleaner yang sudah anda siapkan, pada ujung kepala catridge.
  5. Diamkan beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan tisu.

Jika cara pertama tidak berhasil, anda bisa mencoba cara kedua. Cara kedua biasanya digunakan jika tinta hitam dari printer anda mengering.

Cara Kedua

  1. Anda harus mempersiapkan alat dan bahannya yaitu : mangkuk yang bersih, air hangat, dan tisu.
  2. Mangkuk yang bersih untuk digunakan sebagai wadah air hangat.
  3. Air hangat digunakan untuk merendam catridge anda. Air hangat mampu mengatasi tinta yang mengering di dalam catridge.
  4. Tisu digunakan untuk membersihkan catridge anda dari air setelah proses perendaman.
  5. Tuangkan air hangat pada mangkuk bersih yang sudah anda siapkan, hingga ketinggian kurang lebih 1 cm.
  6. Lepaskan catridge dari printer anda.
  7. Masukkan catridge pada mangkuk. Pastikan lubang tinta dan chip tidak terendam air. Rendam hingga ketinggian tepat di bawah chip catridge.
  8. Rendam selama 5 sampai 10 menit. Jangan sampai airnya dingin.
  9. Angkat mulut catridge kemudian keringkan dengan tisu hingga air benar-benar kering.
  10. Jemur catridge anda di bawah terik matahari. Bisa juga dengan menggunakan pengering rambut.
  11. Jika catridge anda sudah benar-benar kering, anda bisa memasang catridge anda kembali ke dalam printer.
  12. Perlu anda perhatikan, pemasangan catridge kembali ke printer harus dipastikan bahwa air sudah benar-benar tidak ada. Jika anda memasang catridge tapi masih terdapat sisa air walaupun sedikit, anda bisa merusak board printer anda. 

  13. Langkah terakhir yaitu lakukan cleaning printer anda.
  14. Cobalah untuk mencetak kembali dengan menggunakan printer anda.

Itu adalah beberapa cara memperbaiki printer Canon IP2770 tinta hitam tidak keluar. Jika langkah-langkah di atas belum berhasil mengembalikan keadaan normal printer anda, anda bisa mengatasinya dengan toolkit printer canon. Toolkit ini adalah penyedot tinta catridge. Anda bisa mendapatkan toolkit ini pada toko-toko komputer atau toko online. Harga toolkit penyedot tinta catridge printer Canon ini sekitar 40 ribu hingga 60 ribu.

Sebelum terjadi hal yang bermasalah tersebut, rawatlah printer anda dengan baik. Jangan sampai printer kelelahan karena terlalu banyak mencetak dalam satu waktu. Printer yang kelelahan akan menimbulkan masalah lebih dari masalah catridge saja, misalnya jika printer tiba-tiba offline. Tetapi anda juga tidak bisa membiarkan printer anda tidak bekerja sama sekali. Dengan kata lain, printer yang dibiarkan menganggur tidak terpakai. Maka anda harus mempelajari bagaimana menyimpan printer dalam waktu lama. Printer Canon IP2770 bukan termasuk printer kelas atas. Penggunaan yang wajar, perawatan yang secukupnya, bisa membuat printer ini tahan lama.

Pada dasarnya semua peralatan mempunyai umurnya sendiri. Sebisa mungkin, panjangkan usia printer anda supaya pekerjaan anda tetap lancar. Demikian ulasan dari kami, semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Printer